Tips Membuat Subdomain Keren untuk Pemula

23 Nov 2022
Tips Membuat Subdomain Keren untuk Pemula campaign-unlimited

Subdomain keren bisa kamu miliki dengan membeli salah satu layanan hosting IDwebhostcom. Banyak yang mengatakan bahwa domain adalah kunci utama dari promosi. Padahal jika mampu mengelola subdomain dengan baik, kamu akan bisa mendapatkan popularitas yang diinginkan. Traffic pun juga akan bisa berdatangan dengan sendirinya. Banyak juga yang meremehkan peran dari subdomain itu sendiri. Padahal, domain yang satu ini bila dimaksimalkan akan membuat situs semakin professional. Tentu saja dalam pembuatan subdomain keren juga butuh waktu dan proses yang signifikan. Jika kamu ingin menciptakan sebuah domain yang bagus dan luar biasa, tentu saja ada beberapa tahapan yang harus kamu terapkan terlebih dahulu. Jangan sampai salah dalam menciptakan domain yang tepat karena hal ini nantinya akan berpengaruh pada viral tidaknya website yang kamu buat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa membuat subdomain keren dengan mudah.

Panduan Membuat Subdomain Keren Untuk Startup dan Profesional

Sebelum membuat subdomain keren, maka kamu harus menambahkan terlebih dahulu subdomain di cPanel akun hosting. Disini masuk ke cPanel dan pilih menu add subdomain. Kemudian, pilih nama subdomain yang ingin kamu buat. Jika subdomain itu sudah tersedia kini saatnya untuk mengelolanya.

Tahap #1: Pilih Nama Subdomain Yang Tepat

Subdomain keren bisa kamu ciptakan dengan pemilihan nama yang tepat. Cobalah untuk memilih nama yang benar-benar beda dibandingkan lainnya. Nama adalah cermin dari isi situs yang kamu kembangkan. Hal ini juga akan berpengaruh pada impresi para pelanggan terhadap situs yang kamu buat tersebut. Adanya sebuah subdomain yang bagus akan bisa memudahkanmu mendapatkan semua yang diinginkan. Nama yang tepat untuk berbagai kategori website, seperti produk fashion, toko online, blog informasi dan lain sebagainya bisa kamu pertimbangkan. Pilih nama yang sekiranya bisa terus keren meskipun harus menggunakannya untuk waktu yang lama.

Tahap #2: Berikan Fitur dan Tema Yang Bagus

Tips Membuat Subdomain Keren untuk Pemula
idwebhost

Subdomain keren juga bisa kamu ciptakan dengan memberikan widget, menu, background dan juga tema yang bagus untuk websitemu. Jadi ibaratkan subdomain ini sebagai web yang mencerminkan situs utama yang kamu miliki. Jika tampilannya bagus, maka kamu sendirilah yang akan untung. Jika tampilannya biasa saja, maka respon pengunjung situs kamu pun juga akan biasa saja.

Jadi kamu sendiri yang menentukan apakah subdomain keren tersebut ingin dibentuk dengan tema seperti apa. Tema yang tepat adalah yang menggunakan warna cerah karena bisa memanjakan mata visitor. Pemilihan warna gelap akan membuat situs yang terlihat membosankan.

Tahap #3: Berikan Backlink Menuju Situs Utama

Subdomain keren juga bisa kamu ciptakan sebagai promosi tambahan agar pengunjung lebih bisa mengenal website utama yang digunakan. Dari sinilah kamu bisa mencoba untuk memberikan backlink di subdomain tersebut yang nantinya akan menuju website utama dari situs yang kamu pilih.

Dengan cara inilah maka akan bisa menciptakan sebuah web yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Dengan terciptanya domain yang keren maka banyak sekali manfaat yang nantinya akan bisa kamu peroleh. Jika nanti subdomain sukses memberikan banyak traffic, maka hal ini juga akan langsung bisa berimbas pada performa situs utamamu.

