Tips Membuat Teks Deskripsi Produk yang Menjual

5 Jan 2021
Tips Membuat Teks Deskripsi Produk yang Menjual campaign-unlimited

Dalam membuat sebuah deskripsi produk memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Ada begitu banyak perusahaan yang diperlukan untuk membuat sebuah deskripsi produk yang maksimal dan bisa meningkatkan penjualan. Kualitas dari sebuah deskripsi yang dibuat juga sangat memberikan pengaruh pada penjualan. Hal tersebut karena berkaitan dengan pembuatan keputusan sebelum konsumen melakukan pembelian. Teks deskripsi menjadi poin penting dalam penjualan produk. Karena berfungsi untuk menggambarkan sebuah proporsi nilai produk kepada calon konsumen. Sebuah teks deskripsi yang menarik berisi tentang informasi fitur, manfaat sampai dengan solusi dalam pemecahan sebuah masalah. Semakin kuat fantasi yang dihasilkan konsumen ketika membaca deskirpsi tersebut, maka akan semakin besar pula mereka akan membelinya.

teks deskripsi produk

Tips Membuat Teks Deskripsi Produk

Memahami Product Knowledge

Dalam memahami semua mengenai produk adalah hal yang paling utama ketika akan menuliskan deskripsi produk. Ketika Anda sudah memahami semua mengenai produk Anda, maka bisa dengan mudah dalam membuat teks deskripsi yang jauh lebih maksimal. Berbeda dengan Anda yang masih belum paham mengenai product knowledge. Anda bisa mencobanya dari mempelajari mengenai produk yang Anda punya. Anda juga bisa memahami product knowledge dengan menggunakan tenik 5W + 1 H.

  1. Siapa Target produk Anda?

Produk yang Anda miliki dtujukan kepada siapa. Pada bab ini, Anda harus bisa menentukan audiens dari target market Anda. Target market juga harus tepat agar nantinya berdampak pada penjualan Anda yang semakin maksimal. Selain itu, Anda juga harus paham tentang marketing mix agar bisa menentukan target pasar produk Anda.

  1. Apa Saja Dasar Produk Anda?

Anda juga harus dapat menentukan detail dari dasar produk Anda. Seperti dimensi, bahan, fitur dan juga fungsi dari produk tersebut.

  1. Dimana orang akan dapat menggunakan produk Anda?

Tentukan dimana produk bisa digunakan, penggunaan bisa di dalam ruangan ataupun diluar ruangan.

  1. Kapan orang akan menggunakan produk Anda?

Waktu merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi penjualan ANda. Anda juga harus bisa menentukan kapan produk yang Anda punya dapat digunakan dan juga dalam jangka waktu berapa lama.

  1. Mengapa produk Anda lebih baik dari produk yang lain?

Anda adalah orang pertama yang mengetahui apa saja yang menjadi nilai plus dari produk Anda jika dibandingkan dengan produk lain. Jelaskan juga mengenai manfaat dan fitur yang lebih dibandingkan pesaing Anda.

  1. Bagaimana cara kerja produk Anda?

Memang tidak semua produk harus mencantumkan cara kerja, tetapi jika produk yang Anda miliki cukup sulit dalam penggunaannya, maka cara kerja dari produk tersebut harus dijelaskan dalam deskripsi.

Penggunaan kombinasi 5W 1H ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun sebuah deskripsi produk yang maksimal. Pertanyaan tersebut sangat bagus agar bisa digunakan untuk template deskripsi produk ketika Anda menginginkan teks deskripsi produk terbaik.

teks deskripsi produk

Menentukan Format Terbaik dalam Menggambarkan Produk

Dalam membuat teks deskripsi yang maksimal Anda bisa menentukan format terbaik agar bisa menggambarkan produk Anda. Format deskripsi produk yang Anda gunakan sama seperti formula atau rumus agar bisa menghasilkan deskripsi produk. Contohnya, Anda bisa menggunakan format sederhana seperti ini: [Paragraf Prosa] + [Paragraf/Poin Spesifikasi, Manfaat atau Fitur Produk] = [Deskripsi Produk]. Dan Anda juga bisa menambahkan beberapa formula seperti mengenai produk, kelebihan dan manfaat produk, testimoni penggunaan produk, gambar agar bisa meyusun format deskripsi sebuah produk.

