Sosial Media dan Kemudahan Aksesibilitas
Blog Tips Keren Sosial Media dan Kemudahan Aksesibilitas

Sosial Media dan Kemudahan Aksesibilitas

media sosial

Media sosial bisa menjadi cara yang luar biasa untuk berbagi informasi dengan pelanggan Anda, menyediakan mereka dukungan penting, dan sebaliknya berkomunikasi dengan mereka.

Tapi hampir semua situs media sosial memiliki masalah pada aksesibilitas. Meskipun cukup mudah diakses oleh beberapa kelompok, tapi mereka memiliki berbagai masalah yang dapat menurunkan efektivitas dengan segmen pasar yang tidak aktif. Jika Anda ingin bisnis Anda dapat terhubung dengan semua pelanggan, Anda harus menyadari masalah ini dan solusi apa yang tersedia bagi mereka.

Anda mungkin telah mengambil keuntungan dari media sosial dengan posting video produk di YouTube, berkomunikasi dengan pelanggan melalui Twitter atau Facebook, atau melakukan salah satu dari banyak fungsi yang tersedia dalam ratusan layanan web media sosial aktif lainnya.

Meskipun hanya sedikit yang bisa Anda lakukan untuk mengimbangi masalah aksesibilitas ketika datang ke Facebook, Twitter, atau YouTube, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat berbagi informasi pada situs media sosial menjadi lebih bagi pelanggan untuk mengaksesnya.

Tools untuk Aksesibilitas Media Sosial

Hampir semua layanan utama media sosial menawarkan Application Programming Interfaces (API), yang memungkinkan programmer untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan atau berkontribusi pada layanan aksesibilitas. Berikut beberapa tools untuk aksesibilitas media sosial:

AccessibleTwitter menawarkan interface alternatif yang lengkap untuk Twitter untuk mudah diakses. Meskipun tool ini tidak melakukan apa pun untuk situs Anda secara langsung, tapi ini adalah tools yang sangat bagus untuk orang-orang penyandang disabilitas yang ingin mengakses informasi Anda yang tersedia melalui Twitter.

Easy YouTube menyediakan alternatif, dan sepenuhnya dapat diakses, interface untuk video YouTube. Player ini dapat diinstal pada web server Anda sendiri dan merombak ulang tampilan melalui CSS, tool ini menyediakan cara yang mudah bagi pelanggan untuk melihat video YouTube.

Easy YouTube caption creator adalah salah satu pembatas yang bagus untuk aksesbilitas video pada web yang kurang memiliki caption, terutama untuk pelanggan penyandang disabilitas pendengaran. Easy YouTube caption creator adalah tool untuk membuat konten yang menghasilkan format standar untuk penulisan caption yang dapat dilampirkan ke video YouTube. Sebagai tambahan, caption yang Anda buat searchable pada YouTube, sehingga itu akan membantu meningkatkan kemungkinan pengguna YouTube menemukan video Anda.

Langkah-langkah membuat media sosial mudah diakses

Apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk membuat media sosial mudah diakses?

1. Berikan caption/keterangan untuk video Anda

2. Berikan judul foto Anda secara deskriptif dan berguna

3. Jangan menggunakan singkatan atau pesan singkat pada update status Anda

4. Pastikan bahwa informasi yang Anda posting mudah diakses di media sosial juga dapat dibaca di tempat lain, termasuk blog Anda, melalui pemutar video, dan di galeri foto Anda sendiri.

Tanggung jawab penggunaan media sosial bisa membantu Anda untuk berbagi informasi dan mengumpulkan kepercayaan dan perhatian dari pelanggan. Jika Anda mengirimkan pesan, Anda juga harus memastikan bahwa semua orang bisa menerimanya.