Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

26 Sep 2023
Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula campaign-unlimited

Memiliki usaha sendiri menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak semua orang mampu memulai sebuah usaha. Maka muncul pilihan bisnis franchise sebagai solusi bagi pelaku usaha pemula. Seperti apa sih peluang bisnis jenis ini? Bagaimana cara memulainya? Tenang, karena artikel kami akan mengajak kamu mempelajari tips sukses bisnis franchise untuk pemula.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Sebelum lebih jauh membahas tips sukses bisnis franchise, sebaiknya kita memahami apa itu bisnis franchise. Jangan sampai sudah semangat untuk memulai sebuah usaha namun ternyata belum memahami pengertian dari usaha yang akan dipilih.

Apa itu franchise? Pengertian franchise adalah suatu hubungan yang mana salah satu pihak akan diberi hak untuk menggunakan dan memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) yang dimiliki oleh pihak lain dengan imbalan sesuai persyaratan yang ditetapkan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis franchise adalah model usaha dengan menggunakan sistem, produk, atau jasa yang telah berkembang besar dan memiliki pasar, dari sebuah brand milik orang lain .

Istilah franchise di Indonesia juga populer dengan nama waralaba. Keberadaan model bisnis Franchise di Indonesia tergolong banyak dan telah tersedia dalam berbagai jenis usaha. Paling umum kita bisa menjumpai model bisnis franchise dalam bidang usaha makanan, jasa laundry dan jasa ekspedisi.

Ada beberapa istilah yang perlu diketahui di dalam bisnis franchise. Ini penting agar kamu bisa memahami dan tidak buta istilah dari model bisnis yang ingin dicoba:

Franchisor; adalah pihak yang memberikan hak kekayaan intelektualnya  dalam hal ini termasuk alat/material, merek atau brand usaha kepada orang lain (franchisee).

Franchisee; adalah pihak yang menerima atau diberi hak untuk menggunakan alat/material, merek atau brand usaha pihak lain (franchisor).

Franchise fee; adalah biaya yang dibutuhkan untuk membayar penggunaan brand, lisensi dan biaya royalti, sebelum bisa memulai memanfaatkan bisnis franchise, besaran dari biaya ini tercantum di dalam surat kesepakatan atau kontrak .

Apa Saja Keuntungan Model Bisnis Franchise?

Apa saja keuntungan model bisnis franchise

Memilih bisnis franchise untuk pemula memberikan banyak keuntungan. Banyaknya keuntungan ini yang kemudian menjadikan model bisnis franchise banyak peminatnya. Apa saja keuntungan dari model bisnis franchise untuk pemula?

1. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Memilih bisnis franchise menjadikanmu bisa memulai bisnis lebih cepat. Jika kamu adalah seorang pemula dalam dunia bisnis, pasti banyak pertimbangan yang diperlukan untuk memulai bisnis. Pertimbangan ini karena kamu adalah pemain baru, masih minim pengalaman.

Kamu yang memang belum memiliki pengalaman bisnis, namun ingin memiliki bisnis, maka memilih model bisnis franchise menjadi solusi tepat. Kamu tidak perlu berlama-lama untuk memulai, karena dalam bisnis franchisee semua sudah disiapkan.

Memulai bisnis dengan sistem yang sudah sempurna tentu membuatmu lebih cepat dalam memiliki bisnis impian. Kamu dapat belajar banyak mengenai pengelolaan atau manajemen bisnis yang baik dan benar.

2. Mendapatkan Dukungan dan Pelatihan

Bagi pelaku bisnis pemula dukungan dan pelatihan sangat penting dalam menjalankan bisnis. Nah, hal ini dapat kamu rasakan ketika memilih bisnis franchise.

Pada umumnya model bisnis franchise memberikan dukungan dan pelatihan secara penuh, sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika mengalami kesulitan.

Sebagai pelaku bisnis pemula akan sangat diuntungkan dengan adanya dukungan dan pelatihan. Di bisnis franchisee juga terdapat layanan konsultasi bisnis, bisa kamu manfaatkan untuk menempa diri sebagai pelaku bisnis unggul.

3. Memiliki Bisnis Dengan Merek Yang Terkenal

Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah, dikenalnya produk atau jasa kita oleh pasar. Tentu saja banyak strategi yang diperlukan sampai merek atau brand dikenal pasar.

