Sering Mendapat Customer Feedback? Lakukan 5 Hal Ini
Blog Tips Keren

Sering Mendapat Customer Feedback? Lakukan 5 Hal Ini

customer feedback

Mendapatkan feedback dari pelanggan adalah suatu proses yang begitu kompleks.

Saat ini, feedback bukan hanya sebuah email yang ditinggalkan begitu saja, tetapi itu adalah pelanggan aktif yang datang kepada Anda dengan membawa saran dan ide-ide mereka. Bahkan, mereka senang berbagi wawasan dengan Anda karena mereka paham bahwa lebih banyak feedback yang mereka berika, akan semakin baik produk Anda.

Namun, sebagian besar dari feedback ini hanya berakhir begitu saja tanpa ada upaya lebih lanjut. Berikut adalah lima hal keren yang bisa Anda lakukan dengan customer feedback, untuk membuat kagum pelanggan dan karyawan Anda sendiri.

1. Arahkan roadmap produk dengan feedback

Mengutip dari ahli: Pelanggan Anda adalah bintang hanya karena mereka menggunakan produk Anda hari demi hari. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk berempati dan menempatkan diri pada posisi mereka, Anda tidak akan pernah datang dengan beberapa ide menarik yang terjadi untuk Anda “power users”.

Jadi, berhenti brainstorming dan mulailah mengikuti diskusi pelanggan pada forum. Baca tiket dukungan, dengarkan feedback, dan yang terpenting adalah mencatat semua yang Anda dengar. Tidak hanya pelanggan akan menghargai Anda karena bersedia mendengarkan dan menerapkan saran dari mereka, tetapi itu akan membedakan Anda dari pesain, sebagai bisnis yang benar-benar peduli dengan pelanggannya.

2. Membuat ‘wall of love’

Ada perbedaan besar antara mengetahui pelanggan yang benar mencintai Anda dan yang tidak. Salah satu caranya adalah dengan Buat ‘wall of love’ yang berisi semua hal-hal baik yang dikatakan pelanggan tentang Anda, produk dan layanan Anda. Kemudian buat online untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa apa yang mereka lakukan benar-benar penting. Anda bahkan dapat membuat dokumen dengan testimonial ini dan mempublishnya untuk pelanggan potensial bahwa bisnis Anda terpercaya, bagaimana Anda benar-benar peduli dengan feedback mereka.

3. Gunakan feedback sebagai referensi atau testimonial

Salah satu hal yang paling berguna yang dapat Anda lakukan dengan customer feedback adalah dengan membuat testimonial. Ini tidak hanya akan membantu meningkatkan reputasi Anda, tetapi juga memberikan keuntungan tambahan sebagai referensi untuk pelanggan. Ditambah, pelanggan dapat mengambil tips dan trik yang berguna, hacks yang dapat membantu mereka lebih baik menggunakan produk Anda dan membantu meningkatkan proses dalam melayani pelanggan lebih baik.

4. Memotivasi karyawan dengan customer feedback

Jika wall of love tampak kurang efektif, Anda bisa menggunakan cara lain dengan menyalurkan semua customer feedback melalui tool yang digunakan tim Anda, seperti Slack. Pelanggan mungkin tidak pernah tau berapa banyak Anda peduli tentang saran dan ide-ide mereka, tetapi tool seperti Slack dapat berfungsi sebagai tool motivasi yang sangat dibutuhkan dan pembangkit ide untuk tim Anda.

5. Berikan award untuk pelanggan

Berikan beberapa award bagi para pelanggan yang memberikan feedback berharga untuk Anda. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai feedback yang mereka berikan dengan serius. Dengan begitu, pada saat ide liar/saran muncul, mereka tidak akan ragu memberikan rating/bintang untuk Anda.