Tips Memilih Theme Terbaik Untuk Website Startup

25 Nov 2022
Tips Memilih Theme Terbaik Untuk Website Startup

Tips memilih theme akan membantu para startup yang baru saja membangun website. Hasilnya kamu bisa menciptakan web yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Adanya situs dengan tampilan yang bagus tentu memberikan daya tarik tersendiri.

Kamu bisa menciptakan sebuah situs yang benar-benar bisa memberikan keuntungan secara nyata, baik dari segi traffic, fitur, dan lain sebagainya. Theme adalah sebuah elemen penting dalam sebuah website. Ada dua macam theme yang dapat kamu pilih yakni yang free atau yang berbayar di IDwebhostcom. Memilih keduanya tak masalah, asalkan sesuai dengan mana yang kamu perlukan saat ini.

Namun bagi startup, tentunya kamu perlu memilih yang sesuai kebutuhan. Artikel ini akan memandumu memilih theme website yang sesuai dengan kebutuhan situsmu. 

Proses membuat website dengan tema yang tepat bisa juga berpengaruh pada respon sebuah situs. Alhasil, situs yang kamu miliki pun juga akan memiliki respon yang bagus. Sebuah website yang responsive pastinya akan mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. Kenapa?

Karena situs tersebut akan lebih mudah dibuka. Tapi ada banyak tema sejenis yang bisa kamu temukan saat masuk di CMS WordPress, Joomla, dan CMS lain yang kamu miliki. Di sinilah kamu wajib untuk memilih pilihan yang benar-benar tepat dan sesuai yang kamu butuhkan. Ikuti panduan lengkapnya berikut ini:

Tips #1: Pilih Theme Yang Support Dengan Plugin dan Berbagai Fitur

 

Tips Memilih Theme Terbaik Untuk Website Startup
idwebhost

Kamu pasti suka dengan banyak pilihan theme yang ada di website. Namun tips memilih theme yang pertama harus kamu terapkan adalah memilih theme yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan theme yang tepat juga akan membantumu dalam membangun sebuah website yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Hal ini juga akan memberikan daya tarik tersendiri pada website yang kamu buat tersebut. Karena memang pada dasarnya ada beberapa tema yang ternyata tidak support dengan plugin yang diberikan didalamnya. Hal inilah yang nantinya akan menjadi masalah. Kamu wajib memilih tema yang benar-benar bisa dipakai untuk menginstall banyak plugin.

Tips #2: Gunakan Theme Yang Beda Dari Lainnya

Ini mungkin tips memilih theme yang sedikit kompleks, tapi kamu harus membuat sebuah website yang unik dan beda dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan menciptakan sebuah web yang unik dan beda dari lainnya, sudah pasti kamu akan tampil beda dibandingkan lainnya.

Pasalnya, kamu juga tidak tau user experience dari pengunjung website. Seberapa banyak pengalaman mereka membuka beragam situs yang ada di internet. Apakah banyak situs yang sudah mereka kunjungi? Jika iya, maka sudah pasti yang harus kamu lakukan adalah memilih tema yang benar-benar beda dari yang lain. Dari sini sisi unik yang dimiliki website pun akan bisa menonjol dan terlihat.

Tips #3: Pakai Theme Yang Cepat Diakses

Tips memilih theme yang ketiga adalah jangan pusingkan dirimu dengan pemilihan tema yang bahkan membuat pengunjung susah membuka situs sendiri. Kamu bisa saja memaklumi, tapi kalau pengunjung yang datang biasanya mengutamakan situs yang speed-nya bagus.

Kalau pengunjung bisa merasakan berkunjung di situs yang kecepatannya bagus, sudah pasti banyak manfaat yang akan dirasakan. Penggunaan theme yang tepat juga akan memudahkan bagimu untuk menikmati manfaat yang tersedia didalamnya. Dalam hal ini seperti penjelasan sebelumnya, sangatlah penting bagimu memilih tema yang responsif bagi situs yang dimiliki.

Tips #4: Gunakan Tema Yang Sesuai Konten Situs

 

Tips Memilih Theme Terbaik Untuk Website Startup
idwebhost

Tips memilih theme selanjutnya adalah memilih yang sesuai dengan konten atau isi situs yang kamu miliki. Dengan menggunakan tema yang sesuai dengan konten situs, hal ini akan memberikan manfaat yang lebih banyak. Misalnya kamu adalah pemilik dari situs berita, maka kamu sebaiknya memilih tema yang berkaitan dengan news.

Kemudian, jika kamu adalah pemilik situs toko online, sebaiknya memanfaatkan situs yang cocok untuk toko online yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memilih tema yang benar-benar bertolak belakang dengan apa isi konten dari situsmu. Dengan cara yang mudah dan signifikan maka kamu pun akan mampu membuat sebuah website yang benar-benar istimewa dan tepat.

Tips #5: Pilih Tema Yang Sedikit Kombinasi Warnanya

Tips memilih theme selanjutnya adalah memilih tema yang sedikit kombinasi warnanya. Kenapa kamu harus memilih tema yang sedikit kombinasi warnanya? Hal ini penting agar situs yang kamu buat tersebut tidak terlalu mencolok dan penuh. Situs yang kombinasi warnanya terlalu banyak akan membuat situs itu terlihat penuh.

Bahkan dalam beberapa kasus situs tersebut juga membutuhkan waktu yang terlalu lama dalam hal loading-nya. Sangat disarankan untuk memilih situs dengan satu warna utama yang tidak terlalu mencolok atau banyak. Pada umumnya warna yang paling umum adalah warna putih.

Kesimpulan

 

Tips Memilih Theme Terbaik Untuk Website Startup
idwebhost

Tips memilih theme tidaklah susah untuk diterapkan. Di sisi lain, hal ini juga tidak boleh dianggap remeh. Karena pada dasarnya untuk membuat situs yang bagus, kamu harus benar-benar memilihnya dengan lebih selektif.

Tentu kamu tak mau gonta ganti situs berkali-kali karena kesalahhan dalam memilih situs yang ada didalamnya. Jika kamu ingin membuat tampilan tersendiri yang lebih unik, ada sebuah solusinya adalah tinggal memilih saja plugin untuk mengedit tampilan situs secara drag and drop. Plugin semacam ini akan membantumu dalam membangun sebuah situs tanpa perlu coding sama sekali. Kenapa? Karena semuanya sudah tersedia dan kamu tinggal menyematkan saja apa fitur dan tampilan yang diinginkan bagi situsmu.

Baca Juga: Alasan Menggunakan Google Analytics

Selain menerapkan tips memilih theme tersebut, kamu juga harus mempertimbangkan untuk membuat icon atau logo bagi situs. Hal ini juga sangat penting karena website milikmu pastinya memiliki juga memiliki ciri khusus yang berbeda dari yang lain.

Adanya logo juga menunjukan bahwa situs yang kamu buat tersebut menyuguhkan konten yang professional dan juga berkualitas. Hal ini memang sangat penting dalam hal pembuatan website itu sendiri. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan logo website di internet, atau juga bisa membuatnya sendiri dengan bantuan software, misalnya Photosop atau Corel Draw.

Dalam penerapan tips memilih theme mungkin butuh waktu. Karena terkadang kamu tidak cocok dengan satu tema, lalu menggantinya dengan tema pembuatan web yang lain. Hal tersebut sah-sah saja, apalagi jika kamu adalah startup atau pemain baru dalam hal pembuatan website ini. Pemilihan tema yang benar-benar tepat akan bisa memberikanmu keuntungan yang dibutuhkan sangat banyak.

Penulis
Member since 2 Jul 2013