Tips Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace

Tips Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace campaign-unlimited

Adanya marketplace memang sangat membantu apalagi dalam sebuah penjualan produk. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan facebook marketplave. Saat ini, kamu bisa menjual produk dengan cara online melalui facebook.

Apalagi sampai saat ini Facebook Indonesia masih bertengger sebagai platform media sosial dengan pengguna terbanyak, sebanyak 130 juta. Hal tersebut bisa menjadi bukti jika facebook masih menjadi salah satu platform media sosial yang mendominasi. Yang menarik tentunya pengguna Facebook selalu mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Dimulai dari mencari sebuah pertemanan, tempat curhat, mencari informasi dan hiburan sampai dengan bisnis. Kesemua hal tersebut disediakan secara gratis. Sehingga sangat bermanfaat untuk kamu yang mempunyai produk agar bisa meningkatkan penjualan dengan facebook marketplace.

Mengenal Facebook Marketplace

Facebook Marketplace merupakan tempat yang disediakan untuk orang dari mulai menemukan, membeli sampai dengan menjual barang. Tentunya dengan mendaftar di menu Marketplace, kamu bisa menjangkau pembeli jauh lebih banyak. Facebook Marketplace merupakan sebuah fitur yang disediakan langsung oleh facebook sehingga sangat memungkinkanmu untuk berjualan secara online. Facebook MP ini memang sudah ada di Facebook mobile atau terdapat pada situs website facebook.com. Sama seperti marketplace lainnya Tokopedia, Shopee dan lain-lain. Facebook MP tidak dikenakan biaya untuk pendaftaran. Sehingga kamu sangat bebas dalam menjual produk melalui marketplace yang sudah disediakan.

facebook marketplace

Produk Yang Bisa Dijual di Facebook Marketplace

Kamu dibebaskan untuk menjual pada Facebook Marketplace dengan catatan produkmu tidak melanggar kebijakan dari facebook marketplace. Berikut ini merupakan contoh umum dari hal yang bisa dijual di Facebook:

  1. Bukan barang nyata, kamu sangat tidak diperbolehkan untuk menjual barang yang bukan bersifat fisik. Oleh karena itu kamu tidak dapat menjual sembarang produk apalagi jika produk tersebut tidak bersifat fisik.
  2. Layanan atau tiket acara. Kamu tidak bisa menjual layanan atau tiket acara. Kamu hanya bisa menjual layanan atau tiket acara di Marketplace Facebook dengan izin tertulis yang dari facebook.
  3. Deskripsi dan foto yang tidak cocok. Ketika berjualan di Facebook Marketplace foto produk harus cocok dengan sudah sesuai dengan deskripsi maupun judul yang tertera.
  4. Tidak Diperuntukan Menjual Hewan. Menjual hewan sangat tidak diizinkan di Marketplace atau membeli bahkan menjual kelompok. Hal ini juga termasuk memposting hewan untuk diadopsi.
  5. Semua barang yang berkaitan dengan kesehatan sangat tidak diizinkan untuk dijual di Facebook MP.

Tidak hanya itu, facebook MP juga mempunyai sejumlah kategori yang sangat membantu dalam kemudahan proses pencarian. Beberapa kategori yang disediakan seperti: iklan baris, pakaian & aksesoris, penawaran, elektronik, hiburan, keluarga, hobi, rumah & taman, perumahan, dan kendaran. Yang merupakan kategoti yang dapat digunakan ketika akan membeli atau menjual produk di marketplace.

facebook marketplace

Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace

Agar bisa memenangkan persaingan dalam facebook marketplace memang bukan sesuatu yang sulit untuk yang sudah mengetahui tekniknya. Tetapi, membutuhkan konsistensi yang tinggi dan bukan menjadi sesuatu yang bisa didapat secara instan. Berikut ini merupakan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan dengan facebook marketplace

Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace, Memposting Minimal 10 Kali Sehari

Hal ini dilakukan agar produk kamu berasa dipermukaan dan direkomendasikan langsung oleh Facebook, setidaknya memang harus memposting minimal 10 kali sehari. Dan berikan eda antara 2-10 menit setiap postingan agar tidak dianggap sebagai spam. Lakukan secara rutin setiap hari.

