Tips Merawat Website Untuk Pemula
Blog Tips Keren Tips Merawat Website Untuk Pemula

Tips Merawat Website Untuk Pemula

Peran dan fungsi sebuah website bagi pelaku usaha bisnis memang sangat penting, karena dengan menggunakan website produk dan jasa bisa diperkenalkan ke seluruh Indonesia. Namun, banyak juga pelaku usaha yang masih saja menyepelekean cara merawat website. Sehingga yang terjadi adalah data di website hilang akibat serangan virus dan juga hacker. Maintance website sebenarnya bukan hal yang sulit, apalagi jika Anda mempunyai basic IT. Sedangkan jika Anda tidak mempunyai basic IT bisa dengan menghubungi jasa maintenance website yang sudah terbukti profesional dan juga terpercaya.

Cara Merawat Website Untuk Pemula

merawat website

Merawat website memang bukan hal yang mudah. Namun kegiatan tersebut harus dilakukan secara berkala agar dapat mengoptimalkan tampilan dan juga konten dari sebuah website.

  1. Merawat Website, Lakukan update Konten

Biasanya terlintas untuk tidak perlu melakukan update konten karena tidak ada produk atau jasa yang baru yang akan dipromosikan. Namun, konten yang diposting pada halaman website akan bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Sehingga, jika Anda tidak pernah melakukan update konten, pengunjung akan berfikir bahwa website Anda sudah tidak aktif lagi. Selain itu hal ini juga dinilai efektif untuk menaikan traffic, dan juga untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang sedang Anda jalankan.

Dalam sebuah website, sudah pasti terdapat isian yang sering disebut dengan konten. Sehingga, agar website terlihat lebih professional, penting untuk Anda agar selalu memperbaharui isi website secara berkala. Anda juga harus menghadirkan konten artikel yang berkualitas. Dengan adanya konten artikel tersebut, nantinya Anda dapat memasukkan kalimat persuasive yang membuat orang tertarik dengan produk atau jasa Anda. Dengan melakukan pembaharuan pada isi website, maka secara tidak langsung Anda akan membantu meningkatkan traffic website Anda.

  1. Merawat Website, Lakukan Update Tampilan

Jika Anda termasuk mudah bosan terhadap sesuatu hal, maka kegiatan maintenance tidak akan menyulitkan. Dalam kurun waktu minggu atau sebulan sekali, Anda dapat melakukan update tampilan situs. Anda dapat menggunakan tema yang berbeda, tujuannya adalah membuat viewer tertarik untuk mengujungi situs Anda. Tetapi jika Anda sudah yakin dengan tampilan website Anda, jangan terlalu sering melakukan perubahan. Anda juga harus memastikan setiap perubahan tampila sudah sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu. Usahakan untuk selalu mengupdate tampilan secara terjadwal, sehingga nantinya pengunjung tidak akan bosan untuk melihatnya. Biasanya dalam membuat sebuah konsep tampilan website, usahakan disesuaikan dengan ciri khas dari perusahaan. Sehingga secara tidak langsung website perusahaan Anda akan selalu diingat dan bisa meningkatkan brand awareness.

merawat website

  1. Merawat Website, Lakukan Back Up Data

Cara selanjutnya yang dilakukan untuk merawat website adalah dengan melakukan back up data. Karena sebenarnya, kita tidak akan tahu kapan virus atau serangan hacker bisa muncul dan mengakibatkan menganggu kerahasiaan data perusahaan. Tentunya dengan melakukan pemeliharaan, Anda sudah dapat mengurangi resiko kehilangan data atau pencurian data yang biasanya dilakukan oleh hacker. Pentingnya dari melakukan back up data adalah adalah untuk mencegah kehilangan data di dalam sebuah website. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi error pada server, maka data yang ada di dalam website tidak akan hilang dan bisa dilakukan pemulihan.

