Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula
Blog Tips Keren Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Memiliki usaha sendiri menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak semua orang mampu memulai sebuah usaha. Maka muncul pilihan bisnis franchise sebagai solusi bagi pelaku usaha pemula. Seperti apa sih peluang bisnis jenis ini? Bagaimana cara memulainya? Tenang, karena Anda sudah sampai pada artikel yang tepat. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari tips sukses bisnis franchise untuk pemula.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Sebelum lebih jauh membahas tips sukses bisnis franchise, sebaiknya kita memahami apa itu franchise. Jangan sampai sudah semangat untuk memulai sebuah usaha namun ternyata belum memahami pengertian dari usaha yang akan dipilih.

Apa itu franchise? Pengertian franchise adalah suatu hubungan yang mana salah satu pihak akan diberi hak untuk menggunakan dan memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) yang dimiliki oleh pihak lain dengan imbalan sesuai persyaratan yang ditetapkan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis franchise adalah model usaha dengan menggunakan sistem, produk, atau jasa yang telah berkembang besar dan memiliki pasar, dari sebuah brand milik orang lain .

Istilah franchise di Indonesia juga populer dengan nama waralaba. Keberadaan model bisnis Franchise di Indonesia tergolong banyak dan telah tersedia dalam berbagai jenis usaha. Paling umum kita bisa menjumpai model bisnis franchise dalam bidang usaha makanan, jasa laundry dan jasa ekspedisi.

Ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui di dalam bisnis franchise, hal ini agar Anda bisa memahami dan tidak buta istilah dari model bisnis yang ingin Anda coba:

Franchisor; adalah pihak yang memberikan hak kekayaan intelektualnya  dalam hal ini termasuk alat/material, merek atau brand usaha kepada orang lain (franchisee).

Franchisee; adalah pihak yang menerima atau diberi hak untuk menggunakan alat/material, merek atau brand usaha pihak lain (franchisor).

Franchise fee; adalah biaya yang dibutuhkan untuk membayar penggunaan brand, lisensi dan biaya royalti, sebelum bisa memulai memanfaatkan bisnis franchise, besaran dari biaya ini tercantum di dalam surat kesepakatan atau kontrak .

Apa Saja Keuntungan Model Bisnis Franchise?

Apa saja keuntungan model bisnis franchise

Memilih bisnis franchise untuk pemula memberikan banyak keuntungan. Banyaknya keuntungan ini yang kemudian menjadikan model bisnis franchise banyak peminatnya. Apa saja keuntungan dari model bisnis franchise untuk pemula?

1. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Memilih bisnis franchise menjadikan Anda bisa memulai bisnis yang Anda inginkan lebih cepat. Jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia bisnis, pasti banyak pertimbangan yang Anda perlukan untuk memulai bisnis. Pertimbangan ini karena Anda adalah pemain baru, masih minim pengalaman.

Anda yang memang belum memiliki pengalaman bisnis, namun ingin memiliki bisnis, maka memilih model bisnis franchise menjadi solusi tepat. Anda tidak perlu berlama-lama untuk memulai, karena dalam bisnis franchisee semua sudah disiapkan.

Memulai bisnis dengan sistem yang sudah sempurna tentu membuat Anda lebih cepat dalam memiliki bisnis impian. Anda dapat belajar banyak mengenai pengelolaan atau manajemen bisnis yang baik dan benar.

2. Mendapatkan Dukungan dan Pelatihan

Bagi pelaku bisnis pemula dukungan dan pelatihan sangat penting dalam menjalankan bisnis. Nah, hal ini dapat Anda miliki ketika memilih bisnis franchise.

Pada umumnya model bisnis franchise memberikan dukungan dan pelatihan secara penuh, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami kesulitan.

Sebagai pelaku bisnis pemula akan sangat diuntungkan dengan adanya dukungan dan pelatihan. Di bisnis franchisee juga terdapat layanan konsultasi bisnis, bisa Anda manfaatkan untuk menempa diri sebagai pelaku bisnis unggul.

3. Memiliki Bisnis Dengan Merek Yang Terkenal

Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah, dikenalnya produk atau jasa kita oleh pasar. Tentu saja banyak strategi yang diperlukan sampai merek atau brand Anda dikenal pasar.

Ketika Anda memilih bisnis franchise, maka secara otomatis Anda tidak perlu bersusah payah memperkenalkan merek Anda ke pasaran. Karena Anda sudah memiliki usaha dengan merek yang dikelan pasar.

