Tips Jitu Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online!
Blog Tips Keren

Tips Jitu Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online!

nama domain

Memilih nama domain yang tepat sangat penting untuk bisnis. Reputasi Anda mungkin ditentukan pada saluran, pangsa pasar di niche Anda, pengenalan merek domain, pendapatan penjualan, dan keuntungan, hanya untuk beberapa nama. Intinya bahwa pemilihan nama domain tetap selalu menjadi penting, bukan sekedar masalah sepele. Jika tidak, kerja keras yang telah Anda lakukan mungkin bisa menjadi sia-sia.

Dimana bisa membeli nama domain?

Pada umumnya terdapat tiga (3) cara untuk membeli nama domain:

  • Langsung dari penyedia web hosting (seperti IDwebhost.com, GoDaddy.com, atau Nameheap.com).
  • Layanan nama domain independen untuk orang-orang yang memiliki server sendiri.
  • Membeli nama domain yang telah habis waktunya (expiring) melalui lelang atau proses bidding pihak ketiga.

Memilih nama domain yang tepat untuk bisnis Anda

Berkat layanan WHOIS, setiap penjual nama domain (atau reseller) harus menampilkan textbox di halaman utama, di mana kita bisa memeriksa ketersediaan nama domain yang diinginkan, termasuk ekstensi domain, dan domain terkait lainnya. Idealnya, kita harus menggunakan kata kunci untuk memilih nama domain yang memenuhi dua kriteria utama:

  • Mudah diingat, terutama untuk prospek pelanggan yang sah dan pelanggan yang sudah ada.
  • Menduduki peringkat sepuluh besar (halaman utama) dari hasil pencarian mesin pencari utama.

Namun, sebagian besar pengusaha online menggunakan teknik optimasi kata kunci untuk mengakses daftar nama domain yang sesuai. Banyak ISP dan perusahaan web hosting yang menawarkan platform pencarian masal yang dapat digunakan untuk memfilter pilihan Anda secara cepat.

Brainstorming nama domain yang tersedia

Bagaimana jika nama domain yang Anda pilih tidak tersedia? Apa yang harus dilakukan? Untungnya, sebagian besar pencarian akan menawarkan alternatif lain yang mungkin cukup bagus atau lebih baik untuk mesin pencari dan profil online Anda. Alternatif ini tetap harus mengikuti kriteria penamaan yang baik, yaitu pendek, mengandung tidak lebih dari satu tanda hubung, dan menggunakan kata-kata yang mewakili website Anda, produk atau jasa. Selain itu, kita juga bisa menggunakan generator untuk mendapatkan ide-ide baru dan menemukan domain yang tersedia.

Memilih ekstensi nama domain yang tepat

Meskipun saat ini pilihan ekstensi domain hampir tidak terhitung jumlahnya, mesin pencari seperti Google dan peselancar web masih lebih suka mencoba dan benar. Untuk bisnis misalnya, bisa menggunakan ekstensi .com bila memungkinkan. Bagaimanapun, ekstensi .com tetap merupakan ekstensi paling populer, terpercaya, dan business-friendly untuk bisnis. Orang-orang merasa ekstensi .com mudah diingat, dan itulah yang harus Anda pertimbangkan, yaitu pengenalan nama.

Ekstensi .org dan .net adalah pilihan yang baik lainnya, sedangkan .info dan .biz (benar atau tidak) sering dianggap spam.

Pendaftaran nama domain

Setelah Anda memiliki nama domain, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain. Pilih perusahaan registrar nama domain yang terpercaya, karena kerumitan nama domain bisa membahayakan bisnis Anda. Ada beberapa tools yang tersedia yang bisa digunakan untuk membantu mengevaluasi perusahaan registrar domain (misal harga, pilihan layanan).

Berikut adalah beberapa hal penting dalam pendaftaran nama domain:

  • Registrant: Nama perusahaan atau individu yang memiliki domain (ini harus Anda sendiri, bukan pihak ketiga).
  • Administrative Contact: Seseorang yang berwenang untuk menangani masalah-masalah setiap hari.
  • Technical Contact: Seseorang yang ditugaskan untuk menangani masalah teknis yang terkait dengan nama domain.

Kesimpulan

Memilih nama domain yang tepat bisa membuat perbedaan besar dalam pemasaran Anda. Luangkan waktu untuk memahami proses, penelitian, dan memilih dengan bijak.