Tips Memilih Sertifikat SSL
Blog Tips Keren

Tips Memilih Sertifikat SSL

ssl_certified_seal

SSL adalah Secure Socket Layer atau juga dikenal dengan TLS (Transport Layer Security). SSL adalah sebuah teknologi enkripsi (persandian) yang dibuat oleh Netscape. Teknologi ini membuat koneksi yang terenkripsi antara server atau situs Anda dengan pengunjung Anda saat pengunjung tersebut mengaksesnya. Hal ini membuat data rahasia atau data yang penting dapat terkirim tanpa khawatir ada perubahan ditengah jalan. Usaha pengambilan atau perusakan saat data dikirim akan menjadi sia-sia karena data tersebut ditransmisikan secara tersandi dan tidak bisa digunakan tanpa adanya kunci pembuka yang berada di server awal (situs Anda) dan tujuan (pengakses aslinya).

Sertifikat SSL dapat mengamankan situs web Anda dari pembajakan, sehingga aman bagi pengunjung untuk berbagi informasi rahasia dengan Anda. Memilih sertifikat SSL yang tepat untuk bisnis Anda adalah keseimbangan antara biaya, kenyamanan, dan kepercayaan diri. Berikut adalah tips bagi Anda dalam memlih sertifikat SSL yang tepat untuk bisnis online.

Apakah Kualitas Sertifikat SSL Juga Berdasarkan Biaya?

Perusahaan yang menawarkan sertifikat SSL biasanya menggunakan proses validasi secara otomatis hingga mengontrol verifikasi nama domain Anda. Sertifikat SSL dengan biaya yang lebih tinggi dapat melakukan verifikasi bisnis dengan meminta sertifikat SSL melalui validasi domain. Untuk menghitung biaya atau manfaat yang dapat Anda peroleh dari sertifikat SSL yang memiliki biaya tinggi, Anda dapat mempertimbangkan berapa banyak transaksi yang akan hilang dari Anda karena kurangnya kepercayaan pada situs web Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak jaminan dari penyedia SSL, pertimbangkan untuk menggunakan GeoTrust SSL Certificates. Tentunya, biaya yang tinggi akan menentukan kualitas sertifikat SSL yang Anda miliki.

Saya Harus Membeli SSL Dari Web Hosting Atau Registrar?

Banyak penyedia web hosting dan registrar yang menawarkan sertifikat SSL sebagai layanan paket atau add on. Ini adalah cara yang cukup mudah dan nyaman dalam mengamankan situs Anda. Otoritas sertifikat SSL seperti RapidSSL, GeoTrust, dan Symantec mengkhususkan diri dalam SSL dengan teknologi yang aman. Bila Anda menambahkan SSL untuk paket Anda, pastikan Anda memilih web hosting atau registrar yang dikenal sebagai penyedia keamanan yang cukup baik.

Kapan Anda Membutuhkan Jaminan Yang Lebih Tinggi?

Sertifikat SSL hanya dapat mengontrol domain yang divalidasi. Hal ini tidak dapat menjamin pengunjung bahwa situs web dioperasikan secara sah dan merupakan bisnis yang diverifikasi. Indikator keamanan dasar dari SSL dapat dipalsukan oleh penipu. Jika Anda khawatir tentang penipuan dan hilangnya kepercayaan pelanggan, Anda memerlukan sertifikat SSL dengan tanda kepercayaan yang diverifikasi seperti Sertifikat SSL dengan EV. Extended Validation atau EV memungkinkan Anda untuk mendapat nilai lebih, dimana pengunjung pada website Anda dapat langsung mengetahui pengelola website. Pengelola website dapat dilihat pada Adress Bar yang akan berubah menjadi warna hijau yang merupakan level keamanan tertinggi pada browser. Hanya sertifikat jenis EV yang dapat menampilkan warna hijau pada bar di level keamanan tertinggi. Jika Anda membutuhkan lebih banyak jaminan dari penyedia SSL, pertimbangkan menggunakan GeoTrust SSL Certificates dan TrueBusinessID dengan Extended Validation (EV).