Blog Tips Keren

Tips Memilih Penyedia Web Hosting Yang Tepat

Sekarang ini sangat mudah untuk menjangkau klien potensial dan mempertahankan pelanggan yang terlibat dalam bisnis melalui blog dan website. Karena alasan inilah, banyak pemilik bisnis yang lebih suka memiliki blog atau website mereka sendiri. Sayangnya, banyak dari pemilik usaha yang hanya berfokus dalam membuat konten yang baik namun lupa untuk memilih web hosting yang sesuai. Mereka tidak mengevaluasi kebutuhan website dengan baik dan biasanya berakhir dengan pilihan web hosting yang salah.

Konsekuensi Saat Memilih Penyedia Web Hosting Yang Salah

Tujuan utama dari bisnis adalah untuk membuat keuntungan yang maksimum. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa terjadi jika Anda tidak memilih penyedia web hosting yang tepat.

–          Pelanggan dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda saat peringkat situs tinggi di hasil pencarian. Ini adalah tujuan utama dari pemasaran konten. Namun, jika situs sedang down karena penyedia web hosting yang salah, maka peringkat akan berpengaruh. Ini menyebabkan website Anda semakin sulit ditemukan oleh pelanggan.

–          Klien potensial Anda akan mengalami kesulitan dalam mempelajari layanan atau produk dan mengakses postingan blog jika situs Anda turun. Jika Anda memiliki sebuah toko online, penjualan juga akan terpengaruh dan pada saatnya akan mempengaruhi penghasilan.

–          Penyedia web hosting yang tidak tepat akan berpengaruh pada dukungan teknis dan keamanan dari website Anda. Ini membuat website Anda tidak aman dan semakin mudah untuk dibajak.

Cara Memilih Penyedia Web Hosting Yang Tepat

Memilih penyedia web hosting yang tepat dapat menjadi tugas yang berat karena sebagian besar perusahaan berjanji untuk memberikan 99% uptime, sumber daya terbatas, dan dukungan yang luas. Namun, ada cara mudah untuk memilih web hosting sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda.

  1. Harga

Meskipun banyak dari kita yang memlih penyedia web hosting berdasarkan aspek ini, namun seharusnya ini tidak menjadi faktor penentu utama. Bukan ide terbaik untuk mengambil tawaran web hosting dengan harga termurah, terutama jika Anda ingin menghasilkan uang dari situs tersebut. Lihatlah fitur yang disediakan oleh penyedia dan kemudian bandingkan harganya dengan penyedia web hosting lainnya.

  1. Titik Fokus

Beberapa penyedia web hosting menyediakan rencana besar untuk bersama. Tetapi, mereka tidak memiliki solusi yang tepat untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda. Beberapa yang lain menawarkan solusi enterprise yang sangat baik, tetapi mungkin mereka tidak tepat untuk blog kecil. Jadi, selalu lihat bidang keahlian atau spesialisasinya sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Spesifikasi Teknis

Pertama, Anda harus memahami apa yang Anda inginkan dari situs. Jika Anda ingin membuat situs e-commerce, blog, atau konten yang menarik serta video, maka tidak dianjurkan untuk menggunakan paket hosting yang murah. Paket hosting tersebut mungkin tidak memiliki cukup RAM, ruang disk, dan daya proses untuk melayani kebutuhan Anda. Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk berurusan dengan masalah downtime. Untuk itu, perhatikan spesifikasi teknis dari masing-masing penyedia web hosting.

  1. Dukungan Pelanggan

Ketika situs Anda mengalami downtime, Anda harus dapat berbicara dengan penyedia hosting secara nyata. Mereka harus dapat menemukan apa yang salah dan segera memperbaikinya. Jadi, selagi mencari penyedia hosting, Anda harus memilih salah satu penyedia yang memiliki reputasi baik dalam memberikan dukungan pelanggan.

  1. Hardware

Anda perlu mencari tahu tentang jenis mesin yang digunakan oleh penyedia web hosting. Menggunakan hardware (perangkat keras) yang tepat adalah hal penting, karena memiliki dampak langsung terhadap kinerja situs dan server.