Tips Memilih Lokasi Server Hosting

16 Apr 2018
Tips Memilih Lokasi Server Hosting campaign-unlimited

Saat Anda memilih web hosting yang akan digunakan untuk mendukung website, ada satu hal yang juga penting untuk dipertimbangkan yaitu lokasi server hosting. Memilih lokasi server hosting sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi jika Anda adalah seorang yang terbilang pemula. Bagi sebagian orang mungkin lokasi server tidaklah menjadi sesuatu yang penting, tapi bagi sebagian yang lain hal ini menjadi salah satu point penting dalam membeli sebuah web hosting. Alasannya mungkin akan bermacam-macam, bisa jadi karena alasan kecepatan akses, fokus audience dan lain-lain. Pada artikel berikut, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih lokasi server hosting yang dapat membantu Anda menemukan web hosting dengan tepat.

Berikut ini beberapa Tips dalam Memilih Lokasi Server Hosting yang Tepat dan Baik.

1. Kenali Website Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui website Anda secara lebih dalam. Misalnya, termasuk jenis website apa? Apakah toko online, website pribadi, blog, sistem informasi, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mengetahui bagaimana jenis, kriteria, dan kebutuhan dari website Anda maka selanjutnya Anda dapat menentukan dan memilih lokasi server hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Kenali Negara Mana Saja yang Mengunjungi Website Anda

Selanjutnya, kenali negara mana saja yang mengunjungi website Anda, untuk hal ini Anda bisa melakukan riset tersendiri. Jika yang mengunjungi website banyak berasal dari Indonesia, lebih baik Anda memilih lokasi server hosting yang berada di Indonesia, opsi lain bisa juga memilih lokasi server yang berada di Singapore.
Mengapa ? Alasannya, untuk mempercepat proses download maupun upload pada website. Sebenarnya tidak salah memilih lokasi server hosting, baik di Amerika atau dimana saja. Semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing website. Jika memang benar ingin akses tercepat dari target negara Anda, maka lebih baik tempatkan lokasi server hosting di negara tersebut atau bisa juga di lokasi server yang cukup dekat dijangkau.

akses diseluruh dunia

3. Perhatikan Kecepatan Akses

Situs atau website yang menggunakan server Indonesia akan lebih cepat diakses dari IP (pengunjung) Indonesia dikarenakan lokasi server berada di Jakarta. Sedangkan website yang menggunakan server Amerika akan lebih cepat diakses dari mana saja.

4. Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan lokasi server hosting website Anda dengan budget atau anggaran dana yang dimiliki. Perlu diketahui untuk sekarang harga hosting di lokasi server Indonesia dan Singapore lumayan lebih tinggi dari harga hosting yang berlokasi di server Amerika atau Eropa. Namun, harga ini tidak selamanya stabil dan terus mengalami perubahan.

5. Perhatikan Keperluan Selain Kecepatan Akses

Selain kecepatan akses website dari negara tertentu, perhatikan juga keperluan lainnya seperti email. Jika hosting yang Anda gunakan bukan hanya untuk penempatan website saja, lebih baik gunakan server yang berada di Amerika atau Eropa karena umumnya layanan email publik diletakkan di kedua negara tersebut. Dan jika secara umum website Anda tidak menargetkan dari mana negara pengunjung berasal, lokasi server hosting di Amerika bisa jadi pilihan terbaik.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih lokasi server hosting yang dapat Anda pertimbangkan. Pada dasarnya, setiap lokasi server yang dipilih tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Jika Anda mencari web hosting yang sudah terpercaya di Indonesia, maka Anda dapat menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting terbaik dan domain yang terjangkau namun berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya. Pantau terus promo domain murah disetiap bulannya yaaa.

Penulis
Member since 2 Jul 2013