Tips dan Panduan Tentang Link Building SEO

22 Jul 2019
Tips dan Panduan Tentang Link Building SEO campaign-unlimited

Bagi banyak orang yang memutuskan terjun ke dunia website, tentu sangat paham bahwa SEO adalah salah satu penentu agar bisa mendapatkan ranking yang tinggi di mesin pencari. Yang diincar, apalagi kalau peringkat pertama, di halaman satu hasil pencarian. Dan untuk mencapai peringkat yang bagus di mesin pencari, konten yang bagus saja tidak cukup. Dan strategi SEO yang bisa Anda lakukan adalah link building SEO.

Apa Itu Link Building SEO?

Link building adalah proses memperoleh hyperlink dari website lain, ke website Anda sendiri. Hyperlink (kemudian bisa disebut link, saja) adalah cara pengguna untuk menavigasi antar halaman di internet. Mesin pencari menggnakan link tersebut untuk meramban webs. Mereka akan meramban tautan yang ada seluruh bagian website. Banyak pakar SEO yang setuju, bahwa proses link building adalah hal yang menuntut ketekunan lebih.

Tips Melakukan Link Building

Tips link building SEO yang pertama adalah link antar web sendiri. Blogger yang menjalankan SEO secara serius, umumnya akan memiliki banyak website atau blog. Beberapa dibuat untuk menjadi calon pengganti blog lama yang mulai jenuh dengan niche yang sama, ada juga yang sengaja dibuat sebagai bayangan untuk website yang sudah menuai hasil supaya hasil tersebut tidak terputus dan dapat berkelanjutan.

Maka, memberikan link antar website sendiri dapat menjadi cara yang cukup mudah dan murah. Tentu saja dengan mengikuti petunjuk untuk tidak saling memberikan link yang bersifat reciprocal dan diberikan dari website yang menggunakan hosting yang berbeda untuk menghindari jejak digital.

2. Memilih SEO Specialist

Tips link building SEO yang kedua. Anda dapat menemukan banyak sekali penawaran jasa SEO di forum-forum bisnis online. Tak hanya lokal, tapi dari juga ada yang luar negeri.

Harga layanan, umumna menentukan kualitas pada jasa yang diberikan. Backlinks yang berkualitas tinggi juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi pula untuk didapatkan, baik secara teknis maupun biaya. Artinya semakin langka dan sulit untuk sebuah link diberikan oleh website, akan semakin bagus jika website Anda memilikinya.

Untuk blog post misalnya. Alih-alih memilih layanan yang mempunyai banyak rating dan testimoni, lebih baik Anda mencari SEO specialist baru, atau startup dengan testimoni yang lebih sedikit. Sebab, bahwa dengan banyaknya testimoni tentu menandakan telah banyaknya orang yang telah menggunakan jasa tersebut. Ini berarti OBL score nya akan besar sehingga link juicenya akan menjadi lemah. Dan hal ini harus Anda hindari.

Hal yang mirip juga berlaku pada jasa PBN (private blog network) yang menawarkan berbagai macam layanan. Dari harga yang murah meriah hingga group odong-odong yang tidak dikelola dengan benar oleh adminnya. Padahal PBN bukanlah sesuatu yang murah sehingga jika layanan tersebut ditawarkan dengan harga murah kualitasnya dapat dipertanyakan.

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO Pada Web Anda

3. Private Negotiation

Tips link building SEO yang ketiga adalah private negotiations. Ketika kita sudah siap untuk mencari sejumlah backlinks, berarti kita juga telah siap untuk mengeluarkan sejumlah uang, maka sudah selayaknya Anda untuk bersikap selektif. Faktanya adalah, link-link terbaik justru berasal dari negosiasi yang terjadi di belakang layar  secara privat. Baik di forum ataupun marketplace. Banyak yang sudah membuktikannya sendiri

Percayalah, ada banyak sekali SEO specialist yang mau meladeni permintaan bermacam-macam dari klien untuk jasa SEO secara private. Baik di forum maupun marketplace. Langkah pertama bisa Anda mulai dengan memakai layanan yang ditawarkan untuk meningkatkan kepercayaan mereka kepada Anda. Selanjutnya, Anda bisa menghubungi langsung SEO specialist tersebut dengan menjelaskan kebutuhan dan keinginan Anda.

