Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021
Blog Tips Keren Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Jika Kamu adalah seorang blogger, maka penting untuk mengetahui apa itu strategi konten visual marketing 2021. Aspek visual, seperti gambar memang sangat krusial agar tercapai peningkatan pengunjung pada websitemu. Kalau Kamu ingin membuat para pembaca website-mu bertahan lama di website, atau halaman artikel, visual marketing sangat berkaitan dengan visual hierarchy. 

Para praktisi di bidang SEO menyatakan bahwa, lamanya pengunjung website mengakses suatu halaman akan menjadi faktor yang menentukan bagi mesin pencari semacam Google untuk menaikkan peringkat website di Search Engine Result Page (SERP). Jika kemudian peringkat website-mu berhasil meningkat di mesin pencari, Kamu bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung website. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Kamu, Sahabat IDwebhost semua tentang  strategi konten visual marketing 2021. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Visual Marketing? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi konten visual marketing 2021, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan visual marketing. Visual marketing atau pemasaran visual adalah sebuah cara komunikasi yang dilakukan brand atau produk dengan menggunakan gambar, video, atau media visual lainnya. 

Visual marketing dapat digunakan untuk membangun hubungan dan pendekatan emosional dengan para pelanggan secara lebih personal, interaktif, dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan penjualan. Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk menjadi lebih luat dan meninggalkan kesan yang mendalam. Juga, dapat mengubah hal-hal tidak berwujud menjadi sesuatu yang konkret. Ini akan membantu orang untuk membayangkan pesan yang coba ingin disampaikan sebuah brand atau produk. 

Mengapa Visual Marketing Penting? 

Ada beberapa hal yang membuat visual marketing begitu penting. Apa saja? 

  • Konten visual lebih cepat meninggalkan kesan

Otak manusia memproses gambar 6 ribu kali lebih cepat daripada teks. Maka tak heran calon pembeli lebih suka gambar daripada teks, karena informasinya lebih cepat terserap. 

  • Konten visual mampu menarik minat orang mengunjungi sebuah halaman

Saat sebuah halaman berisi teks dan diselingi gambar, pembaca akan merasa halaman tersebut lebih mudah dibaca dan dipahami. 

  • Sebuah konten visual mampu mewakili ribuan kata

Lewat konten visual, pembaca dapat memahami berbagai elemen gambar yang membuatnya menarik, bahkan ketika konten tersebut tidak ditambahi kata-kata pendukung. Pada dasarnya, memang manusia adalah makhluk visual.

Baca Juga : Panduan Content Marketing 2021 Beserta Kontennya

Tips SEO Untuk Strategi Konten Visual Marketing 2021

Ketika menjalankan visual marketing, terdapat beberapa tips terkait SEO yang bisa Kamu lakukan. Apa saja? Berikut penjelasannya: 

Membuat Gambar Sendiri 

Buatlah konten visualmu sendiri. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi pengolah gambar yang bisa Kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan kamera handphone untuk membuat gambar yang kemudian dimasukkan ke handphone. 

Aplikasi seperti Adobe Photoshop adalah aplikasi pengolah gambar yang populer. Namun jika tidak memiliki Photoshop, masih banyak online tool yang bisa Kamu akses untuk membuat gambar. Salah satunya adalah Canva. 

Canva menawarkan kemudahan mengolah gambar berkat banyaknya template yang bisa digunakan. Mulai dari selebaran, hingga sampul kartu pos. Dan pastinya, penggunaannya juga sangat mudah. 

Menggunakan Free Royalty Photo Stock 

Sekarang ini ada banyak sekali website stok foto yang memberikan free royalty pada penggunanya. Free royalty sendiri artinya adalah pengguna dapat menggunakan gambar tanpa harus membayar sejumlah uang atau penulisan creative commons (CC) untuk hak gunanya adalah CC 0 (CC zero). 

Salah satu website yang menyediakan banyak free royalty images adalah Unsplash. Website yang satu ini banyak menyediakan foto artistik dengan sentuhan filter sederhana dan menarik. Gambar-gambar yang ada di Unsplash sangat cocok untuk mencari konten yang digunakan ada blog dengan niche fashion, desain interior, atau cuma blog personal. 

Membuat Infografik

Tips konten visual marketing selanjutnya adalah membuat infografik yang menarik. Ini sangat berguna jika Kamu membuat artikel yang berisi data-data atau fakta singkat. Menambahkan infografik lebih efektif daripada menyajikan hingga ribuan kata. 

Kamu tentu tak mau pengunjung bosan dengan apa yang mereka baca, bukan? Jadi, Kamu bisa meringkas beberapa hal menarik pada pembahasan di artikel tersebut dan kemaslah dalam sebuah infografik yang menarik. Salah satu media yang sangat berhasil dalam menyajikan infografik adalah Tirto.ID. 

Menambahkan Screenshot Bila Perlu 

Ketika Kamu membuat konten yang bersifat teknis, tutorial misalnya, penting untuk menambahkan tangkapan layar berdasarkan langkah-langkah yang telah Kamu jabarkan. Tentu, tujuannya agar pembaca lebih dimudahkan ketika mengikuti langkah-langkah tersebut. 

Tak hanya itu, websitemu juga akan mendapatkan tambahan view duration dari para pembaca yang mengamati tangkapan layar tersebut dengan seksama. 

Berikut ini adalah cara mengambil tangkapan layar di MacOS dan Windows: 

  • MacOS: Tekan tombol Command, Shift dan 4 secara bersamaan. Gambar akan langsung tersimpan di layar desktopmu. 
  • Windows: tekan tombol berlogo Windows dan PrintScreen (PrtSCR) secara bersamaan. 

Jika menggunakan cara-cara tersebut dirasa terlalu ribet, Kamu bisa menggunakan berbagai tools tangkapan layar yang banyak tersedia di internet. Salah satu yang paling populer adalah Lightshot.

Gunakan Meme yang Menarik

Kalau Kamu belum tahu, meme (dibaca -mim) adalah perilaku, ide atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Mim seringkali dibuat dalam bentuk gambar orang atau ekspresi, dan bertujuan menghibur atau menyindir perilaku lingkungan sosial.  Mim sendiri bisa berwujud dalam bentuk gambar diam atau video. 

Menambahkan GIF 

Menambahkan GIF dapat memperkaya konten visualmu. GIF atau Graphic Interchange Format adalah gambar yang bisa bergerak. Ini karena GIF terdiri dari beberapa frame gambar yang disatukan. Untuk bisa menemukan koleksi GIF, Kamu bisa mengunjungi website GIPHY. Cukup copy-paste ke draft artikel yang sedang Kamu buat. 

Masukkan Video 

Dengan menambahkan video dapat meningkatkan potensi untuk menaikkan nilai Domain Authority untuk websitemu. Pastikan video ditambahkan tetap relevan dengan artikel yang kamu buat. Salah satu sumber untuk mendapatkan video, Kamu bisa menggunakan YouTube. 

Untuk memasukkan embed video YouTube ke postingan WordPress, caranya cukup mudah. 

Klik tombol “Share” yang ada di bagian bawah video YouTube yang ingin Kamu lampirkan ke dalam artikel. Kemudian pilih “Embed” hingga muncul barisan kode yang harus disalin. 

Setelah itu, salin link tersebut di draft artikelmu. Selipkan di posisi yang Kamu inginkan. 

Penutup

Visual marketing, secara garis besar adalah melakukan branding menggunakan konten visual yang meliputi gambar, grafik, video, dan lain sebagainya. Semoga dengan artikel ini, Kamu bisa memahami strategi konten visual marketing 2021. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis