SEO: Tips Ampuh Evaluasi dan Memperbaiki Performa Website
Blog Tips Keren

SEO: Tips Ampuh Evaluasi dan Memperbaiki Performa Website

we performa

Pentingnya kinerja website, terkadang sering diabaikan dari situs web. Karena, setiap pengunjung situsmu akan memiliki koneksi yang cepat dan handal. Banyak dari pengunjung mencari kecepatan koneksi yang variable, karena realitas dunia semakin moblie-centric pada desain web. Mungkin saja koneksi dari pengunjung lain akan melambat.

Bahkan jika situs web memiliki kecepatan internet yang cepat, tentu ini akan menguntungkan bukan? Maka tak ada orang yang akan berkomentar baik.

Menekuni bidang website merupakan langkah penting untuk memastikan keberhasilan pada situsmu. Gunakanlah alat untuk mengevaluasi kinerja situsmu dan beberapa penyebab yang berdampak negatif.

Mengamati situsmu bekerja adalah langkah pertama untuk meningkatkan kinerja. Berikut beberapa alat yang bermanfaat untuk menilai situsmu:

  • Pingdom (Uji Kecepatan Situs)

Situs ini akan mengevaluasi ukuran donwload dan kecepatan dari sebuah situs untuk menunjukkan semua sumber daya (gambar, CSS, Javascript, dll). Apakah ini prabayar? Situs ini menempatkan jumlah dolar untuk mendownload data pada website dan akan menunjukkan biaya dari belahan dunia. Jika kamu memiliki audiens internasional, ini akan membantu.

  • Uji Halaman Web

Situs ini bermanfaat memberikan banyak informasi dan tips meningkatkan kinerjas sebuah situs. Setelah dievaluasi, kamu akan melihat area situs yang bisa digunakan untuk memperbaikki kinerja atau perspektif ukuran download.

  • Gambar

Ukuran situs web naik sebanyak 2MB karena gambar. Salah satu cara menangani ukuran gambar secara signifikan adalah dengan mengurangi ukuran download situs halaman.

Untuk memastikan bahwa gambar itu kecil, maka ukuran file gambar raster (JPG, GIF, dan PNG) dioptimalkan untuk pengiriman web. Tujuannya adalah untuk mengurangi file sebanyak mungkin agar efek gambar tampak bagus. Format gambar baru, seperti, SVG dan Web dapat dieksplorasi untuk menurunkan ukuran keseluruhan gambar.

  • Font

Desainer memiliki akses pada berbagai tipografi pada situs yang dikembangkan dan dirancang. Setiap kali kamu menggunakan font baru pada web-mu, maka font yang diambil dari server dan yang dimuat di halaman (sistem font tidak dimuat langsung dari komputer). Membuat beberapa font pada halaman akan berdampak pada kecepatan download.

  • Animasi

Efek animasi, seperti slideshow atau “casousel” pada homepage sebuah website, dapat menambah beberapa faktor WOW visual yang baik itu situs. Namun, untuk melakukannya perlu mengorbankan waktu download (Ingat! Salah satu gambar besar yang dimuat dihalaman, bersama dengan Javascript perlu menjalankan efek animasi)

Dari perspektif kinerja download, satu gambar/ pesan di daerah billboard homepage adalah carousal animasi. Menurut penelitian, penggunaan carousal animasi kurang efektif, yang menghilangkan efek itu dengan meningkatkan kecepatan download tanpa efek negatif secara keseluruhan.

  • Web Hosting

Unsur halaman web bukan satu-satunya dampak kinerja, karena penyedia hosting juga berperan. Alat evaluasi yang dijelaskan di atas telah memberikan saran untuk pengaturan situs web hostingmu. Di akhir, penyedia hosting akan meningkatkan performa situs dari tingkat server.

Kesimpulan

Situs web cepat sama dengan indah! Karena banyak orang yang mengakses website dengan perangkat mobile. Bagian penting dari pekerjaan seorang professional web adalah untuk memastikan bahwa kinerja web-mu baik. Pastikan halam yang dimuat quickly untuk semua pengguna dan terlepas dari perangkat atau koneksi cepat.