Tips Memilih Domain Website Bisnis Pertama Anda
Blog Tips Keren Tips Memilih Domain Website Bisnis Pertama Anda

Tips Memilih Domain Website Bisnis Pertama Anda

Sedang membangun bisnis? Apa yang menjadi tujuan bisnis Anda? Apakah tetap menjadikan model konvensional dalam pemasaran? Atau Anda sudah menyadari pentingnya citra dan keberadaan dunia digital untuk bisnis Anda. Jika demikian, maka Anda sudah tepat, untuk memulai bisnis Anda hadir di ranah digital. Pertama adalah Anda perlu membuat website, dan langkah awal adalah dengan menyimak tips memilih domain website yang sesuai untuk bisnis pertama Anda.

Keputusan menjadi seorang pebisnis adalah keputusan besar. Saat ini berbagai bisnis muncul. Generasi milenial misalnya, sudah terbiasa dengan jatuh bangun membangun startup mereka. Startup menjadi salah satu ciri dari model  bisnis berbasis teknologi digital seperti saat ini.

Maka sangat tepat jika Anda memilih untuk hadir di ranah digital untuk bisnis Anda. Mari menjadikan bisnis Anda muncul dan menjangkau banyak orang melalui dunia internet.  Jangan khawatir dalam membuat website bisnis, Anda bahkan bisa membuat website bisnis sendiri. Untuk memulainya mari memilih nama domain website bisnis. Berikut tips memilih domain website untuk bisnis pertama Anda.

1. Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Apa ekstensi domain yang paling tepat dengan bisnis Anda? Ada berbagai pertimbangan dalam memilih ekstensi domain, mulai dari pertimbangan peruntukan, sampai kemudahan dalam pengucapan. Sebagai contoh, kita di Indonesia sudah sangat umum dengan kata ‘dot com’ baik dalam ucapan sehari-hari atau pun ketika mencari sesuatu di internet.

Memang masih sangat lekat  di masyarakat bahwa sebuah domain akan berakhiran dengan ekstensi atau kata ‘dot com’ sehingga tidak sedikit  yang memilih dot com sebagai ekstensi utama dari website mereka.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dunia digital, perkembangan internet di Indonesia. kini ketersediaan ekstensi sudah sangat beragam. Misalnya kita tahu ada ekstensi ‘dot id’ yang juga sudah masuk dalam  ekstensi yang umum disebut oleh masyarakat.

Selain ‘dot id’ yang merupakan ekstensi domain Indonesia, juga terdapat berbagai ekstensi lain yang sudah mulai dimengerti oleh masyarakat. Sehingga keputusan memilih ekstensi domain untuk website bisnis Anda kini bisa menyesuaikan  kebutuhan dan fungsi dari ekstensi yang ada sebagai berikut;

  • .com ‘dot com’ ekstensi dot com biasanya digunakan untuk kebutuhan perusahaan, website dengan ekstensi dot com cenderung website komersial, dan bersifat global.
  • .info ‘dot info’ ekstensidot infobiasanya digunakan untuk mereka yang membangun website untuk kebutuhan memberi informasi atau website informatif.
  • .net ‘dot net’ ekstensi dot net sangat umum digunakan bagi website yang menyediakan berbagai informasi dan hal teknis terkait dunia internet.
  • .org ‘dot org’ ekstensi dot org umumnya digunakan bagi website organisasi yang bersifat non profit atau non komersial.
  • .id ‘dot id’ ekstensi dot id adalah top level domain yang menjadi kode negara internet untuk Indonesia. Digunakan untuk berbagai kebutuhan baik komersial atau pun non komersial, baik individu atau pun bisnis.
  • Dan berbagai ekstensi lainnya, silakan langsung cek berbagai ketersediaan ekstensi domain berkualitas di IDwebhost.

2. Memilih Domain Website Untuk Kebutuhan Jangka Panjang

Membangun sebuah website bisnis tentu untuk tujuan jangka panjang,  untuk membuat saluran pemasaran di internet yang berkelanjutan nantinya. Maka coba Anda pikirkan bagaimana kemungkinan jangka panjang dari nama atau brand Anda.

Misalnya Anda sudah memilih ekstensi dot id, kemudian website Anda berkembang pesat, ternyata ada pesaing yang kemudian menggunakan nama bisnis Anda dengan ekstensi lain, misalnya dot ide dan dot net. Sehingga akan ada dua nama yang muncul, bisnissaya.id, bisnissaya.com, dan bisnissaya.net

Jika Anda sudah mendaftarkan merek bisnis Anda, tentu Anda akan lebih mudah jika nantinya banyak yang menggunakan nama Anda. Namun tentu akan menguras waktu dan tenaga Anda dalam mengurus perselisihan nama.

Maka Anda perlu melihat jangka panjang, tidak ada salahnya Anda membeli beberapa ekstensi populer yang berkaitan dengan bisnis Anda. Sehingga semua menjadi milik Anda, dan masuk dalam alamat website yang sama yaitu website bisnis Anda.

