Tips Mudah Menjadi Contributor WordPress
Blog Tips Keren Tips Mudah Menjadi Contributor WordPress

Tips Mudah Menjadi Contributor WordPress

Sebuah wordpress terdapat beberapa banyak role atau peran yang memang ada. Yaitu administrator yang merupakan user dengan tingkatan tertinggi yang ada di platform wordpress dan sudah otomatis diatur menjadi administrator ketika pertama kali melakukan instalasi wordpress. Ada juga editor yang melakukan kendali ataupun control terhadap kualitas postingan dan konten yang sudah dibuat. Terdapat author yang menjadi salah satu peranan dalam sebuah wordpress. Author ini bertugas untuk menuliskan sebuah konten yang digunakan untuk wordpress dan juga melakukan modifikasi pada artikelnya sendiri. Tetapi, atuthor tidak dapat melakukan moderasi pada komentar yang ada. Ada juga subscriber yang adalah pelanggan dari sebuah wordpres yang hanya dapat membaca konten dan juga meninggalkan komentar saja. Ada lagi, contributor wordpress yang berperan untuk membuat sebuah postingan tetapi tidak bisa mempublikasikan.

Mengenal Contributor WordPress

Contributor wordpress adalah satu satu peran yang ada di sebuah akun wordpress. Tugasnya adalah membuat postingan berupa artikel atau sebuah konten tertentu. Tetapi, contributor ini tidak bisa untuk melakukan sebuah publikasi sendiri karena memang tidak bisa melakukannya. Contributor juga tidak dapat membuat sebuah kategori baru untuk sebuah penulisan. Sehingga contributor harus menggunakan kategori yang sudah ada sebelumnya. Kekurangan ketika menjadi seorang contributor adalah tidak dapat memposting file berupa konten atau tulisan, selain itu ia juga tidak bisa menambahkan gambar pada artikel yang ditylis sendiri.

contributor wordpress

Alasan Harus Menjadi Contributor WordPress

Jika Anda berkeinginan menjadi seorang contributor wordpress, maka komunitas wordpress menjadi hal penting karena dengan adanya komunitas ini akan membuat wordpress menjadi sebuah platform yang sangat flexible dan juga kuat. Komunitas wordpress mempunyai peranan yang penting dalam sebuah pengembangan wordpress. Hal ini karena bisa memperbarui, menambahkan fitur dan juga fungsi baru ataupun menyediakan pengujian atau dukungan untuk sebuah akun wordpress. Berikut ini adalah alasan yang harus Anda ketahui untuk menjadi contributor wordpress.

  1. Ketika Anda memutuskan untuk bergabung ke dalam komunitas agar bisa mengembangkan sebuah situs wordpress, maka nantinya Anda akan mendapatkan kesempatan terbaik untuk bisa mendapatkan ilmu yang banyak dan dapat juga memberikan feedback yang terbaik kepada komunitas.
  2. Sangat memungkinkan bagi Anda agar bisa mempelajari mengenai seluk beluk wordpress yang dapat memperluas pengetahuan Anda. Nantinya, Anda juga akan diberikan mengenai pengetahuan berupa pengembangan website yang bisa Anda aplikasikan.
  3. Anda akan menemukan orang dengan keterampilan dan kreativitas yang berbeda dan belum pernah Anda coba sebelumnya. Anda juga berkesempatan untuk belajar, sehingga akan bisa menambah skill Anda yang berguna untuk masa depan.

Tips Mudah Menjadi Contributor WordPress

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar bisa berkontribusi untuk menjadi contributor WordPress:

Lebih Menggali WordPress dan Komunitasnya

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dan memilih salah satu komunitas yang ada, maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Ketika Anda berkeinginan menjadi contributor wordpress Anda juga bisa mengikuti pelatihan seperti WP Apprentice agar dapat belajar mengenai wordpress. Agar bisa mengetahui tentang wordpress, Anda bisa mempelajari tentang sejarah dan juga perkembangan wordpress hingga saat ini. Anda juga bisa mempelajari tentang wordpress melalui:

contributor wordpress

  1. Kursus Online

Pengetahuan tentang wordpress dibagikan lebih khusus melalui kursus online. Anda juga dapat mecoba mempelajari wordpress secara lebih mendalam. Tidak hanya menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat biaya karena tidak memerlukan perjalanan.

