Web Host vs ISP : Apa Perbedaannya?
Blog Tips Keren Web Host vs ISP : Apa Perbedaannya?

Web Host vs ISP : Apa Perbedaannya?

webhostvsisp-56c79e1c5f9b5879cc42182b

Saat Anda memulai perencanaan bisnis online baru, akan ada banyak istilah yang tampaknya memiliki makna yang sama. Salah satu yang paling umum dan menyebabkan kebingungan adalah memahami perbedaan antara web host dan ISP (Internet Service Provider). Ini adalah dua hal yang berbeda namun sama-sama menjadi layanan penting yang diperlukan saat memulai bisnis online. Perbedaan utamanya adalah web host merupakan tempat dimana Anda akan mengunggah file situs web, sedangkan ISP adalah layanan yang akan Anda gunakan untuk terhubung ke internet. Mari kita lihat lebih dalam tentang web host dan ISP berikut ini.

Web Host

Web host adalah tempat situs web Anda akan ditayangkan. Meskipun terlihat sangat banyak, namun situs Anda sebenarnya hanyalah sekumpulan file. Saat situs Anda mulai ‘live’, file-file ini akan disalin ke server di kantor web host Anda dan dapat diakses oleh massa sebagai situs web Anda. Web host menjadi tempat dimana Anda mengupload halaman, gambar, video, dan segala hal lainnya yang akan Anda sertakan di situs. Anda membuat halaman, gambar, file, video, dan sebagainya di komputer lokal kemudian mengunggahnya ke web host Anda. Selanjutnya, web host akan membuatnya tersedia untuk dunia.

Web host Anda dapat berlokasi dimanapun di seluruh dunia. Sebagian besar paket web hosting cukup kompetitif akhir-akhir ini karena sebagian besar dari mereka memungknkan Anda mengunggah file dengan jumlah tak terbatas dan mendapatkan jumlah traffic yang tak terbatas. Web hosting yang lebih baik (seperti Blue Host dan GoDaddy) juga akan menawarkan dukungan pelanggan 24/7.

ISP (Internet Service Provider)

Untuk melihat situs Anda (menggunakan layanan email dan pengaturan online), maka Anda memerlukan akses internet. Di siniliah ISP (internet Service Provider) Anda dibutuhkan. Anda akan terhubung ke internet melalui modem kabel, atau router nirkabel. Koneksi ini juga akan disediakan oleh ISP. Tidak seperti web host Anda yang dapat ditemukan di manapun di seluruh dunia, ISP yang dipilih harus menjadi perusahaan yang menyediakan layanan di wilayah geografis Anda. Ini harus bisa diakses di cafe-cafe internet, atau melalui koneksi modem nirkabel dan koneksi internet kabel. Beberapa pebisnis yang sering bepergian dan memiliki gaya hidup entrepeneur tidak akan pernah membayar untuk ISP yang tidak bisa diandalkan.

Para pebisnis tersebut akan memanfaatkan jalur akses internet gratis di bandara, pusat perbelanjaan, hotel, dan perpustakaan (perhatian: Ini adalah implikasi keselamatan dan keamanan yang harus Anda ketahui jika kapanpun terhubung ke jaringan tanpa jaminan seperti menggunakan WiFi publik). Selama Anda bisa mengakses kecepatan yang cukup tinggi untuk melakukan binsnis Anda, maka penyedia itu tidak terlalu penting. Pilihan ISP Anda tidak begitu penting (asalkan Anda memiliki kecepatan yang cukup) karena koneksi hanya berfungsi membuka pintu ke internet. Pilihan untuk web host Anda jauh lebih penting. Kebanyakan orang menggunakan perusahaan telepon/ kabel lokal sebagai penyedia ISP mereka, karena dua hal ini biasanya digabungkan bersama.