Memiliki bisnis franchise dengan merek yang terkenal ini akan menghemat biaya pemasaran. Karena pada dasarnya pasar atau calon konsumen sudah terbentuk sebelumnya.

Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Tips sukses bisnis franchise bagi pelaku bisnis yang masih pemula

Bisnis franchise memang terkesan sederhana dan mudah dalam menjalankannya, telah banyak dipilih sebagai solusi memiliki bisnis dengan cepat. Namun bagi Anda jangan sampai terjebak kemudahan, Anda harus tetap menerapkan strategi dalam menjalankan bisnis franchise ini.

Ada tips sukses bisnis franchise untuk pemula yang bisa Anda terapkan, agar Anda tidak memulai sebuah bisnis dengan tangan kosong. Bekal pengetahuan untuk memulai bisnis franchise sanggatlah penting. Misalnya, apa yang perlu dilakukan? Apa persiapan awal untuk memulai bisnis franchise.

Ada berbagai persiapan yang diperlukan untuk memulai bisnis franchise, yaitu sebagai berikut:

1. Sesuaikan Dengan Minat Anda
2. Lokasi Yang Strategis
3. Persediaan Modal Yang Cukup
4. Memahami Bisnis Franchise Yang Dipilih
5. Terus Mengembangkan Kemampuan Usaha

Setelah Anda mempersiapkan lima hal di atas, maka selanjutnya Anda perlu  untuk memahami bagaimana cara agar bisnis franchise Anda sukses. Hal ini agar Anda terhindar dari kesalahan dalam mengelola usaha. Berikut adalah tips sukses bisnis franchise untuk pemula yang wajib Anda jalankan:

1. Membuat Sistem Pemasaran Yang Tepat Sasaran

Walaupun Anda sudah diuntungkan dengan adanya pasar dari merek franchise yang Anda gunakan, bukan berarti Anda berhenti total dalam melakukan pemasaran. Kunci sukses dari sebuah usaha adalah terbelinya produk atau jasa, hal ini tidak lain karena peran dari pemasaran yang tepat sasaran.

Anda perlu membuat sistem pemasaran yang tepat sasaran, menyesuaikan dengan lokasi Anda membuka bisnis franchise. Memahami bagaimana karakter konsumen dari bisnis franchise di tempat Anda adalah salah satu cara terbaik bagi Anda dalam mengembangkan bisnis Anda nantinya.

Maka, menjadi wajib dilakukan bagi pelaku bisnis franchise pemula untuk membuat sistem pemasaran yang tepat sasaran. Sistem ini juga akan berguna nantinya di bisnis yang lain, ketika Anda mencoba bisnis baru.

2. Tips Sukses Bisnis Franchise Dengan Membuat Rencana Bisnis dan Capaian

Seperti apa rencana bisnis Anda? Apa saja yang menjadi ukuran capaian dari bisnis Anda? Dua pertanyaan ini harus Anda jawab dan jabarkan sejak awal sebelum memulai bisnis franchise.

Sebagai pelaku bisnis franchise pemula Anda harus mampu menghitung besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk bisnis franchise Anda dalam sebuah rencana bisnis.

Selain itu, tips sukses bisnis franchise untuk pemula juga dapat dilakukan dengan Anda menuliskan secara jelas apa yang ingin Anda capai dari bisnis franchise Anda.

Tidak ada salahnya Anda membuat rencana bisnis dan capaian yang berbeda dari induk bisnis franchise Anda. Menjalankan bisnis franchise dengan manajemen pengelolaan yang disesuaikan dengan rencana Anda pun tidak ada salahnya.

3. Menyiapkan Tim Khusus Pemasaran Digital

Pada umumnya bisnis franchise sudah memiliki tim pemasaran digital di induk bisnisnya. Keberadaan tim pemasar digital dari bisnis induk ini untuk memberi tahukan lokasi dari franchise mereka kepada para pelanggan. Menginformasikan diskon atau penawaran khusus yang sedang dilakukan.

Tentu saja sebagai pelaku bisnis pemula Anda akan sangat terbantu dengan adanya tim pemasaran digital dari induk franchise Anda. Karena bisnis Anda pun akan dipromosikan, akan dipasarkan oleh tim induk franchise. Nah, di sini Anda sebenarnya harus waspada, harus hati-hati.