Ketika memilih bisnis franchise, maka secara otomatis kamu tidak perlu bersusah payah memperkenalkan merek ke pasaran. Karena sudah memiliki usaha dengan merek yang dikelan pasar.

Memiliki bisnis franchise dengan merek yang terkenal ini akan menghemat biaya pemasaran. Karena pada dasarnya pasar atau calon konsumen sudah terbentuk sebelumnya.

Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Tips sukses bisnis franchise bagi pelaku bisnis yang masih pemula

Bisnis franchise memang terkesan sederhana dan mudah dalam menjalankannya, telah banyak dipilih sebagai solusi memiliki bisnis dengan cepat. Namun jangan sampai terjebak kemudahan, kamu harus tetap menerapkan strategi dalam menjalankan bisnis franchise ini.

Ada tips sukses bisnis franchise untuk pemula yang bisa diterapkan, agar kamu tidak memulai sebuah bisnis dengan tangan kosong. Bekal pengetahuan untuk memulai bisnis franchise sanggatlah penting. Misalnya, apa yang perlu dilakukan? Apa persiapan awal untuk memulai bisnis franchise.

Ada berbagai persiapan yang diperlukan untuk memulai bisnis franchise, yaitu sebagai berikut:

1. Sesuaikan Dengan Minat
2. Lokasi Yang Strategis
3. Persediaan Modal Yang Cukup
4. Memahami Bisnis Franchise Yang Dipilih
5. Terus Mengembangkan Kemampuan Usaha

Setelah mempersiapkan lima hal di atas, maka selanjutnya kamu perlu  untuk memahami bagaimana cara agar bisnis franchise sukses. Hal ini agar supaya terhindar dari kesalahan dalam mengelola usaha. Berikut adalah tips sukses bisnis franchise untuk pemula yang wajib kamu jalankan:

1. Membuat Sistem Pemasaran Yang Tepat Sasaran

Walaupun sudah diuntungkan dengan adanya pasar dari merek franchise yang kamu gunakan, bukan berarti berhenti total dalam melakukan pemasaran. Kunci sukses dari sebuah usaha adalah terbelinya produk atau jasa, hal ini tidak lain karena peran dari pemasaran yang tepat sasaran.

Kamu perlu membuat sistem pemasaran yang tepat sasaran, menyesuaikan dengan lokasi membuka bisnis franchise. Memahami bagaimana karakter konsumen dari bisnis franchise di lokasi adalah salah satu cara terbaik bagimu dalam mengembangkan bisnis nantinya.

Maka, menjadi wajib dilakukan bagi pelaku bisnis franchise pemula untuk membuat sistem pemasaran yang tepat sasaran. Sistem ini juga akan berguna nantinya di bisnis yang lain, ketika mencoba bisnis baru.

2. Tips Sukses Bisnis Franchise Dengan Membuat Rencana Bisnis dan Capaian

Seperti apa rencana bisnismu? Apa saja yang menjadi ukuran capaian dari bisnismu? Dua pertanyaan ini harus kamu jawab dan jabarkan sejak awal sebelum memulai bisnis franchise.

Sebagai pelaku bisnis franchise pemula kamu harus mampu menghitung besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk bisnis franchise dalam sebuah rencana bisnis.

Selain itu, tips sukses bisnis franchise untuk pemula juga dapat dilakukan dengan menuliskan secara jelas apa yang ingin dicapai dari bisnis franchise.

Tidak ada salahnya membuat rencana bisnis dan capaian yang berbeda dari induk bisnis franchisemu. Menjalankan bisnis franchise dengan manajemen pengelolaan yang disesuaikan dengan rencana pun tidak ada salahnya.

3. Menyiapkan Tim Khusus Pemasaran Digital

Pada umumnya bisnis franchise sudah memiliki tim pemasaran digital di induk bisnisnya. Keberadaan tim pemasar digital dari bisnis induk ini untuk memberi tahukan lokasi dari franchise mereka kepada para pelanggan. Menginformasikan diskon atau penawaran khusus yang sedang dilakukan.

Tentu saja sebagai pelaku bisnis pemula kamu akan sangat terbantu dengan adanya tim pemasaran digital dari induk franchise. Karena bisnis kamu pun akan dipromosikan, akan dipasarkan oleh tim induk franchise. Nah, di sini kamu sebenarnya harus waspada, harus hati-hati.