  1. Merawat Website, Memonitoring Statistis Website

Biasanya, selama merawat website, Anda tidak hanya menambahkan konten terbary, tetapi juga memonitoring statistic website. Cara ini tentu saja sangat efektif untuk memantau jumlah viewers yang masuk ke dalam halaman situs Anda. Apakah dinilai sudah sesuai harapan atau belum. Jika jumlah viewers belum sesuai dengan harapan Anda, lakukan pengembangan situs dengan mencoba mencari ide baru yang jauh lebih unik.

Sebuah website yang harus dioptimasi dengan menggunakan SEO memang harus dilakukan perawatan dengan cara yang tepat. Sebuah website yang sehat dan baik merupakan website yang mempunyai statistic dan juga trafik yang baik. Sehingga secara rutin, Anda memang harus melakukan monitoring statistic website Anda agar bisa mengetahui bagaimana perkembangannya. Tidak hanya itu, monitoring statistic website juga akan melindungi website dari berbagai hal yang tidak dinginkan, contohnya terjadi error.

merawat website

  1. Merawat Website, Menambah fitur baru yang attractive

Sebenarnya, ada beberapa fitur yang baru saja dikeluarkan oleh platform website yang Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk membantu mengoptimalkan tampilan website, contohnya seperti menambahkan fasilitas chatting, pesan masuk langsung ke WA dan lain sebaginya. Menambahkan fitur menarik bisa membuat website Anda terlihat selalu eksis dan juga ramai pengunjung.

  1. Merawat Website, Jangan Menggunakan Foto atau Konten Ilegal

Anda disarankan untuk tidak menggunakan foto yang diambil dari google hanya untuk keperluan konten yang ada di website Anda. Hal ini sangat penting karena website Anda akan sangat beresiko untuk di block da tidak akan pernah lolos verifikasi dari Google Ads atau Google Adwords. Anda harus menggunakan foto original milik Anda sendiri atau bisa melakukan download pada situs stok foto gratis seperti contohnya, Pixabay, Unspalsh atau Pexels.

  1. Hindari Menginstall Plugin Gratis

Anda juga disarankan untuk tidak melakukan instalasi plugin gratisan yang berasal dari bawaan dashboard wordpress. Karena akan berakibat website Anda bisa terkena spam atau malware yang bisa dikatakan sangat berbahaya. Sehingga, Anda juga bisa langsung mengkonsultasikan kepada developer Anda jika akan menginstal plugin pada website.

  1. Lakukan Scan Virus daric Panel

Beberapa hosting yang sudah modern biasanya memang sudah dibekali dengan alat yang dikenal sebagai virus scanner. Anda juga dapat menemukannya di cPanel hosting website milik Anda. Dengan modal klik saja, maka fitur tersebut akan bisa langsung melakukan scan pada virus yang ada pada website Anda. Tidak hanya itu, karena juga bisa langsung menghapus virus jika ditemukan. Lakukan scan virus setidaknya satu minggu sekali secara berkala.

merawat website

  1. Jangan membuat Spam Backlink

Jangan melakukan terlalu banyak meninggalkan link pada kolom komentar di website lin. Karena cara tersebut bisa dikatakan sudah sangat kuno dan terlebih sangat dibenci oleh Google. Nantinya website Anda akan dianggap sebagai spam dan dapat dihilangkan dari google selamanya.

  1. Perbaharui Plugin, Themes dan Core pada Website

Biasanya akan terdapat notifikasi untuk melakukan update plugin, themes maupun core wordpress yang sudah ada di dashboard website. Anda bisa mengusahakan untuk langsung klik pada perbaharui. Jika nantinya sudah terlalu lama out of date (terlalu lama tidak dilakukan update), plugin dan themes pada website Anda bisa dianggap sebagai spam oleh hosting maupun google. Jika Anda mengalami kesulitan, bisa langsung menghubungi developer website Anda. Karena tidak semua plugin maupun themes dapat dilakukan update sendiri dari non=developer atau seorang yang awam tentang website.

Beberapa tips merawat website diatas bisa Anda coba. Semoga dengan mengaplikasikan cara tersebut bisa membuat jumlah viewers pada website Anda menjadi terus bertambah dan secara tidak langsung akan mempengaruhi pada traffic penjualan Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.