Tips Keamanan Online Terbaik untuk Startup
Blog Tips Keren Tips Keamanan Online Terbaik untuk Startup

Tips Keamanan Online Terbaik untuk Startup

Setiap tahun, hampir 300 juta orang mencoba untuk meluncurkan lebih dari 150 juta startup untuk melebarkan sayap pada impian mereka. Namun, hanya sepertiga dari mereka bertahan untuk terus berjuang dan menjadi operasional. Ada berbagai alasan yang membuat startup turun; keamanan online yang lemah seharusnya tidak menjadi salah satu faktornya.
Jika Anda berencana untuk meluncurkan startup baru dengan berfokus memberikan jasa online, pastikan Anda ingat tips keamanan berikut untuk memastikan bahwa impian Anda tidak bernasib malang.

4

Mekanisme Enkripsi dan Firewall
Lindungi enkripsi data online situs web dari hacker online dan penjahat cyber. Jika Anda berniat untuk mengumpulkan informasi pribadi seperti rincian rekening bank, nomor kontak, alamat, dan lainnya dari karyawan dan konsumen Anda, maka dianjurkan untuk mengenkripsi situs web Anda sesegera mungkin. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan sertifikat SSL untuk situs web Anda sesegera mungkin.
Seiring dengan enkripsi, maka instal mekanisme firewall yang berkualitas tinggi di situs web Anda untuk melindunginya terhadap serangan virus dan menyingkirkan semua jenis kesalahan kinerja.

Hosting untuk Situs Web Startup Anda
Ada berbagai jenis layanan web hosting di pasaran, tetapi Anda harus memilih salah satu yang dapat menyimpan data situs startup Anda dengan aman dan terlindungi. Daripada memilih shared hosting plan yang murah, pilihlah server yang jauh lebih aman dan terpercaya.

Buat Kebijakan Keamanan Anda untuk Diketahui Semua Karyawan
Setelah Anda mulai beroperasi, akan ada banyak karyawan baru bergabung di startup Anda dan mengerjakan tugas yang berbeda. Sebelum tahap itu datang, siapkan kebijakan keamanan Anda untuk diketahui oleh semua orang. Kebijakan tersebut harus memiliki aplikasi yang jelas dan plugin haruslah terinstal, orang akan memiliki akses ke informasi penting dan mengunci akun, dan semua faktor lain yang Anda pikir dapat mempengaruhi keamanan startup Anda.
Jika Anda memiliki pengetahuan yang sangat terbatas tentang masalah keamanan, sewalah konsultan keamanan cyber dan gunakan keahlian mereka untuk menulis kebijakan keamanan yang tidak terlalu rumit.

Lindungi Identitas Online Anda
Orang percaya beberapa brand seperti Amazon, Facebook, Google, Apple, Samsung, dan lainnya karena mereka membawa tingkat kredibilitas yang tinggi. Jika penipu menyadari kelemahan keamanan cyber dan mencoba menggunakan nama mereka untuk mendapatkan uang tunai secara cepat, penipu bisa dengan mudah menghasilkan jutaan dolar dalam waktu singkat. Brand-brand ini menyadari fakta ini, itulah mengapa mereka mematenkan nama brand mereka. Dengan demikian, mereka telah melindungi diri terhadap siapa pun yang mencoba untuk menggunakan brand mereka tanpa izin mereka.
Sebagai pemilik startup, Anda perlu mematenkan startup segera dan menjaganya dari orang atau badan yang menggunakan nama startup Anda tanpa izin. Carilah penyedia layanan terpercaya yang dapat membantu Anda dengan pencarian hak paten dan membuat penjelajahan Anda lebih mudah dan bebas.

Gunakan Password yang Kuat
Ingat bagaimana hacker mengambil kendali dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dan akun Twitter Wakil Presiden Kongres, Mr Rahul Gandhi baru-baru ini? Dunia telah melihat banyak upaya hacking situs dan akun media sosial dalam 15 bulan terakhir. Gunakan password alpha-numeric yang kuat jika Anda tidak ingin situs web Anda masuk dalam daftar hacking. Selanjutnya, terus ubah password dari situs startup Anda, akun media sosial, dan akun email setiap 15 hari untuk lebih amannya.

Latihlah Karyawan Anda dalam Praktik Keamanan Cyber Terbaik
Bahkan setelah mengikuti semua tips yang disebutkan di atas, satu hal yang menyakitkan kebanyakan startup adalah karyawan mereka kurang dalam pengetahuan keamanan cyber. Anda perlu sebuah perencanaan yang tepat untuk melatih karyawan Anda mengenai praktik keamanan cyber terbaik. Survey berkala yang berisi pertanyaan berkaitan dengan praktek keamanan dan ancaman cyber terbaru dapat membantu Anda menilai pengetahuan mereka serta mempersiapkan modul yang relevan untuk meng-upgrade hal tersebut.
Jika Anda ingin bertahan di dunia dot-com, Anda harus terus meng-update keamanan cyber terbaru dan menerapkannya segera.