Kamu jangan terlena dan cukup mengandalkan tim pemasar digital dari induk franchise Anda. Sebaiknya Anda mulai menyiapkan tim khusus pemasaran digital dari bisnis franchise milik Anda. Mengapa? Karena kunci dari keberhasilan produk atau jasa adalah terbelinya atau sampai di pasar.

Tim khusus pemasaran digital memang menjadi kunci sukses bisnis franchise untuk pemula, karena saat ini kita memasuki era digital yang mana keterhubungan di media sosial sanggatlah penting. Ketika sebagai pelaku bisnis pemula sudah sadar dengan pentingnya pemasaran digital, maka bisnis apa pun yang akan kamu jalankan, sudah mengetahui bagaimana karakteristik pasar di era digital.

Dengan demikian maka pemasaran di dunia digital akan tertarget dan tidak sia-sia. Terlebih ketika akan menjalankan strategi iklan di media sosial atau pun menggunakan layanan iklan dari Google Ads. Kamu harus benar-benar paham jenis-jenis iklan Google agar tidak  salah dalam strategi pemasaran dari bisnismu.

4. Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula Dengan Memahami Perkembangan Pasar

Salah satu kelemahan dari bisnis franchise adalah tidak bertahan lama. Mengapa tidak bertahan lama? Karena mengikuti tren pasar,  terlebih ketika bisnis franchise yang dipilih adalah model makanan atau minuman kekinian. Akan selalu ada pelaku bisnis baru yang menawarkan sesuatu yang lebih baru dan menarik.

Pasar selalu berubah, keinginan calon konsumen pun terus berubah baik dalam produk makanan, minuman atau pun produk barang dan jasa. Oleh sebab itu sebagai pemilik bisnis franchise perlu untuk memiliki  kemampuan memahami pasar.

Jika kamu ingin sukses, maka lakukan tips sukses bisnis franchise untuk pemula ini yaitu dengan memahami perkembangan pasar. Perkembangan pasar ini bisa dilihat dari tren yang terjadi, dari pergerakan bisnis serupa milik pesaing.

5. Edukasi Pasar dan Berikan Layanan Konsumen Yang Baik

Tips sukses bisnis franchise untuk pemula selanjutnya adalah edukasi pasar dan berikan layanan konsumen yang baik. Menjaga pasar tidaklah mudah, konsumen adalah raja, kesalahan dalam melayani bisa berakibat fatal bagi bisnismu.

Maka penting bagimu untuk melakukan edukasi terhadap konsumen terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan. Memberikan layanan konsumen sebaik mungkin terutama di media sosial. Adanya keterhubungan akan menjadikan konsumen menjadi konsumen yang loyal.

6. Tips Sukses Bisnis Franchise Dengan Membangun Citra Bisnis Pribadi

Tips Sukses Bisnis Franchise Membangun Citra Diri Dengan Memiliki Website

Sebagai pelaku bisnis, tentu kamu memiliki rencana jangka panjang terhadap kelangsungan bisnis. Kamu tidak hanya akan berhenti pada satu usaha, terlebih ketika usaha pertama adalah bisnis franchise. Saat ini kamu adalah franchisee namun ke depan bisa saja kamu menjadi seorang franchisor. Maka, penting bagimu untuk membangun citra bisnismu pribadi.

Membangun citra bisnis bisa dimulai dari memiliki website bisnis yang mencerminkan atau menggambarkan siapa dirimu. Memiliki sebuah website bisnis akan menambah kepercayaan dan meningkatnya citra bisnis di era digital seperti saat ini.

Memiliki website bisnis sering kali dihindari oleh pelaku bisnis, dengan alasan sulit, tidak bisa membuat, tidak paham, atau karena merasa biaya memiliki website mahal.  Padahal tidak demikian.

Di IDwebshost, kamu bisa membuat website dengan mudah dan murah. Kebutuhan pembuatan website bisnis sangat terjangkau dengan adanya hosting murah dari idwebhost, yang mana  layanan hosting ini dikhususkan bagi pelaku bisnis di era digital seperti dirimu.

Nah, tunggu apa lagi jangan sampa kamu kehilangan momen di era digital! Ayo mulai membuat website bisnis sekarang juga! Langkap pertama adalah dengan membeli domain murah  sebagai perwakilan dari alamat usahamu di dunia digital.

Penulis
Member since 2 Jul 2013