Tips cPanel Untuk Memaksimalkan Web Hosting
Blog Hosting Guru Tips cPanel Untuk Memaksimalkan Web Hosting

Tips cPanel Untuk Memaksimalkan Web Hosting

Cpanel meruapakan salah satu kontrol panel dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Banyak alasan mengapa cPanel menjadi favorit banyak orang sebagai tools mengelola website. Dari sekian alasan itu, kemudahan penggunaan dan banyaknya apalikasi tambahan adalah mengapa cPanel populer. Bahkan saking populernya, tak sedikit orang awam, dalam hal ini mereka yang tidak bergerak di bidang website, dalam sekali seumur hidupnya pernah mendengar namanya. Meskipun namanya sangat terkenal, tak sedikit orang yang masih belum mampu untuk mengoptimalkan cPanel untuk webnya. Oleh karena itu kami akan mebagikan tips optimalisasi cpanel untuk web hosting Anda. Sebenarnya sangat simpel, namun sangat powerful.

Tips Optimalisasi cPanel

cPanel Adalah….

Sebelum masuk ke tema utama, ada baiknya Anda menyegarkan ingatan kembali tentang cPanel. cPanel merupakan kontrol panel berbasis linux untuk hosting website. Dengan cPanel, Anda akan dimudahkan dalam mengelola website dalam satu tempat. Saat ini cPanel seolah sudah menjadi standar dalam web hosting.

Tips Optimalisasi cPanel

Melakakukan optimalisasi cPanel merupakan langkah yang harus Anda lakukan sebagai pemilik website. Tujuannya tak hanya agar memudahkan pengelolaan namun juga optimasi website Anda secara keseluruhan. Berikut ini tips Optimalisasi cPanel versi IDwebhost.

  • Menginstal Aplikasi Installatron

CPanel menyediakan banyak tools untuk para penggunanyaa. Salah satu rekomendasi aplikasi adalah Installatron. Tools ini sangat berguna untuk Anda memilih aplikasi yang atau plugin yang ingin Anda tambahkan ke website. Dengan Installatron, Anda dapat dengan mudah untuk memilih aplikasi yang ingin Anda instal di akun hosting atau website Anda dengan mencarinya di browser aplikasi.

Tak hanya mencari, Installatron akan membantu Anda memberikan aplikasi rekomendasi yang yang berguna untuk meningkatkan kemampuan website Anda dari semua sisi. Installlatron juga memungkinkan Anda untuk mengimpor dan mencadangkan aplikasi Anda. Keren bukan?

  • Menambahkan domain baru ke akun anda

Salah satu kemudahan cPannel dan akhirnya menjadi standar bagi dunia web hosting adalah kemampuan menambahkan domain pada satu satu akun. Banyak orang awam berpikir bahwa satu akun cPanel hanya bisa digakan oleh satu website saja. Anggapan seperti ini jelas keliru.

Jika Anda ingin mengoperasikan beberapa website daam satu akun hosting, Anda bisa melakukannya menggunakan cPanel. Anda bisa menggunakan tools bernama cPanel Addon domain. Dengan alat ini, Anda bisa menambahakn website di aku cPanel denga mudah.

Cara menambahkannya pun cukup mudah. Namun bila Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, mintalah bantuan ke tim support dimana Anda berlangganan hosting. Web hosting terbaik sudah tentu akan memberikan pelayanan terbaik untuk pelangganya.

  • Memanfaatkan Built-in Analytics

Kita tahu bahwa selama ini Google Analytics adalah tools analitik paling populer di dunia. Jangkauan penggunanya juga sangat luas. Namun bagi kebanyakan orang, melakukan setting dan memasang Google Analytics cukup memakan waktu dan terkadang akan membingungkan mereka. Oleh karena itu, cPanel juga memiliki aplikasi analitik open source untuk penggunanya. AWstats namanya.

Dengan tools open source ini, Anda bisa mendapatkan data yang sangat akurat mengenai jumlah volume trafik yang masuk ke website. Tak hanya itu, AWstats juga bisa memantau aktivitas yang dilakukan oleh bot mesin pencari.  Jadi, dengan alat analisis yang lengkap dan mudah digunakan seperti ini, Anda tak perlu pusing untuk memasang Google Analytic karena bisa menggunakan yang lebih mudah dengan akurasi yang tak kalah bagusnya menggunakan AWstats.