Dengan menggunakan format yang sudah Anda susun sebelumnya agar menjadi sebuah kalimat deskripsi produk yang maksimal. Karena jika Anda hanya menuliskan poin pentingnya saja bukan cara terbaik untuk bisa menceritakan produk Anda dan tidak bisa meyakinkan pembeli untuk bisa membeli produk Anda. Tentunya, dengan menulis sebanyak satu paragraph mengenai produk Anda, sudah sangat bisa mempengaruhi dan juga mengatur calon konsumen Anda untuk menyadari jika mereka membutuhkan produk yang Anda jual.

Buatlah Teks Deskripsi Produk yang Pendek dan Menarik

Sebisa mungkin untuk tidak membuat teks deskripsi yang panjang. karena hal tersebut bisa membuat calon konsumen Anda merasa kebingungan karena terlalu banyak membaca. Sehingga teks deskripsi produk setidaknya dibuat pendek dan semenarik mungkin. Anda juga bisa menerapkan teknik copywriting untuk menyusun sebuah deskripsi produk. Copywriting tersebut nantinya akan bisa membantu Anda dalam menuliskan deskirpsi dengan maksimal agar bisa membantu dalam meningkatkan penjualan. Caranya cukup dengan menuliskan deskirpsi produk sesuai dengan format yang sudah Anda buat sebelumnya. Sehingga Anda hanya perlu menyusun dan juga menempatkan paragraph copywriting sesuai dengan deskripsi produk Anda.

teks deskripsi produk

Percaya Diri untuk Menyombongkan Diri

Memang adakalanya Anda harus bisa menuliskan deskripsi produk yang seolah menyombongkan diri. Menyombongkan diri disini mempunyai makna deskripsi produk yang Anda buat harus lebih mengunggulkan produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain. Sehingga buatlah seolah produk Anda yang terbaik di pasaran. Gunakan nilai plus produk yang Anda miliki sebagai senjata agar bisa menyombongkan diri. Anda juga harus bisa menjelaskan secara singkat dengan cara memasukan informasi yang detail agar bisa membuktikan alasan produk Anda jauh lebih baik daripada produk lain. Ketika menyombongkan produk, Anda harus memastikan deskripsi yang Anda buat sesuai dengan apa yang ada dalam produk Anda.

Membuat Teks Deskripsi Produk yang Unik

Teks memang bukan satu-satunya cara agar bisa menggambarkan produk yang Anda miliki. Karena masih ada gambar yang mempunyai bobot dan akan jauh lebih diingat oleh konsumen Anda. Jika keadan memungkinkan, Anda juga bisa memamerkan produk Anda dalam visual yang nantinya bisa menjelaskan dengan tepat apa yang menjadi fungsinya. Hal inilah yang akan menjadi pekerjaan Anda agar bisa menentukan apakah deskripsi produk Anda akan berbentuk narasi atau konten visual yang cukup diwakilkan oleh gambar, icon dan sejenisnya. Sehingga, carilah konten yang paling penting untuk konsumen Anda dan segera temukan cara visual terbaik yang bisa menarik konsumen Anda agar bisa mendapatkan informasi yang relevan dengan konsumen.

teks deskripsi produk

Anda juga harus tahu, untuk produk yang lebih teknis jangan takut untuk bisa memasukan deskripsi secara teknis pada teks deskripsi yang Anda buat nantinya. Karena teks deskripsi secara teknik bisa membantu dalam meningkatkan kepercayaan consume. Anda juga harus bisa membuktikan kepada konsumen Anda jika keahlian produk yang Anda punya akan bisa memberikan semua detail yang harus diketahui oleh konsumen Anda. Deskripi teknis ini dapat berupa penjelasan mengenai fitur, spesifikasi dan juga informasi teknis pada produk lain. Itulah beberapa penjelasan yang bisa Anda terapkan dalam membuat sebuah teks deskripsi untuk produk agar bisa membantu meningkatkan penjualan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013