Anda jangan terlena dan cukup mengandalkan tim pemasar digital dari induk franchise Anda. Sebaiknya Anda mulai menyiapkan tim khusus pemasaran digital dari bisnis franchise milik Anda. Mengapa? Karena kunci dari keberhasilan produk atau jasa adalah terbelinya atau sampai di pasar.

Tim khusus pemasaran digital memang menjadi kunci sukses bisnis franchise untuk pemula, karena saat ini kita memasuki era digital yang mana keterhubungan di media sosial sanggatlah penting. Ketika Anda sebagai pelaku bisnis pemula sudah sadar dengan pentingnya pemasaran digital, maka bisnis apa pun yang akan Anda jalankan, Anda sudah mengetahui bagaimana karakteristik pasar di era digital.

Dengan demikian maka pemasaran Anda di dunia digital akan tertarget dan tidak sia-sia. Terlebih ketika akan menjalankan strategi iklan di media sosial atau pun menggunakan layanan iklan dari Google Ads. Anda harus benar-benar paham jenis-jenis iklan Google agar tidak  salah dalam strategi pemasaran dari bisnis Anda.

4. Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula Dengan Memahami Perkembangan Pasar

Salah satu kelemahan dari bisnis franchise adalah tidak bertahan lama. Mengapa tidak bertahan lama? Karena mengikuti tren pasar,  terlebih ketika bisnis franchise yang dipilih adalah model makanan atau minuman kekinian. Akan selalu ada pelaku bisnis baru yang menawarkan sesuatu yang lebih baru dan menarik.

Pasar selalu berubah, keinginan calon konsumen pun terus berubah baik dalam produk makanan, minuman atau pun produk barang dan jasa. Oleh sebab itu Anda sebagai pemilik bisnis franchise perlu untuk memiliki  kemampuan memahami pasar.

Jika Anda ingin sukses, maka lakukan tips sukses bisnis franchise untuk pemula ini yaitu dengan memahami perkembangan pasar. Perkembangan pasar ini bisa dilihat dari tren yang terjadi, dari pergerakan bisnis serupa milik pesaing.

5. Edukasi Pasar dan Berikan Layanan Konsumen Yang Baik

Tips sukses bisnis franchise untuk pemula selanjutnya adalah edukasi pasar dan berikan layanan konsumen yang baik. Menjaga pasar tidaklah mudah, konsumen adalah raja, kesalahan dalam melayani bisa berakibat fatal bagi bisnis Anda.

Maka penting bagi Anda untuk melakukan edukasi terhadap konsumen Anda terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Memberikan layanan konsumen sebaik mungkin terutama di media sosial. Adanya keterhubungan akan menjadikan konsumen Anda menjadi konsumen yang loyal.

6. Tips Sukses Bisnis Franchise Dengan Membangun Citra Bisnis Anda Pribadi

Tips Sukses Bisnis Franchise Membangun Citra Diri Dengan Memiliki Website

Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda memiliki rencana jangka panjang terhadap karier Anda di dunia bisnis. Anda tidak hanya akan berhenti pada satu usaha, terlebih ketika usaha pertama Anda adalah bisnis franchise. Saat ini Anda adalah franchisee namun ke depan bisa saja Anda menjadi seorang franchisor. Maka, penting bagi Anda untuk membangun citra bisnis Anda pribadi.

Membangun citra bisnis bisa dimulai dari memiliki website bisnis yang mencerminkan atau menggambarkan siapa diri Anda. Memiliki sebuah website bisnis akan menambah kepercayaan dan meningkatnya citra bisnis di era digital seperti saat ini.

Memiliki website bisnis sering kali dihindari oleh pelaku bisnis, dengan alasan sulit, tidak bisa membuat, tidak paham, atau karena merasa biaya memiliki website mahal.  Padahal tidak demikian.

Di idwebshost Anda bisa membuat website dengan mudah dan murah. Kebutuhan pembuatan website bisnis sangat terjangkau dengan adanya hosting murah dari idwebhost, yang mana  layanan hosting ini dikhususkan bagi pelaku bisnis di era digital seperti Anda.

Nah, tunggu apa lagi jangan sampai Anda kehilangan momen Anda di era digital! Ayo mulai membuat website bisnis Anda sekarang juga! Langkap pertama adalah dengan membeli domain murah  sebagai perwakilan dari alamat usaha Anda di dunia digital.

Demikian pembahasan kita  kali ini mengenai tips sukses bisnis franchise untuk pemula. Semoga pembahan ini menjadi referensi bagi Anda untuk memulai kesuksesan di dunia bisnis. Salam. Ari IDwebhost.