Minta mereka untuk mengirimkan pricelist blog yang dimiliki untuk Anda periksa teliti satu demi satu. Jika ada yang cocok, Anda bisal melakukan pemesanan. Lalu ingatkan juga mereka untuk mengirimkan daftar blog-blog baru yang mereka buat di waktu yang akan datang sehingga kita menjadi orang pertama yang mengetahuinya. Ulangilah langkah-langkah tersebut kepada banyak penyedia jasa sehingga Anda memiliki pilihan yang lebih beragam.

Spy backlinks adalah tips link building SEO yang keempat. Apabila Anda sudah terbiasa dalam melakukan kontak via japri dengan berbagai pihak, maka Anda dapat dengan mudah melakukan tips Spy backlinks. Spy backlinks yaitu mengintip link-link web kompetitor, untuk mencari sebuah kata kunci dan melakukan sabotase atau menjadikannya sebagai referensi dalam melakukan pencarian links.

Note: tips ini hanya dapat anda lakukan dengan bantuan tools SEO yang dapat mengecek backlinks dengan cepat seperti Semrush dan Ahrefs.

Cara melakukannya yaitu dengan melihat daftar backlinks dari website yang berada di posisi teratas untuk kata kunci yang ingin dioptimasi. Carilah website non authority yang dibuat oleh orang-orang yang sama seperti Anda. Jika sudah ketemu, anda periksa semua backlinks yang di email website tersebut dan mulai pelajari sumber-sumbernya. Anda akan terkejut dengan backlinks-backlinks bagus yang dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk webste milik kita.

Darisini, Anda dapat mulai melakukan kontak pada website-website yang memberikan backlinks agar mereka juga dapat memberikan beberapa backlinks yang sama kepada Anda, baik secara gratis ataupun berbayar. Secara prinsip, jika mereka bisa memberikan backlinks kepada kompetitor Anda, maka mereka pun dapat memberikan backlinks kepada Anda.

Opsi lainnya yaitu dengan mencari situs lain yang mirip dengan situs yang memberikan backlinks kepada kompetitor Anda melalui pencarian related situs yang juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan tools SEO. Temukanlah yang lebih baik, kontak mereka, kemudian dapatkan backlinks, kami jamin Anda dapat mengalahkan kompetitor dengan lebih mudah.

Link Building SEO yang terakhir. Pro dan kontra antara pemilik situs mengenai link mana yang lebih bagus untuk SEO sudah terjadi sejak lama. Masing-masing memiliki prefensi atau seleranya sendiri. Demikian juga kami, tentu saja kami akan memberikan daftar prioritas berdasarkan pendapat kami yang sesuai dengan tema utama , yakni yang tidak cepat dimakan atau ketinggalan zaman. Untuk itulah, link-link dari website .EDU dan .GOV yang lumayan populer tersebut tidak dimasukkan ke dalam daftar prioritas. Demikian pula dengan high authority profile, press release, wiki paul angela dan article directories.

Tentu banyak yangpernah memakai link-link model diatas, sebelumnya dalam rangka untuk eksperimen. Tetapi demi melihat hasilnya yang tidak sesuai seperti yang diharapkan, sudah lama sekali kami tidak menggunakannya. Jika pun masih, semuanya kami letakkan sebagai backlinks di tier 2.

Meski demikian, alasan terkuat yang membuat kami tidak memasukkan jenis-jenis backlinks diatas dikarenakan seluruhnya sudah terlalu saturated alias jenuh. Kemungkinan besar, hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum semuanya menjadi korban amarah Google yang menyebabkan penalti atau banned. Maka dengan membuang seluruh teknik diatas dalam daftar prioritas, Anda hanya menyisakan Blog post, Forum dan comment links saja. Dan sudah pasti, ketiganya akan dibahas secara mendetail.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat dari IDwebhost mengenai tips trik dan panduan link building SEO untuk menambah wawasan dan mengembangkan bisnis anda. Kami juga menyediakan berbagai layanan seperti domain yang murah, jasa pembuatan website, hosting berkualitas, VPS hosting, Dedicated server hosting, dan lain sebagainya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda ya!