Segalanya Yang Perlu Diketahui Pemula Tentang Web Hosting
Blog Tips Keren

Segalanya Yang Perlu Diketahui Pemula Tentang Web Hosting

hosting

Di dunia sekarang ini, semuanya dilakukan secara online. Memiliki kehadiran online memungkinkan Anda menjangkau orang lain dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dan menciptakan manfaat yang jelas. Sayangnya, memulai sebuah situs web bisa menjadi tugas yang membingungkan dan menakutkan. Anda perlu menggunakan web hosting untuk mempublikasikan situs web secara online. Berikut kami telah menyediakan segudang fakta tentang web hosting yang dapat membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan.

Pilihan Web Hosting

Sebuah web hosting adalah perusahaan yang menampung ruang di server agar Anda dapat menyimpan file dan mengkoneksikan dengan orang lain untuk mengakses dan memanfaatkan situs web Anda. Ada beberapa pilihan web hosting yang tersedia dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

  1. Shared Hosting

Hosting ini sangat bagus bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis minimal dan memiliki anggaran minim. Situs Anda akan berbagi server dengan berbagai situs web yang berbeda, oleh karena itu disebut ‘shared hosting’. Karena banyak situs web lain yang dapat berada di server yang sama, situs Anda mungkin akan lebih lambat dan kurang aman. Ini adalah pilihan tepat bagi individu dengan blog sederhana atau organisasi yang baru memulai dan belum memiliki banyak traffic.

  1. Dedicated Hosting

Sedikit lebih mahal daripada shared hosting, dan biaya tambahan disertakan dengan fasilitas tambahan. Dengan dedicated hosting, situs Anda adalah satu-satunya situs yang ada di server. Ini memberi Anda lebih banyak kontrol teknis. Selain itu, situs Anda akan memiliki downtime yang lebih sedikit dan lebih aman. Jenis hosting ini sangat bagus untuk mereka yang cerdas secara teknis, atau untuk situs web yang diharapkan bisa mengumpulkan banyak traffic.

  1. VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah campuran antara shared dan dedicated hosting. Situs Anda berbagi server dengan situs web lain, namun tidak seperti shared hosting, server tersebut tidak memiliki banyak situs web dan dipisahkan ke server virtual. VPS hosting menjadi lebih umum dan lebih murah dari dedicated hosting karena website Anda akan sharing server dengan website lain yang juga menyewa hardware yang sama.

  1. Cloud Hosting

Cloud Hosting bekerja berlawanan dari VPS hosting. VPS hosting mengambil satu mesin dan membuat beberapa server virtual sementara cloud hosting mengambil beberapa mesin dan menggunakannya untuk membuat satu atau beberapa server virtual. Dengan memiliki situs web di cloud serverm Anda akan mengalami downtime yang lebih sedikit. Jika satu server macet, situs Anda masih bisa berfungsi karena server lain terubung dengannya. Cloud hosting menjadi lebih populer dan paling umum untuk situs web yang lebih besar (Google, Facebook, dll).

Memilih Penyedia Web Hosting

Setiap perusahaan web hosting harus menguaraikan informasi berikut dengan setiap jenis rencana yang mereka tawarkan.

–          Penyimpanan Data (Disk Space)

Bukan hal aneh bagi perusahaan web hosting untuk menawarkan penyimpanan data tak terbatas. Perhatikan mengenai biaya yang ditawarkan. Lebih baik memilih web hosting yang secara eksplisit menyatakan rencana penyimpanan data mereka agar tidak heran dengat tagihannya.

–          Bandwidth

Web hosting biasanya menawarkan berbagai tingkat bandwidth. Anda dapat menentukan dimana tingkat yang paling hemat biaya berdasarkan konten situs, traffic, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda.

–          Uptime

Memiliki web hosting dengan downtime paling sedikit tentu sangat ideal. Sebagian besar perusahaan web hosting akan mengklaim tingkat uptime 99,9% dan inilah yang terbaik. Periksa review dari pengguna lain.

–          Dukungan

Tim dukungan teknis /pelanggan yang hebat sangat penting dalam perusahaan web hosting. Anda dapat melakukan penelitian mengenai dukungan ini dengan melihat kebijakan mereka di situs web.