7 Tips Membuat Blog yang menarik dan Keren

7 Nov 2022
7 Tips Membuat Blog yang menarik dan Keren campaign-unlimited

Bagi kamu yang telah lama berkecimpung di dunia blog, mungkin membuat blog yang menarik dan keren bukanlah masalah besar. Namun bagi kamu yang berstatus sebagai blogger pemula mungkin butuh lebih banyak pencerahan tentang hal ini.

Sebagai newbie yang ingin mulai berkecimpung sebagai blogger tentu penting untuk mempelajari bagaimana membuat blog yang menarik dan keren. Tujuannya apa? Tentu saja agar blogmu semakin menarik sehingga bisa memperoleh banyak pengunjung.

Banyak yang berpikir bahwa membuat blog adalah kegiatan membuang waktu saja, tapi tahukah kamu melalui blog, kamu bisa menuangkan ide serta kreativitas. Selain itu, blog juga bisa menjadi salah satu mesin penghasil uang tambahan loh. Oleh karena itu, membuat blog yang menarik sangat penting jika kamu ingin serius dalam membuat blog.

Blog yang menarik dan keren itu seperti apa?

Menarik dan keren memang bisa memiliki pemahaman yang berbeda bagi setiap orang, namun secara umum blog yang menarik dan keren adalah blog yang memiliki tampilan bagus dengan jalan mempercantik templatenya sehingga enak dipandang, mulai dari warna, tata letak, widget dan segala pengaturan di dalamnya.

Berikut ini akan kami jelaskan cara membuat blog yang menarik dan keren bagimu yang baru ingin memasuki dunia blogger atau pemula.

1. Memilih platform yang sesuai untuk

Bagi kamu pemula yang ingin membuat blog, langkah pertama yang dilakukan agar bisa membuat blog yang menarik dan keren adalah menentukan platform yang ingin digunakan. Platform disini merupakan penyedia website atau blog yang bisa digunakan.

Blog yang menarik dan Keren
Pemilihan platform sangat penting

Saat ini ada 3 platform blog yang cukup populer dan direkomendasikan, yaitu blogspot, WordPress.com dan WordPress.org. Ketiganya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing yang wajib dipelajari terlebih dahulu di sini. Dalam cara mendesain blog bagi pemula setiap platform ini juga mempunyai panduan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya semua platform bisa digunakan dengan mudah.

2. Mencari tema atau topik yang menarik untuk blog

Cara kedua adalah dengan mencari tema atau topik yang menarik untuk dimuat di blog. Tema blog ini sangat penting karena tema merupakan bagian paling vital bagi sebuah blog. Seperti blog www.idwebhost.com yang tema nya adalah seputar domain, hosting blog hingga website

Banyak yang memiliki anggapan bahwa tema blog yang menarik hanya beberapa saja, tapi tahukah kamu dengan perkembangan teknologi dan berbagai aspek kehidupan yang kian semakin modern hampir setiap tema bisa menjadi menarik. Tema yang menarik ini harus bisa juga dikemas secara menarik sehingga menarik jumlah pengunjung yang besar dan banyak.

Blog yang menarik dan keren
Tema dan topik yang menarik akan membuat blog juga semakin menarik dan meningkatkan jumlah pengunjung

3. Mengganti template blog

Setelah memilih tema atau topik serta membuat konten yang menarik, aspek selanjutnya yang bisa kamu tingkatkan adalah mengganti template blog. Walaupun template yang bagus dan menarik berbeda-beda bagi setiap orang karena perbedaan selera, tapi umumnya orang akan menyukai tampilan template blog yang rapi, enak dilihat dan nyaman.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan template yang digunakan. Untuk bisa memiliki template blog yang menarik dan bagus layaknya blogger professional seperti tipikal diatas, kamu harus berani merombak semua template. Tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya. Lalu bagaimana caranya? Kamu bisa merubahnya dengan mudah dengan cara mengganti template bawaan yang baru.

Bila kamu menggunakan platform blogspot, bisa merubah template dengan download dari situs btemplates.com . Setelah di download, kamu bisa masuk ke blogspot dan mengganti template disana dengan cara mengupload template yang sudah kamu download tersebut.

Sedangkan untuk yang menggunakan platform WordPress,  bisa mengunjungi beberapa website seperti themeforest.net, mythemeshop.com, oketheme.com dan theme-id.com. Walaupun jenisnya berbayar, membeli template di website tersebut akan membuat tampilan website menjadi semakin professional. Dan dengan memakai template berbayar akan disediakan file documentation yang dari situ kamu bisa belajar cara pengaturannya. Selain itu kamu juga memiliki kesempatan bertanya langsung lewat email pada pencipta template tersebut.

4. Kenali fitur-fitur dasar dari platform yang dipilih

Langkah selanjutnya untuk membuat blog yang menarik dan keren adalah mengenali dasar-dasar dari platform yang kamu pilih. Setiap platform pastinya mempunyai aturan, sistem dan berbagai fitur tersendiri dalam menjalankan sebuah blog. Jika kamu ingin mahir mendesain blog untuk menjadi menarik, maka perlu kamu perlu tahu dasar-dasar cara kerja platform tersebut. Dengan menguasai hal ini, maka kamu pasti bisa mengembangkan dan membuat blog menjadi menarik dan mempunyai banyak pengunjung.

5. Menata warna serta style dari template

Cara selanjutnya untuk membuat blogmu menjadi menarik dan keren adalah menata serta mengatur warna dan style dari template. Mulai dari latar sidebar, gambar dan semua warna yang ada dalam template bisa kamu ubah menjadi bagus.

Ya, karena harus diakui permainan warna cukup penting dan akan mempengaruhi mood dari pengunjung. Kamu bisa mengubah semua hal ini dengan cara mengunjungi “Inspect Element” di menu dashboard blog. Di sana kamu bisa melakukan inspeksi pada elemen dari penataan sebuah blog yang dengan kita bisa melakukan beberapa perubahan sesuai yang diinginkan.

6. Menulis artikel yang SEO friendly

Walaupun kamu telah melakukan semua tips diatas, namun jika artikel atau konten yang kamu tulis tidak SEO friendly semua akan percuma. SEO bertujuan membuat blog mudah terindeks oleh search engine. Jika kamu telah melakukan semau tips diatas, ditambah menulis artikel yang SEO friendly dijamin blogmu akan ramai pengunjung dan traffic nya akan terus meningkat dari hari ke hari.

7. Memilih dan melakukan instalasi hosting serta domain

Cara membuat blog yang menarik dan keren selanjutnya adalah dengan memilih dan memasang hosting dan domain yang sesuai dengan keinginan. Bila kamu kesulitan dalam membuat template secara manual atau sendiri, kamu bisa mulai membuat template dengan melakukan instalasi platform yang dipilih. Instalasi ini akan memudahkanmu dalam menulis dan membuat desain blog.

Blog yang menarik dan Keren
Gunakan hosting dan domain berbayar

Selain itu kamu juga perlu memilih hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhan blog. Sebagai pemula mungkin kamu lebih tergiur menggunakan hosting dan domain gratis, namun itu tidak terpercaya. Kamu bisa mulai menggunakan hosting dan domain berbayar dengan harga murah. Hosting murah kini sangat mudah didapatkan, salah satunya bisa kamu dapatkan di PengamatHosting.

Penulis
Member since 2 Jul 2013