Tahap #4: Tunjukan Bahwa Subdomain Pun Tak Kalah Canggih Dengan Situs Utama

Subdomain keren bisa dibuat jika kamu memiliki mindset bahwa web subdomain tersebut tidak akan kalah canggih dengan situs utama yang kamu buat. Kecanggihan dari web subdomain tersebut juga harus ditunjukan dari sejumlah fitur yang ada didalamnya.

Jika perlu, kamu bisa menambahkan Live Chat agar bisa terjalin komunikasi atau interaksi antara pengunjung dan pemilik situs. Fitur lain yang mungkin bisa kamu sematkan adalah deskripsi mengenai apa situs dan fungsinya. Kemudian, kamu juga bisa memberikan formulir contact yang bisa dipakai pengunjung untuk bisa terhubung denganmu lebih mudah lagi. Hal inilah yang akan berperan besar dalam membuat situs utamamu semakin menarik dan canggih.

Tips Memilih Nama Untuk Subdomain

Tips Membuat Subdomain Keren untuk Pemula
idwebhost

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa nama subdomain keren berpengaruh besar terhadap popularitas yang didapatkan situsmu nanti. Jadi usahakan dalam pemilihan nama ini kamu benar-benar menggunakan yang tepat. Sejumlah tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih nama untuk domain jenis ini adalah memilih nama yang sesuai keguaan website itu.

Misalnya kamu hendak menciptakan blog baru dengan memakai sistem subdomain. Maka cukup nama yang kamu berikan nanti adalah blog.namadomain.com. Dari membaca nama domain tersebut, pengunjung pastinya sudah tau bahwa isi dari webmu tersebut nantinya adalah tentang informasi tambahan yang bisa mereka peroleh saat berunjung ke situsmu.

Tips kedua, terkait pembuatan nama untuk subdomain keren, kamu juga harus mempertimbangkan pilihan nama domain yang benar-benar sesuai kebutuhan. Jadi jangan buat URL terlalu panjang juga untuk subdomain keren.

Pasalnya, jika kamu membuat nama URL yang terlalu panjang, hal ini juga akan berpengaruh pada kemudahan orang untuk mengingat URL yang kamu buat tersebut. Jadi persingkat saja URL yang kamu buat pada bagian subdomain ini. Semua itu juga akan memberikan kemudahan bagimu untuk menciptakan website baru tanpa harus membeli paket hosting baru juga.

Baca Juga: Ini Dia Cara Setting Email Ms Outlook 2010 di IDwebhost

Tips ketiga, pemilihan nama untuk subdomain keren juga sebaiknya jangan nama yang membosankan. Pilih nama yang sedang ngetrend di telinga Millenials saat ini. Gunakan nama yang tidak pernah ada sebelumnya karena ini juga menjadi sebuah ide yang bagus.

Potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pemilihan nama subdomain yang tepat akan memberikan kemudahan padamu memperoleh yang diinginkan.  Di sini kamu bisa mencoba nama yang akrab di telinga generasi saat ini. Jangan membuat nama yang terlalu jadul karena websitemu nantinya dikira sudah usang atau lama.

Kesimpulan

Untuk bisa membuat sebuah subdomain keren memang perlu usaha yang nyata. Di sini kamu harus menganggap seolah subdomain tersebut adalah website utamamu. Jadi kerahkan semua passion kamu untuk membangun domain sencodary ini dengan sekuat tenaga.

Tapi jangan lupa juga bahwa subdomain keren ini memiliki esensi yang melambangkan situs utama yang kamu miliki. Semakin bagus bentuk dan kegunaanya maka akan semakin banyak pula manfaat yang bisa kamu peroleh. Satu hal yang pasti subdomain juga tak boleh diremehkan karena keberadaanya juga tak kalah pentingnya. Jika kamu mampu membangun dengan benar, maka situs ini akan dengan mudah terindex di mesin pencari Google. Pemilihan nama yang tepat juga menjadi solusi efektif agar pada saat ada orang yang memasukan kata kunci tertentu di mesin pencari, mereka akan bisa menemukan hasil di situsmu.

Penulis
Member since 2 Jul 2013