Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri
Blog Tips Keren Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri

Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri

Apakah Anda sedang mencari Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri? Anda sudah berada dalam artikel yang tepat. Bisnis Fashion menjadi salah satu bidang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal  ini, karena kebutuhan akan fashion atau sandang adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat digantikan.

Kebutuhan manusia akan sandang pun terus berkembang. Jika dulu sandang masih dimaknai sebagai kebutuhan dasar untuk menutup tubuh, menjaga tubuh dari gangguan atau dampak luar. Kini kebutuhan tersebut telah lebih dari pada sekedar fungsi melindungi. Ada fungsi keindahan, fungsi peningkatan  kepercayaan diri dan berbagai fungsi lain yang melekat dalam desain fashion yang ditawarkan.

Indonesia, termasuk negara yang memiliki peminat akan fashion cukup besar. Hal ini karena keberagaman penduduk Indonesia, dan besarnya jumlah populasi yang ada. Hampir seluruh model fashion yang ada di dunia, juga bermain atau ‘dipasarkan’ dalam pasar fashion Indonesia.

Melihat potensi besar yang ada, maka menjadi tepat jika Anda akan turut serta memulai bisnis fashion dengan brand milik sendiri. Terlebih saat ini infrastruktur pendukung bisnis sudah sangat mendukung, utamanya infrastruktur Online atau digital.

Nah bagaimana tips sukses dalam bisnis fashion dengan brand milik sendiri? Mari simak lima Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri berikut ini:

  1. Matangkan Konsep Bisnis Fashion AndaMatangkan Konsep Bisnis Fashion Anda

Ketika Anda akan memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat konsep yang matang. Ini menjadi dasar dari gambaran besar bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan.

Mematangkan konsep bisnis fashion ini menjadi sangat penting bagi kesuksesan bisnis Anda di masa mendatang. Maka dari itu, Anda jangan hanya asal memulai usaha saja, asal jalan saja, karena bisnis yang tanpa konsep  akan kesulitan menelusuri jalan usaha pada akhirnya, dan tidak memiliki nilai berbeda dari usaha sejenis yang sudah ada.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk membuat konsep yang berbeda dari yang lain, salah satu caranya adalah dengan Anda menonjolkan apa yang paling menarik atau menjadi ciri utama dari produk jualan fahion Anda.

Untuk keberhasilan bisnis fahion dengan brand sendiri, maka pikirkan dengan matang konsepnya sebelum produk fashion Anda dilempar ke pasaran. Terlebih dahulu lakukan survei apakah konsep yang Anda inginkan itu memiliki banyak peminat  atau pasar.

Sebagai contoh, Anda menginginkan jualan baju khusus big size, atau fahion khusus wanita. Maka, Anda perlu untuk mengumpulkan beberapa model brand yang jualan dengan konsep serupa. Tujuannya adalah agar Anda bisa menambahkan sesuatu yang berbeda pada brand fashion Anda sendiri, yang mana tidak ada dalam merek fashion lain.

  1. Membuat Desain Fahsion Versi Anda

Setelah Anda menentukan konsep jualan fahion kamu, dan sudah mantap atau  matang dengan konsep bisnis fashion tersebut, maka kini waktunya Anda untuk menentukan desain fashion versi Anda.

Desain fashion yang memang menjadi ciri khas dari brand Anda ini menjadi sangat penting, apa lagi diawal kemunculan bisnis Anda, maka perlu banyak riset pasar untuk bisa membuat desain fashion yang semenarik mungkin dan memiliki ciri khas dari brand Anda.

Selain itu, Anda perlu untuk memikirkan apakah desain tersebut bakal laris manis di pasaran dan siapa target pasarnya. Sehingga, Anda jangan asal bikin desain saja, Anda harus mampu membaca kebutuhan atau tren yang ada di pasar.

Tidak kalah penting dalam membuat desain fahion juga untuk menghitung ongkos produksinya. Pasalnya, ongkos produksi itu menentukan harga jual. Karena itu, harus diperhitungkan dengan matang dan teliti. Ingat, semakin rumit desainnya, biasanya ongkos produksinya akan semakin mahal. Ini juga berkaitan siapa yang menjadi segmen dari fashion Anda.

