SEO: Tips Ampuh Evaluasi dan Memperbaiki Performa Website
Blog Tips Keren SEO: Tips Ampuh Evaluasi dan Memperbaiki Performa Website

SEO: Tips Ampuh Evaluasi dan Memperbaiki Performa Website

Tips ampuh evaluasi SEO atau Search Engine Optimization. Seperti halnya bisnis dan kehidupan, evaluasi SEO adalah semua yang terkait dengan peningkatan setiap waktu. Dan yang namanya improvisasi hanya mungkin terjadi ketiak segala sesuatunya dapat diukur. Mengukur SEO, bagaimanapun seringkali lebih mudah diucapkan daripada melakukannya.

Ada banyak sekali komponen dan variable dalam SEO. Terdapat beberapa metrik yang diperlukan untuk mengukur sebuah keberhasilan. Tetapi mengapa performa SEO tidak mudah untuk diukur? Sebagai permulaan, praktisi SEO akan menghadapi banyak data untuk dianalisis. Dengan begitu banyak data, seringkali sulit untuk mencapai kesimpulan secara langsung.

Data perlu mendapatkan prioritas menjadai informasi yang penting untuk sebuah website. Tidak ada dua bisnis yang memiliki strategi, sasaran, dan tujuan yang sama persis.

Data juga harus dapat dapat dilaporkan. Sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil kesimpulan. Pemasar yang cerdas akan menggunakan dasbor SEO untuk menghandle data yang sangat banyak akan meletakkan semuanya menjadi satu tampilan yang mudah dicerna.

Key Performance Index SEO

Tips ampuh evaluasi SEO

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tips ampuh evaluasi SEO, sudah pasti Anda harus memahami Key Performence Index SEO. KPI akan menjadi petunjuk Anda ketika sedang mengevaluasi SEO dan kinerja website secara keseluruhan.

Lalu Lintas Pencarian Organik

Ini adalah KPI yang berguna untuk diukur bagi perusahaan yang ingin mendapatkan pelanggan atau prospek baru. Lalu lintas pencarian organik mengacu pada kunjungan situs website yang berasal dari hasil mesin pencari dan bukan melalui iklan. Hasil penelurusan organik ditampilkan karena relevan dengan istilan penelusuran. Bukan hanya karena iklan dibeli dan ditempatkan di hasil penelusuran.

Lalu lintas pencarian organik adalah indikator yang sangat efektif untuk keberhasilan kampanye SEO. Jika konten website Anda menyertakan keyword yang seringkali cocok dengan apa yang dicari pengguna. Website tersebut kemungkinan besar muncul di halaman mesin pencarian, alias Search Engine Result Page (SERP).

Keyword Ranking

Keyword Ranking adalah seberapa baik atau buruk peringkat sebuah website, untuk kata kunci tertentu di Search Engine Result Page. Mengukur KPI ini efektif untuk menentukan, misalnya kemampuan suatu brand dalam membangun brand awareness. Semakin rendah peringkat kata kunci, semakin baik. Peringkat di halaman satu atau bahkan peringkat pertama di halaman pertama adalah yang terbaik.

Banyak faktor yang mempengaruhi peringkat kata kunci. Untuk kata kunci tertentu, hasil di halaman Google seringkali terlihat berbeda untuk setiap pengguna.

Sharing media sosial

Tips ampuh evaluasi SEO

Sharing di media sosial dapat diartikan sebagai hanya sebagai berbagi konten Anda oleh pengguna media sosial. Meskipun secara umum Google tidak mempertimbangkan hal ini sebagai pemeringkatan di mesin pencari, nyatanya konten yang dibagikan di media sosial berperan penting dalam upaya kampanye SEO Anda.

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda kepada orang lain, semakin tinggi pula kemungkinan lebih banyak orang yang melihatnya, dan akhirnya menjadi pengunjung tetap website Anda. Lebih banyak kunjungan berarti pemeringkatan website Anda secara organik juga akan semakin baik.