Selian itu, untuk kebutuhan jangka panjang sebaiknya Anda membeli domain dengan durasi lebih dari satu tahun. Dukungan dari keperluan website juga perlu Anda perhatikan, misalnya kebutuhan dari hosting. Anda perlu memikirkan hosting terbaik dan berkualitas untuk bisnis Anda sejak awal.

Untuk  kebutuhan domain dan hosting jangka panjang Anda  bisa mendapatkan keduanya di IDwebhost. Silakan pilih beragam paket hosting murah IDWebhost untuk website Indonesia mulai dari 10rban perbulan.

3. Pastikan Penyedia Domain Terpercaya

Penyedia Domain Terpercaya

Terdapat berbagai penyedia nama domain di Indonesia dengan berbagai penawaran yang berbeda-beda. Bagi Anda yang baru memasuki dunia internet dan ingin membuat website untuk bisnis Anda, jangan sampai Anda terjebak dengan penyedia nama domain abal-abal.

Anda harus memastikan membeli nama domain dari penyedia domain yang terpercaya. Reputasi yang telah dimiliki, usia penyedia nama domain, dan respons atau dukungan dalam menyelesaikan masalah menjadi salah satu pertimbangan penting Anda memilih penyedia nama domain.

Kemudahan pengurusan dan perpanjangan dari penyedia nama domain juga menjadi hal yang patut untuk Anda pertimbangkan. Jangan sampai ketika usaha Anda sudah matang, sudah banyak yang mengenal, website toko online Anda sudah ramai, ternyata domain Anda tidak dapat diperpanjang karena ada kendala dari penyedia domain Anda. Ini akan sangat merugikan.

Itu mengapa Anda harus memastikan penyedia domain terpercaya yang akan Anda pilih untuk keperluan domain Anda. Penyedia domain yang memberikan harga jujur, murah dan berkualitas. Semua itu bisa Anda dapatkan melalui layanan domain dan hosting murah IDWebhost!

Kenapa beli domain murah Indonesia di IDwebhost?

  • domain langsung aktif
  • ratusan pilihan ekstensi domain
  • jaminan harga domain termurah
  • layanan fast respons 24 jam
  • telah dipercaya lebih dari 100 ribu domain
  • gratis berbagai fasilitas pengaman domain
  • IDwebhost pertama di Indonesia terakreditasi ICANN

4. Pastikan Ketersediaan Nama Domain di Media Sosial

Pastikan Ketersediaan Nama Domain di Media Sosial

Saat ini kepemilikan sebuah website perlu dukungan dengan hadir di media sosial. Perkembangan media sosial 5 tahun terakhir sudah begitu luar biasa beragam, terdapat berbagai media sosial yang menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam menjalin komunikasi dunia maya.

Dari berbagai media sosial yang ada, sebagai pelaku bisnis Anda bisa memilih beberapa sosial media utama yang nantinya akan  menjadi saluran pemasaran atau branding dari bisnis Anda. Maka Anda perlu memikirkan nama yang sama dari setiap media sosial yang Anda gunakan.

Memilih nama yang sama ini, tentu harus mendukung keberadaan website bisnis Anda. Sehingga di dalam media sosial, Anda perlu menggunakan nama dari domain Anda. Pastikan nama domain Anda masih tersedia di media sosial.

Anda bisa menggunakan situs penyedia jasa pengecekan nama sosial media, yang bisa memudahkan Anda untuk melihat apakah nama yang akan Anda gunakan untuk domain Anda masih tersedia juga di media sosial. Bisa menggunakan namechk.com

Untuk menyiasati penggunaan nama, Anda bisa menambahkan ekstensi dari domain Anda untuk Anda gunakan di media sosial Anda. Misalnya Anda telah memutuskan nama domain Anda adalah; ‘bisnissaya.id’ maka di media sosial seperti Instagram Anda bisa menggunakan user name; bisnissaya.id , pilihan lain jika sudah tidak tersedia misalnya menjadi; bisnissaya_id, bisnissayadotid, dan lain sebagainya.

5. Memilih Domain Website Dengan Riset Terlebih Dahulu

Tips memilih domain website untuk bisnis Anda tentu saja harus berlandaskan pada hasil riset. Maka penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan domain website untuk bisnis Anda.

Riset ini tentu tujuannya agar citra yang akan dimunculkan di internet sesuai dengan tujuan dari bisnis Anda. Juga tentu saja mengerucutkan tujuan dari pembuatan website bisnis. Jangan sampai setelah website jadi, ternyata tidak sesuai dengan tujuan awal.

Penting mencari berbagai referensi  dari model website yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda nantinya. Tidak ada salahnya ketika Anda menggunakan jasa pembuatan website yang sudah terpercaya untuk kebutuhan riset dan pembuatan website bisnis Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai tips memilih domain website untuk bisnis, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda!  Ayo mulai membuat website bisnis dengan dukungan tenaga profesional di IDwebhost. Salam.  Ari IDwebhost.