  1. Memulai Proses ProduksiMemulai Proses Produksi

Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri selanjutnya adalah mempersiapkan proses produksi. Tahapan ini sangat penting untuk Anda hitung dan persiapkan sebelum Anda memutuskan membuat bisnis menggunakan merek sendiri.

Anda perlu untuk melakukan perhitungan apakah Anda bakal memproduksinya sendiri atau menggunakan outsourcing. Atau Anda melimpahkan produksi pada pihak ketiga, jadi Anda hanya membuat desain.

Apa pun yang Anda pilih dalam memulai proses produksi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti biaya produksi serta kualitas produk. Karena, kualitas akan menjadi penentu keberlangsungan bisnis Anda.

Ketika Anda sudah menentukan proses produksi, sudah mengetahui ongkos produksi, selanjutnya Anda perlu untuk menentukan harga jual fashion Anda. Pastikan harga yang ditetapkan itu lebih besar daripada modalnya, namun tetap melihat situasi dan kondisi dari target pasar Anda.

  1. Pengemasan Yang Menarik

Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri selanjutnya adalah pengemasan. Desain fashion Anda sudah menarik, produksi dari desain Anda juga berkualitas, namun Anda perlu melakukan satu hal lagi, membuat pengemasan yang menarik. Ini sangat penting dalam era digital seperti saat ini.

Saat ini orang membeli produk, tidak hanya untuk tujuan fungsi, namun juga untuk kebutuhan konten media sosial. Maka penting bagi Anda melakukan pengemasan yang menarik, yang mana memunculkan citra ‘konten’ dan menjadi tren tersendiri dalam sosial media misalnya.

Pengemasan yang menarik ini  akan menjadi salah satu yang menjadi keputusan pembelian. Anda harus memperhatikan seperti apa pengemasan yang paling sesuai dengan produk fashion Anda.

Jangan lupa juga untuk menyematkan identitas dalam kemasan. Identitas yang dimaksud misalnya logo. Penyematan logo ini sangat penting, karena pasar nantinya akan ingat bahwa logo bisnis tersebut mencerminkan atau gambaran dari desain fashion Anda.

Logo dalam dunia bisnis bisa dibilang sebagai tanda pengenal. Oleh karena itu, pikirkan dengan matang sebelum membuat logo dan buatlah logo yang mencerminkan brand Anda  namun mudah dipahami oleh pasar.

Sebaiknya untuk urusan pengemasan dan pembuatan logo ini, Anda mengonsultasikan dengan ahlinya, atau menyerahkan pengerjaan ini kepada mereka yang memang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Jika pun Anda memaksakan untuk membuat sendiri, pastikan Anda melakukan riset dan uji coba pendapat pasar atas kemasan atau logo Anda.

  1. Pemasaran Melalui InternetPemasaran Bisnis Fashion Melalui Internet

Saat ini adalah era serba digital Anda bisa melakukan apa pun hanya dengan menggunakan smartphone dan juga internet. Salah satunya adalah kegiatan berjualan.

Maka, Anda harus memanfaatkan perkembangan teknologi yang kini tengah melesat sebagai media pemasaran bisnis fashion Anda, dengan hadir melalui pemasaran digital atau pemasaran melalui internet.

Jangkauan pemasaran melalui internet yang luas akan mampu membuat brand fashion Anda mudah dikenal hingga ke luar negeri bahkan. Selain itu, jualan lewat media sosial, wesbsite toko online, juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, dibanding ketika Anda harus membuka toko offline.

Maka menjadi penting bagi pelaku bisnis, terlebih yang akan membuat bisnis dengan brand sendiri untuk membuat  website bisnis. Website ini sebagai etalase atau perwakilan bisnis Anda di internet.

Anda bisa membuat website dengan domain murah yang sesuai dengan nama atau brand fashion bisnis Anda. Perlu Anda ketahui bahwa brand yang sudah memiliki website itu akan menambah kepercayaan konsumen.

Nah, Anda bisa membuat website bisnis Anda dengan memanfaatkan hosting murah yang sesuai dengan anggaran Anda. Domain dan hosting murah ini, bisa Anda dapatkan di IDwebhost. Demikian pembahasan kita kali ini tentang Tips Sukses Bisnis Fashion Dengan Brand Milik Sendiri semoga bermanfaat dan menjadi referensi Anda. Salam. Ari IDwebhost.