Ini Dia Tips Membuat Blog Dengan Mudah dan Menarik

18 Nov 2022
Ini Dia Tips Membuat Blog Dengan Mudah dan Menarik campaign-unlimited

Membuat blog bisa dibilang merupakan perkara yang mudah bagi mereka yang sudah expert. Namun bagi pemula yang baru ingin memulai, mungkin membuat blog terlihat sulit. Hal ini wajar saja karena pemula belum menguasai seluk beluk dalam dunia blog. Padahal blog merupakan media yang efektif untuk berbagi informasi hingga menghasilkan uang. Dan juga melalui blog kamu bisa melakukan personal branding dan menghasilkan uang tentunya. Jika kamu ingin memiliki blog tapi belum mengatahui caranya, di artikel ini kami akan membahas tentang langkah demi langkah tips membuat blog dengan mudah.

Namun sebelumnya mungkin kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Blog. Berikut penjelasannya.

Blog Itu Apa Sih?

Secara harafiah, Blog adalah singkatan dari “web log” yang merupakan suatu bentuk aplikasi web berisi informasi beraneka macam tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Berbagai tulisan yang dimuat di blog ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau di urutan yang pertama baru diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), namun ini bukanlah hal baku dan tidak semua blog seperti ini.

Jadi secara ringkasnya, blog adalah salah satu jenis website yang memiliki isi tentang pemikiran dari satu atau banyak penulis serta memiliki urutan dari artikel terbaru hingga terlama. Blog bisa digunakan oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan traffic website mereka dengan memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization).

Well, setelah memahami pengertian blog, sekarang saatnya kami akan menjelaskan tips mudah membuat blog langkah demi langkah hingga selesai.

Tips membuat blog
Membuat blog itu mudah

Tips Membuat Blog dengan Mudah

1. Memikirkan Tujuan Membuat Blog

Ya, sebelum masuk ke hal teknis, kamu harus melalui langkah yang pertama ini terlebih dahulu. Sebelum membuat blog, kamu harus memikirkan tema, konsep, dan materi apa yang ingin tulis di blog. Karena bisa dibilang konten merupakan nyawa dari suatu blog.

Setelah itu pikirkan juga tujuan membuat blog, apakah untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau melakukan promosi produkmu hingga untuk menghasilkan uang secara langsung. Memikirkan tujuan ini sangat penting.

Ada beberapa saran yang bisa dijadikan bahan renungan sebelum kamu memutuskan tema, konsep dan topik yang akan kamu pakai di blog yaitu :

  • Jangan ambil tema atau topik yang tidak kamu kuasai
  • Jangan ambil tema atau topik yang tidak membuatmu tertarik
  • Ambil tema atau topik yang tidak banyak dipikirkan oleh orang lain

2. Memilih CMS yang sesuai

Kemudian tips membuat blog yang kedua adalah kamu harus menentukan ingin menggunakan CMS (Content Management System) seperti apa. Saat ini ada banyak jenis platform yang dapat digunakan untuk membuat blog, seperti WordPress, Blogger, Drupal dan platform lainnya.

Tips membuat blog
WordPress

Dengan platform tersebut, tips membuat blog akan lebih cepat dan efisien. Berdasarkan survei dari BuiltWith, WordPress merupakan CMS yang paling populer dan banyak digunakan, yaitu sebesar 53%.

3. Memilih Nama Domain dan Hosting

Memilih nama domain dan hosting merupakan bagian terpenting yang dapat menentukan masa depan blog. Jadi harus dilakukan secara berhati-hati.

Hosting merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan file blogmu. Tanpa adanya hosting, domainmu tidak dapat menampilkan konten seperti tulisan, gambar dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan hosting dengan harga murah dan paling menguntungkan di IDwebhost. Jangan pernah menggunakan hosting gratis karena banyak memiliki kekurangan yang merugikan.

Sedangkan domain adalah alamat dari blogmu, sama seperti www.Idwebhost.com. Kamu juga bisa membeli domain di Idwebhost yang menyediakan nama domain dengan ekstensi .com, .net, .info, .org, co.id, .id, dan lain-lain. Domain juga sangat penting karena ini merupakan daya tarik bagi pengunjung untuk datang dan melihat blog atau websitemu. Jadi pastikan nama domain yang kamu buat unik dan menarik.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih nama domain blog yang diinginkan adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan nama domain sesuai dengan topik blognya,
  2. Mudah ditulis, diingat, dan diucapkan,
  3. Sebisa mungkin gunakan TLD .com jika membeli domain, Jangan gunakan nama domain yang aneh-aneh
  4. Hindari penggunaan tanda titik(.), strip(-), angka, dan underscore (_).

4. Menentukan template blog

Setelah menentukan hosting dan domain, kamu perlu membuat template yang cocok dan sesuai dengan karakteristik blogmu. Hal ini penting karena akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat berada di websitemu. Ya, betah atau tidaknya pengunjung di websitemu ada pengaruh dari template.

Template yang bersih rapi, nyaman, dan yang tidak membuat sakit mata jika dilihat dalam waktu lama adalah hal yang harus diutamakan. Karena dengan template yang seperti itu akan membuat pengunjung betah dan mau kembali ke blogmu. Template sendiri kini sudah tersedia secara gratis Internet, walaupun tentu saja akan lebih bagus menggunakan template berbayar.

Lalu bagaimana caranya agar blog saya bisa dikunjungi banyak orang? berikut tipsnya.

Tips Agar Blog Diminati Pengunjung

Tips membuat blog
Pikirkan tujuan membuat blog

1. Menjadi Berbeda dengan Blog lain

Tips membuat blog yang menarik untuk dibaca yang pertama adalah dengan membuat blog yang berbeda dari blog pada umumnya. Kamu harus memberikan kesan pertama yang menarik dan berbeda bagi para pengunjung.

Untuk memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung, kamu perlu membuat desain yang berbeda dengan blog pada umumnya.

Selain desain tampilan, kamu juga harus membuat konten style yang berbeda dengan blog lainnya. Usahakan isi blog mudah untuk dipahami sehingga pengunjung menjadi lebih tertarik untuk selalu mengunjungi blogmu. Selain itu, buatlah judul blog yang menarik dengan isi artikel berjudul menarik pula. Dengan hal ini, maka bisa dipastikan jika blogmuakan ramai dikunjungi setiap harinya.

2. Membuat konten yang unik dan menarik bagi pengunjung

Tips membuat blog yang menarik bagi pengunjung selanjutnya adalah membuat konten blog yang menarik dan unik. Ya, semakin unik konten yang kamu miliki pasti akan semakin ramai pengunjung dan peminat terhadap blogmu. Usahakan konten unik yang kamu buat harus selalu konsisten agar pengunjung blogmu tetap ramai

3. Menyempurnakan Desain Blog

Tips membuat blog yang menarik yang ketiga adalah dengan menyempurnakan desain pada blog. Pada saat awal membuat blog maka desain blog hanya sebuah desain standar saja. Kamu harus menyempurnakan desain blog ini agar pengunjung bisa betah dan semakin ramai seperti menambah widget, atau fitur lainnya.

Itu dia beberapa tips mudah membuat blog secara menarik dan bisa ramai pengunjung. Jika kamu ingin meningkatkan blog menjadi website tapi kamu bingung cara buat web, kamu bisa mengunjungi link tersebut.

Penulis
Member since 2 Jul 2013