Tips Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga

11 Jun 2022
Tips Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga campaign-unlimited

Tips menulis untuk ibu rumah tangga menyajikan informasi yang penting digunakan bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengisi waktu luang dengan menulis di website, blog, atau social media. Hal ini bukanlah sesuatu yang asing lagi mengingat di era Millenials dan Gen-Z ini banyak orang mencari informasi dengan cara berkunjung ke situs tertentu.

Suguhan konten yang berkualitas menjadi makanan sehari-hari pengguna internet. Namun, dibalik konten yang berkualitas itu ada orang yang berprofesi sebagai writer atau penulis. Penulis ini berasal dari berbagai kalangan dan profesi, salah satunya adalah ibu rumah tangga. Tapi bisakah seorang IRT atau ibu rumah tangga ini meluangkan waktunya buat menulis?

Jawabannya sudah pasti BISA! Melalui tips menulis berikut ini anda akan mendapatkan tutorial tentang cara menulis yang mudah, khusus spesifik untuk ibu rumah tangga. Tujuan untuk menulis itupun juga ada banyak, mulai dari untuk berbagi informasi, memberikan panduan yang berguna untuk banyak orang, hingga mendapatkan income.

Sudah bukan hal yang asing lagi jika dengan menjadi seorang penulis dapat membuka peluang pada hal-hal baru. Menariknya lagi, pekerjaan ini bisa dilakukan secara freelance, alias dimana saja tanpa perlu datang ke kantor.

Berikut IDwebhost merangkum tips menulis untuk ibu rumah tangga.

Tips Menulis #1: Tentukan Tema Tulisan Yang Disukai

Tips Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga
idwebhost

Tips menulis yang pertama bagi ibu rumah tangga adalah menentukan sendiri tema tulisan apa yang disukai. Kenapa harus demikian? Karena dengan ini maka anda pun akan bisa lebih efisien dalam hal waktu.

Anda pasti lebih cepat menghasilkan tulisan jika anda mahir di tema yang ditulis, atau tema tersebut adalah kesukaan. Hal ini tentu akan berbeda jika anda menulis dengan tema yang tidak disukai. Misalnya anda suka dengan tema fashion, tapi memaksakan diri untuk menjadi penulis yang bertemakan property.

Hal ini tentunya akan bertolak belakang. Jadi yang terpenting adalah tentukan tema yang menjadi passion anda tersebut. Hal ini pastinya akan memberikan keuntungan lebih besar bagi anda.

Tips Menulis #2: Sediakan Laptop atau Smartphone Untuk Media Menulis

Tips menulis kedua adalah menyediakan beberapa perangkat yang biasa dipakai untuk menulis. Ada orang yang mahir untuk menulis di PC atau laptop, tapi ada lagi orang yang mahir menulis via smartphone. Kok bisa seperti itu? Kalau itu jangan ditanya lagi karena memang pada kenyataanya banyak orang yang suka menulis dengan medianya masing-masing.

Hal ini pastinya akan memberikan kepada anda keuntungan tersendiri. Karena menulis itu sebetulnya hal yang mudah dilakukan jika perangkatnya tersedia dengan lengkap. Saat anda menggunakan perangkat yang lengkap, maka sudah pasti hal ini akan memberikan kemudahan mengetik dengan cepat.

Tips Menulis #3: Siapkan Alat Tulis Lengkap Untuk Brainstorming dan Menemukan Ide

Tips Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga
idwebhost

Tips menulis yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan sejumlah alat tulis yang dibutuhkan untuk keperluan brainstorming atau pencarian ide. Dengan menggunakan alat tulis yang tersedia, sudah pasti hal ini akan memudahkan anda untuk mencatat apabila ada ide yang tiba-tiba muncul di tengah tulisan.

Hal ini akan mencegah anda untuk lupa dengan apa yang ingin ditulis di tengah anda fokus. Jadi kalau anda selalu menyediakan catatan didekat, hal ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan ide yang tepat untuk penulisan. Selain itu, ini juga penting sebagai langkah menjaga akurasi tulisan dan juga menciptakan konten berkualitas.

Tips Menulis #4: Cari Waktu Yang Tepat Untuk Menulis

Tips menulis untuk ibu rumah tangga yang penting lainnya adalah manajemen waktu. Anda perlu melakukan manajemen waktu yang tepat supaya bisa menulis dengan baik. Jika anda di pagi harinya harus mengantar anak ke sekolah atau mengurus keperluan rumah tangga, maka lakukanlah aktivitas ini di malam hari.

Anda juga bisa melakukannya di pagi hari, siang hari atau sore hari. Intinya semua waktu juga boleh, tapi cari yang benar-benar tepat dan memudahkan anda menulis tanpa banyak interupsi didalamnya. Jika anda bisa menulis nyaman di waktu yang tepat, maka hal ini juga akan membantu konten yang diproduksi tetap terjaga dengan baik.

Tips Menulis #5: Mencari Topik H-1 atau Sehari Sebelumnya

Tips Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga
idwebhost

Tips menulis yang penting adalah mencari topik dengan tepat sehari sebelumnya atau H-1. Dengan mencari topik sebelumnya, setidaknya anda akan bisa menghemat lebih banyak waktu. Anda pastinya tidak ingin waktu anda habis di tengah jalan karena anda masih bingung mencari topiknya. Kalau anda sudah brainstorming H-1 maka semua akan bisa lebih mudah. Anda bisa mengerahkan semua yang anda miliki untuk menulis sebagus yang anda inginkan. Tapi yang tak kalah pentingnya adalah memilih topik yang sesuai dengan yang anda mahir didalamnya.

Tips Menulis #6: Jangan Hanya Menulis di Rumah

Jangan hanya menulis didalam rumah. Hal ini akan berpotensi membuat anda bosan. Panduan tips menulis yang selanjutnya adalah mencoba menulis diluar rumah. Jika anda menulis diluar rumah, maka hal tersebut akan bisa me-refresh kepenatan yang ada di pikiran. Anda pun juga akan mampu membuat konten yang lebih baik lagi. Cobalah untuk menulis di tempat terbuka seperti taman, pegunungan, kebun binatang, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menulis di food court sambil memesan makanan atau minuman kesukaan anda. Intinya disini adalah mencari tempat yang baru untuk mood booster. Dengan memilih lokasi penulisan yang bagus dan menyenangkan, hal ini juga bisa berpengaruh pada konten yang anda buat.

Anda juga sebagai ibu rumah tangga bisa mengajak anak atau keluarga untuk refreshing diluar, sementara anda fokus dengan tulisan anda.

Baca Juga: Ancaman Keamanan Hosting

Tips Menulis #7:  Menulis Sambil Ditemani Cemilan

Tak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan menulis sambil ditemani oleh camilan. Dengan adanya camilan yang disebelah, maka anda akan bisa mendapatkan mood yang baik. Contoh snack yang bisa menjadi teman menulis adalah cokelat, permen, keripik, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga juga pastinya sudah penat dengan berbagai macam aktivitas dan rutinitas harian yang dilakukan.

Dengan tersedianya camilan tersebut, setidaknya saat anda menulis akan bisa dilakukan dengan gampang dan selalu semangat. Siapa bilang menulis untuk ibu rumah tangga itu susah? Gampang kok. Tak hanya itu saja, anda juga bisa buat web dan menulis di web anda sendiri.

Penulis
Member since 2 Jul 2013