Tips Optimalisasi cPanel

  • Manage file menggunakan cPanel File Manager

Semua orang tahu, cara paling populer untuk melakukan transfer data ke server adalah menggunakan File Transfer Protocol, atau FTP. Namun FTP sendiri juga tak lepas dari keluhan karena kadang orang kesulitan saat melakukan setup file transfer protocol. Jika Anda ingin cara yang lebih nyaman dan mudah, Anda bisa menggunakan cPannel File Manager.

Tools besutan cPanel ini akan memudahkan Anda untuk mengupload file apapun. Anda dapat membuat, mengunggah, memodifikasi dan menghapus file dari cPanel file manager. Terdapat juga kemampuan untuk memindahkan file ke trash sebelum Anda menghapusnya secara permanen. Secara garis besar sama dengan kemampuan file manager lain namun dengan keunggulan kemudahan penggunaan.

  • Kemudahan Setup Database

Jika sebelumnya Anda terbiasa menggunakan WordPress untuk membangun website, untuk pertama kali Anda harus membuat database terlebih dahulu. Bgitu juga dengan menggunakan cPanel. Database berbasis MySQL dari cPanel akan memudahkan Anda dalam membangun database. Anda bisa membuat database dengan berbagai langkah-langkah yang apa yang harus dilakukan.

Anda bisa memberi nama pada database, membuat username dan juga membuat kata sandi. MySQL Juga berguna untuk menghubungkan basis data ke suatu website. Terkadang, Anda perlu melakukan impor data saat melakukan migrasi ke hosting yang baru. Dan MySQL akan memudahkan Anda melakukannya.

  • Kemudahan Update PHP

Versi PHP yang Anda gunakan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung saat menjelajahi websie Anda. Dan seperti kebanyakan software, Anda harus selalu mengupdate versi PHP tersebut. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga kenyamanan pengunjung yang agar betah dan nyaman di website Anda.

Anda dapat dengan mudah memperbarui versi PHP di cPanel dengan menggunnakan PHP Modul Version. Modul ini memingkinkan Anda untuk megnontrol sejumlah fungsi yang berkaitan dengan PHP. Fungsi itu antara lain seperti mengizinkan melakukan kompresi zip ataupu mengontrol ukuran maksimal file yang bisa diunggah.  Contoh paling mudah adalah di aplikasi gmail. Maksimal file yang bisa diunggah pengguna maksimal adalah 12MB misalnya, dan lain sebagainya.

Tips Optimalisasi cPanel

  • Kemudahan Mencari Aplikasi

CPanel adalah perangkat dengan fungsi yang sangat kaya. Karena banyaknya fungsi yang tersedia, akan ada kemungkinan pengguna akan kesulitan bila hanya melalukan scrollin saat mencari fungdi yang diinginkan. Oleh karena itu cPanel menyediakan bilah pencarian yang sangat memudahkan Anda untuk menemukan fungsi yang Anda inginkan.

Anda cukup mengetikkan di bilah pencarian cPanel yang berada diatas Beranda. Dan apa yang Anda cari akan ditemukan dengan mudah.

  • Memantau Kinerja Server

Salah satu isu yang banyak dieprbincangkan terkait dengan web hosting adalah keandalan server. Saat menjalankan website, Anda tentu berharap server Anda berjalan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Sebagai pengguna, pastinya And amengharapka semua sumberdaya pada server digunakan dengan maksimalkan, sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

Jika menggunakan shared hosting, Anda mungkin akan mendapati kemungkinan masalah pada server hosting Anda. Salah satu tool yang paling berguna di cPanel adalah CPU and concurrent connection usage tools. Tak hanya memantau penggunaan CPU, memori, file, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengelola sumber daya, dan mencegah terjadinya masalah pada website Anda.

Kesimpulan

cPanel menyediakan banyak alat dan aplikasi yang bermanfaat untuk membantu memaksimalkan pengelolaan website. Semoga tips optimalisasi cPanel diatas bisa membantu dan memberi manfaat bagi Anda dalam upaya lebih efektif dalam mengelola website. IDwebhost adalah web hosting termurah dan terbaik di Indonesia mempunyai berbagai layanan keren untuk meningkatkan kualitas website Anda.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis