Tips Memilih Laptop Yang Sesuai Keinginanmu
Blog Tips Keren Tips Memilih Laptop Yang Sesuai Keinginanmu

Tips Memilih Laptop Yang Sesuai Keinginanmu

Zaman sekarang laptop merupakan salah satu perangkat atau device yang cukup sering digunakan baik itu oleh mahasiswa sampai ke mereka yang ingin melakukan kegiatan bisnis atau bekerja. Karena fungsi komputer jingjing ini juga sangat membantu kegiatan dan kehidupan kita sehari – hari. Dan memilih laptop merupakan salah satu hal penting. Oleh karena itu, tidak jarang banyak dari kita terutama yang berstatus fresh graduate kebingungan saat mau ganti laptop atau membeli yang baru untuk kebutuhan mereka yang sesuai. Karena ada banyak sekali merek atau brand dengan spesifikasi yang berbeda.

Akhirnya karena kurang melakukan riset secara mendalam dan tergesa-gesa, banyak yang menjadi salah beli karena tidak memilih laptop yang sesuai keinginan mereka. Kebutuhan laptop yang tepat dan baik itu speknya ketinggian atau mungkin bisa juga jadi terlalu rendah. Maka dari itu, disini kita akan berbagi tips bagaimana cara memilih laptop yang sesuai kebutuhan anda. Tapi sebelum menuju kesana yuk pahami secara lebih mendalam terlebih dahulu tentang apa itu pengertian dari Laptop yang anda harus ketahui.

 

Apa itu Laptop?

Laptop adalah komputer bergerak yang bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, kapan pun dan di mana pun dengan mudah yang memiliki ukuran relatif kecil dan ringan, dengan berat berkisar antara dari 1 sampai 6 kg. Hal ini bergantung ukuran, bahan, serta spesifikasi laptop tersebut. Laptop bisa digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Seperti termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi untuk sebagai mouse.

 

memilih laptop
Idwebhost

 

Karena laptop dimaksudkan untuk bisa digunakan kapan saja dan di mana saja, Laptop dilengkapi dengan baterai yang memungkinkan untuk beroperasi cukup lama tanpa terhubung ke stop kontak (sumber listrik) atau mudahnya tanpa perlu di charge. Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stop kontak dan mengisi kembali baterai.

Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. Tapi kemajuan teknologi manufaktur telah membuat laptop untuk melakukan seluruh aktivitas hampir sama dengan Komputer PC desktop pada umumnya. Bahkan, laptop high-end sering kali memiliki spesifikasi atau kemampuan lebih baik daripada komputer desktop yang mempunyai spesifikasi cukup rendah.

Bahkan kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mouse bisa digunakan dengan laptop. Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel atau wireless, yang biasanya memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel.

Laptop atau yang seringkali akrab dipanggil komputer notebook oleh pihak produsen, terdiri dari baterai atau AC-powered komputer pribadi umumnya lebih kecil daripada tas yang dapat dengan mudah diangkut dan mudah digunakan di perpustakaan, kantor,atau pada pertemuan tertentu. Sebuah laptop pada umumnya memiliki berat kurang dari 5 dan 3 inci atau kurang tergantung ketebalannya. Di antara pembuat paling terkenal dari komputer laptop adalah IBM, Apple, Compaq, Dell, hingga Toshiba.

Berikut ini gambaran perbedaannya berbagai jenis laptop:

1. Netbook, ukuran layarnya 6-13 inchi, tidak memiliki spesifikasi tinggi, hanya terdapat processor kelas menengah ke bawah. Lalu juga tidak terdapat DVD ROM.

2. Notebook, ukuran layar nya 13.1 inchi, spesifikasi yang ditawarkan juga sudah mewadahi dan hampir setara PC biasa, ada processor yang cukup memadai, hard disk sudah cukup besar kapasitasnya, serta dibekali DVD-ROM.

3. Laptop, memiliki ukuran lebih besar layar 18 inch, lebih berat. Namun, semakin kedepan kita akan semakin sulit membedakan laptop dengan notebook, karena notebook merupakan regenerasi dari laptop di masa sekarang.

Setelah cukup memahami tentang laptop, berikut merupakan tips untuk memilih laptop sesuai kebutuhan anda!

 

memilih laptop
idwebhost.com

Tips Memilih Laptop yang Sesuai!

1. Kenali kebutuhan Kamu

Apa kebutuhan laptop kami?. Apakah kamu membeli untuk pekerjaan, kegiatan sekolah dan studi atau untuk kesenangan seperti hiburan atau gaming? Jenis pekerjaan pun beragam mungkin dominan menggunakan untuk kegiatan kantoran office, atau sebagai desain grafis, videografer bisa juga fotografer. Jadi sebelum beli kenali dulu kebutuhan anda membeli laptop itu untuk apa. Ada beberapa tipe yang perlu kita perhatikan :

Laptop Mahasiswa dan Pekerja Kantoran

Apabila kamu seorang akademisi hanya dominan menggunakan aplikasi office yang terbilang ringan. Spek kebutuhannya tidak terlalu tinggi dan juga harga nya pasti lebih terjangkau. Tinggal disesuaikan dengan kenyamanan yang diinginkan. Untuk masalah spek sendiri, spek dasar sudah bisa aktif dengan kegiatan kapasistas RAM yang dibutuhkan serta kualitas grafis yang tidak akan terlalu menjadi persoalan.

Laptop Desain Grafis dan Fotografer

Untuk kebutuhan desain, gambar dan grafis. Ada  spek khusus tersendiri yang direkomendasikan agar bisa bekerja dengan maksimal. Biasanya aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Lightroom, juga aplikasi video misalnya Adobe Premiere Pro dsb. Bisa dikatakan aplikasi tadi membutuhkan laptop dengan spek tinggi, khusus dan terbaru. Misalnya untuk RAM minimal 4GB, lalu memiliki kartu grafis yang sesuai versi terbarunya dan menyesuaikan dengan aplikasi yang akan dijalankan. Kemudian keberadaan memori dan kecepatan membaca data juga harus diperhatikan mengingat aktivitas seorang desain grafis dalam hal editing terbilang menyibukan laptop dengan memakai banyak memori dan juga tingkat tingginya membaca data.

Laptop Gaming

Perlu diperhatikan pemakaian laptop untuk aktivitas game ini yag paling banyak membutuhkan memori. Aktivitas permainan berbagai jenis game berat dengan memakai grafis tinggi dengan tingkat waktu lebih lama, butuh performa sistem yang stabil, kualitas tampilan jernih dan juga tajam. Pilih laptop yang mempunyai seri khusus yang diciptakan bagi para gamer. Biasanya laptop gaming sedikit lebih tinggi speknya dari desain grafis.

2. Perhatikan merek dan reputasi laptop

Setiap merek laptop memiliki pasar dan kekuatannya tersendiri dibidang khusus laptop yang mereka keluarkan menjadi produk. Wajib bagi anda untuk mengerti kekuatan semua brand laptop sesuai speksifikasi kamu dan kebutuhan kamu. Misalnya merek laptop ini cenderung memiliki seri untuk laptop gaming yang bagus, brand laptop ini mempunyai keunggulan pada layar dan service dan sebagainya. Bandingkan dengan masing – masing dan juga banyak tanya ke orang – orang sekitar yang memiliki pandangan mereka tentang brand dari laptop yang kamu inginkan.

 

memilih laptop
idwebhost.com

3. Garansi dan Servis

Ketika saatnya sudah harus memilih. Pastikan lagi tentang garansi yang didapatkan ketika membeli laptop. Baik itu keberadaan service centernya, ketersediaan di kota tempat tinggal kamu dan sebagainya. Perhatikan juga sparepart nya baik dari segi harga serta juga keberadaannya. Ini penting agar dikemudian hari, ketika terjadi sesuatu kamu tidak perlu repot dan panik yang berujung menyesal karena salah memilih laptop karena tidak mengetahui hal ini. Bisa saja terjadi accident yang menyebabkan kamu harus menganti sparepart ternyata sulit didapatkan atau tidak ada service center yang mudah dijangkau.

Nah itu dia tips memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Butuh domain murah dan kualitas terjamin? Beli saja di Idwebhost ya!

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.