Tips Menjaga Peringkat SEO Tetap Tinggi dengan WordPress
Blog Tips Keren

Tips Menjaga Peringkat SEO Tetap Tinggi dengan WordPress

12-seo-boosts8

Apa gunanya memiliki situs WordPress yang dirancang indah tanpa memiliki traffic? Anda dapat meningkatkan traffic situs dan mendominasi persaingan melalui SEO (Search Engine Optimization). Lanskap SEO mungkin terus berkembang dan mengalami perubahan, namun mereka tidak pernah mati. Jika Anda menjalankan situs berbasis WordPress, maka Anda tidak perlu bingung tentang apa yang harus dilakukan untuk menjaga peringkat SEO. Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa tips untuk membantu meningkatkan visibilitas situs WordPress Anda di hasil halaman mesin pencari.

HTTPS untuk WordPress

Google telah membuat HTTPS wajib untuk semua situs web, termasuk situs yang menggunakan WordPress. Karena dorongan agresif dari Google ke arah situs web yang aman, mungkin akan lebih banyak pekerjaan untuk pengembang situs web namun akan menjamin keamanan pengguna dengan lebih baik. Jika Anda menggunakan situs WordPress, Anda harus menambahkan HTTPS di situs sebelum peluncuran karena beralih dari versi HTTP ke HTTPS tidaklah mudah.

Setup Permalinks

Permalinks adalah alamat unik dari halaman situs web, postingan blog, gambar, dll. Untuk tujuan SEO, struktur permalink harus dapat dibaca sehingga crawler dapat dengan mudah mengakses konten. Secara default, WordPress menciptakan permalink yang tidak efisien untuk SEO. Google lebih menyukai URL yang berisi judul atau kata kunci, dan URL yang lebih pendek akan lebih baik.

Bantuan Tautan (Links)

Mesin pencari memiliki domain otoritatif yang lebih tinggi dan cara terbaik untuk membangun otoritas ini adalah melalui tautan organik yang berkualitas. Ini akan tetap penting untuk beberapa tahun ke depan dan Anda harus bekerja keras untuk membangun strategi tautan.

Link Afiliasi

Link afiliasi membantu melacak komisi atau rujukan produk/ layanan. Anda dapat menggunakan plugin afiliasi WordPress seperti Pretty Links untuk melacak link afiliasi Anda. Meskipun Google tidak begitu mengikuti tentang link afiliasi, namun link afiliasi tetap menghasilkan lalu lintas alami untuk situs Anda.

Interlinks

Usahakan untuk menambah lebih banyak hubungan internal antara satu halaman posting blog, atau bahkan halaman produk ke halaman lain di situs yang sama. Ini akan memastikan bahwa Anda menjaga pengguna di situs Anda lebih lama sehingga menyebarkan berbagai link ke seluruh situs. Ini membantu untuk membangun informasi dan struktur dalam situs Anda.

Link Eksternal ke Situs Otoritas dengan Domain Tinggi

Usahakan untuk menambah beberapa link eksternal ke situs otoritas dengan domain tinggi dalam konten untuk meningkatkan SEO. Ini membantu Google mengetahui bahwa Anda terhubung ke konten berkualitas tinggi untuk memberi pengguna informasi tambahan. Anda dapat membuat link terbuka di tab baru sehingga orang dapat kembali dan menjelajah situs Anda.

Konten yang Berkualitas

Konten tetap menjadi raja dalam sebuah situs. Mesin pencari dan pengguna menyukai konten berkualitas tinggi serta dalam bentuk yang lebih panjang. Agar dapat memberi peringkat tinggi di hasil pencarian, Anda harus memastikan bahwa artikel Anda terperinci dan berisi kata kunci yang tepat. WordPress menawarkan banyak sumber untuk membantu memperbaiki konten Anda dan membuatkan lebih dioptimalkan untuk mesin pencari.

Kecepatan Situs

Kecepatan situs adalah hal penting saat membahas mengenai SEO. Pemilik situs web memiliki waktu kurang dari 5 detik untuk melibatkan pengunjung sebelum mereka meninggalkan situs. 74% pengguna yang mengakses situs secara mobile akan meninggalkan situs jika waktu muatnya lebih dari 5 detik. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kecepatan situs dengan menghostingnya di penyedia hosting yang tepat.