Mengupload Cover Yang Berbeda pada Setiap Postingan di Facebook Marketplace

Perlu kamu ketahui jika postingan dengan menggunakan gambar cover yang sama nantinya tidak akan disetujui oleh facebook. Ini dikarenakan Facebook menganggap tersebut merupakan duplicate konten. Agar bisa mengatasinya, kamu harus mengupload gambar yang berbeda hanya pada cover atau gambar pertama saja. Sedangkan untuk gambar kedua dan seterusnya boleh menggunakan foto yang sama. Ketika kamu akan membuat 10 postingan maka harus menyiapkan 10 gambar yang berbeda untuk setiap covernya.

Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace, Judul yang Beda Meskipun Produk Sama

Sama halnya ketika kamu akan mengupload cover, upload judul pada produk juga harus berbeda pada setiap postingan. Sehingga kamu harus menyiapkan 10 judul yang berbeda, ketika sudah selesai untuk melakukan postingan yang ke-10, maka postingan yang ke-11 dapat menggunakan judul yang pertama. Selain judul, deskripsi atau keterangan dari produk juga boleh disamakan pada setiap postingan. Hal yang tidak kalah penting namun harus kamu ketahui adalah, jangan menyertakan link apapaun dalam judul ataupun deskripsi. Karena sangat beresiko terkena banned atau spam.

facebook marketplace

Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Marketplace, Menentukan Lokasi Berbeda pada Setiap Postingan

Hal yang menarik pada Facebook MP adalah bisa menjangkau lokasi yang berdasarkan pada negara kota sampai dengan kecamatan. Kamu bisa bebas memilih lokasi berbeda pada setiap kali posting. Tujuannya adalah agar produkmu bisa jauh lebih dikenal pada setiap wilayah. Untuk kamu yang bermain export, cara ini dinilai sangat efektif. Selain itu, untuk kamu yang mempunyai target market pada lokasi regional, bisa langsung memilih lokasi kecamatan yang berbeda untuk setiap postingan.

Fokus pada Marketplave dan Hindari Posting di Grup Facebook

Kamu diharuskan hanya memposting di marketplace dan tidak boleh menshare produk ke grup. Hal ini dikarenakan pada setiap grup mempunyai peraturan yang berbeda. Ketika nantinya kamu secara terus menerus menshare produkmu ke grup facebook, bisa jadi kamu akan dilaporkan sebagai spam. Oleh karena itu, posting hanya di marketplace saja. Pada fitur lokasi yang ada dalam marketplace juga akan membantu produkmu dapat terlihat tanpa harus menshare ke dalam grup facebook.

Memilih Variasi Produk yang Beda pada Setiap Postingan

Facebook juga menyediakan banyak kategori yang bisa kamu pilih pada marketplace. Tentunya kamu bisa memilih kategori secara variasi pada saat melakukan posting produk. Tujuannya untuk produk kamu bisa segera naik di permukaan dan dapat muncul pada setiap kategori.

facebook marketplace

Menyertakan Nomor Kontak pada Keterangan Produk

Nomor kontak atau Nomor WhatsApp menjadi hal yang sangat penting untuk dimasukan pada deskripsi produk, sehingga orang yang tertarik dengan produkmu bisa langsung menghubungimu.

Fast Respon via Inbox Messenger

Pada sebuah data, 95% orang yang tertarik dengan produk yang di tawarkan akan langsung menghubungimu melalui inbox atau Facebook Messenger. Sehingga, tanggapilah dengan cepat pada setiap inbox yang masuk. Kamu juga tidak perlu ragu untuk mempertanyakan nomor whatsapp kepada calon pembelimu terlebih dahulu.

Dan selalu mengusahakan memberikan penjelasan produk melalui whatsapp. Dengan demikian, database pelanggan Anda akan terus bertambah dan memudahkan dalam follow up kemudian hari. Jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi autotext agar bisa memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi dengan calon pelanggan Anda.

Beberapa informasi mengenai facebook marketplace yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan penjualan produkmu. Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019