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda kepada orang lain, semakin tinggi pula kemungkinan lebih banyak orang yang melihatnya, dan akhirnya menjadi pengunjung tetap website Anda. Lebih banyak kunjungan berarti pemeringkatan website Anda secara organik juga akan semakin baik.

Terlebih lagi, profil media sosial dapat diindeks oleh mesin pencari. Postingan yang menarik sudah pasti akan mendapatkan banyak share di media sosial. Karena setiap tweet dan postingan Facebook dianggap sebagai jenis halaman website. Itulah sebabnya akun media sosial sering muncul di SERP bersamaan dengan website yang lain.

Konversi

Setelah banyak orang yang berkunjung ke website Anda, tentu yang Anda harapkan adalah mereka ingin terkonversi dan masuk pada saluran pemasaran berikutnya.  Jika mereka masuk ke kategori hot traffic, tentu Anda akan berharap mereka berubah menjadi pembeli. Jika masuk kategori warm traffic, kita ingin merubah mereka menjadi hot traffic.

Menetapkan nilai konversi memang tidak mudah. Tetapi jika memiliki tujuan bisnis yang jelas, maka menentukan nilai konversi dapat menjadi lebih mudah.

Cara Mengukur Performa Website

  • Pingdom (Uji Kecepatan Situs)

Situs ini akan mengevaluasi ukuran donwload dan kecepatan dari sebuah situs untuk menunjukkan semua sumber daya (gambar, CSS, Javascript, dll). Apakah ini prabayar? Situs ini menempatkan jumlah dolar untuk mendownload data pada website dan akan menunjukkan biaya dari belahan dunia. Jika Anda memiliki audiens internasional, ini akan membantu.

  • Uji Halaman Web

Situs ini bermanfaat memberikan banyak informasi dan tips meningkatkan kinerjas sebuah situs. Setelah dievaluasi, Anda akan melihat area situs yang bisa digunakan untuk memperbaikki kinerja atau perspektif ukuran download.

  • Gambar

Tips ampuh evaluasi SEO

Ukuran situs web naik sebanyak 2MB karena gambar. Salah satu cara menangani ukuran gambar secara signifikan adalah dengan mengurangi ukuran download situs halaman.

Untuk memastikan bahwa gambar itu kecil, maka ukuran file gambar raster (JPG, GIF, dan PNG) dioptimalkan untuk pengiriman web. Tujuannya adalah untuk mengurangi file sebanyak mungkin agar efek gambar tampak bagus. Format gambar baru, seperti, SVG dan Web dapat dieksplorasi untuk menurunkan ukuran keseluruhan gambar.

  • Font

Desainer memiliki akses pada berbagai tipografi pada situs yang dikembangkan dan dirancang. Setiap kali Anda menggunakan font baru pada website, maka font yang diambil dari server dan yang dimuat di halaman (sistem font tidak dimuat langsung dari komputer). Membuat beberapa font pada halaman akan berdampak pada kecepatan download.

  • Animasi

Efek animasi, seperti slideshow atau “casousel” pada homepage sebuah website, dapat menambah beberapa faktor WOW visual yang baik itu situs. Namun, untuk melakukannya perlu mengorbankan waktu download (Ingat! Salah satu gambar besar yang dimuat dihalaman, bersama dengan Javascript perlu menjalankan efek animasi)

Dari perspektif kinerja download, satu gambar/ pesan di daerah billboard homepage adalah carousal animasi. Menurut penelitian, penggunaan carousal animasi kurang efektif, yang menghilangkan efek itu dengan meningkatkan kecepatan download tanpa efek negatif secara keseluruhan.

  • Web Hosting

Unsur halaman web bukan satu-satunya dampak kinerja, karena penyedia hosting juga berperan. Alat evaluasi yang dijelaskan di atas telah memberikan saran untuk pengaturan situs web hosting Anda. Di akhir, penyedia hosting akan meningkatkan performa situs dari tingkat server.

Kesimpulan

Demikian tips ampuh evaluasi SEO. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru mengenai pentingnya evaluasi SEO dan kinerja website.

Mau website kencang dan anti downtime? Langganan hosting murah di IDwebhost aja. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.