  1. Channel Youtube

Ini juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda agar bisa belajar mengenai wordPress. Sama halnya dengan kursus online, melalui channel Youtube Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi melalui channel seperti WPBeginner dan WPCrafter.

  1. Blog

Sebenarnya, para penulis blog yang memakai wordpress akan bisa sangat membantu Anda dalam mencari informasi penting yang berkaitan dengan wordpress. Penulis blog ini juga akan memposting seputar wordpress sampai dengan pengalamannya sendiri. Sehingga Anda hanya perlu membaca blog tersebut secara gratis dan bisa menyimpan informasi sesuai dengan apa yang nantinya bisa diaplikasikan ketika menjadi contributor wordPress.

Menentukan Bidang Kontribusi

Ketika Anda berkeinginan menjadi contributor wordpress memang tidak harus terpatok dengan developer atau programmer. Mesikpun pada kenyatannya banyak sekali contributor wordpress yang mempunyai pengalaman menjadi developer. Namun, Anda tetap bisa memilih karena memang banyak opsi yang tersedia jika Anda akan terlibat lebih jauh lagi dalam sebuah platform wordpress. Apalagi, dalam sebuah komunitas yang berisi tentang para contributor ini, akan membutuhkan banyak orang dengan bidang keahlian yang berbeda agar bisa menyelesaikan sebuah produk. Ini bisa jadi peluang Anda jika mempunyai keahlian yang lain. Dan Anda juga dapat dengan mudah menemukan peranan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Contohnya seperti design and user interface. Dalam sebuah wordpress, user interface adalah salah satu hasil karya dari para desainer dan juga developer. Anda dapat memilih bidang ini agar bisa berkontribusi di wordpress.

Tentunya dengan membantu dalam meningkatkan desain platform dan juga user interface wordpress, Anda akan bisa meningkatkan pengalaman bagi pengguna wordpress. Contributor worpress yang ada di bidang dokumentasi akan membantu proyek yang akan dilaksanakan. Jika Anda memilih bidang ini, maka Anda perlu menambahkan artikel ke codex dan juga membuat sebuah perubahan jika memang diperlukan. Tidak hanya itu, Anda juga harus bekerja sesuai dengan buku pegangan khusus contributor, website yang digunakan untuk pengembang wordpress, dan terakhir dokumentasi untuk platform wordpress. Apalagi jika Anda sudah mempunyai banyak pengalaman dalam bidang menulis, mengedit dan juga memeriksa fakta yang ada.

contributor wordpress

Terus Terlibat Pada Komunitas WordPress

Hal yang paling penting ketika Anda memutuskan untuk menjadi contributor sebuah komunitas wordpress adalah dengan selalu keep in touch dengan para anggota komunitas yang ada. Selain itu, jika dengan keterlibatan Anda dalam sebuah komunitas akan bisa membuat Anda mempunyai hubungan kerja yang baik. Dan akan dapat mempermudah Anda dalam mengembangkan sebuah platfirm wordpress agar bisa menjadi lebih baik.

Sebenarnya, masih ada banyak bidang yang dapat Anda pilih agar bisa menjadi seorang contributor sebuah wordpress. Mulai dari review plugin dan juga tema, penerjemah, community outreach, mobile development, training, marketing yang bisa disesuaikan dengan Anda. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menarik banyak referensi sebuah bisnis. Contohnya adalah dengan meningkatkan status Anda, dan jika status sudah dinaikan maka berkolerasi dengan lebih banyaknya tautan bisnis yang bisa Anda dapatkan.

Dan wordpress juga bisa menjadi salah satu binatang buas dalam sepuluh tahun. Dengan berkontribusi, maka Anda sama saja bisa merancang wordpress di masa depan dengan apa yang Anda bayangkan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.