Profil Sosial Media Harus Anda Amankan Untuk Membangun Brand Pribadi
Blog Tips Keren

Profil Sosial Media Harus Anda Amankan Untuk Membangun Brand Pribadi

PPMedsos_kabarnesia

Terlepas dari apakah Anda seorang manajer, pemilik bisnis, atau hanya seorang profesional pemasaran yang peduli untuk mengelola reputasi online, Anda tetap perlu mengamankan nama kunci di sosial media dan nama domain yang tepat. Meskipun identitas profesional Anda mungkin dihubungkan dengan brand perusahaan, namun Anda tidak pernah tahu bagaimana karir Anda akan berkembang. Anda dapat mengubah perusahaan, lokasi, atau bahkan memulai bisnis Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda harus mengambil beberapa langkah sederhana untuk mengamankan aset pribadi secara online jika Anda ingin mulai membangun brand pribadi.

Mengapa Anda Harus Melakukannya?

Sekarang ini Anda mungkin berpikir jika mengamankan profil sosial media bukanlah hal yang penting. Tetapi, Anda sangat perlu untuk melakukan hal tersebut. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan Anda di masa depan. Untuk itu, mengamankan aset sosial media dan halaman profil adalah hal yang berguna untuk berjaga-jaga dan hal ini tidak akan merugikan. Sebagian besar dapat dilakukan secara gratis dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk melakukannya.

Pikirkan mengenai hal ini. Jika seseorang menawarkan Anda rumah gratis yang bisa Anda tinggali untuk selamanya, tentu Anda akan mengambilnya sebelum digunakan oleh orang lain bukan? Untuk itu, Anda perlu memiliki prinsip yang sama dengan mengamankan URL atau nama domain Anda.

Strategi Yang Dapat Dilakukan

Idenya disini adalah untuk mengamankan nama domain dan nama pengguna Anda. Jadi, jika Anda menetapkan nama pengguna di Twitter dengan @DepanBelakang, Anda juga akan mendapatkan URL Twitter.com/DepanBelakang. Misalnya, jika nama pengguna adalah @JohnSmith, maka URL akan ditetapkan menjadi Twitter.com/JohnSmith. Mengapa memiliki URL dengan nama depan dan belakang Anda adalah hal penting?

–          Mesin pencari seperti Google cenderung merekomendasikan akun dengan nama orang di dalam URL website. Ini memungkinkan mereka untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian sehingga lebih terlihat.

–          Sering menggunakan nama depan dan belakang Anda berarti juga dapat mengamankan URL Anda.

–          Username dan URL dengan nama depan dan belakang Anda akan terlihat jauh lebih profesional.

Anda dapat melihat daftar up to date mengenai situs media sosial yang populer. Kami juga merekomendasikan Anda untuk memprioritaskan beberapa sosial media berikut, meskipun tidak bergantung pada industri dan sektor profesional Anda.

Website (.com)

Dapatkan NamaDepanBelakang.com Anda. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki email sendiri untuk nama domain. Jika ekstensi domain .com tidak tersedia, Anda bisa mendaftar ke ekstensi .net, .org, .me, dan sebagainya.

Twitter

Dapatkan Twitter.com/DepanBelakang Anda. Ini juga berarti bahwa Anda akan memiliki username @DepanBelakang. Anda juga bisa memasukkan nama tengah Anda jika @DepanBelakang tidak tersedia. Jika Anda belum menggunakan Twitter, maka Anda dapat mendaftar terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasinya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak begitu memiliki kepentingan di Twitter, maka tidak apa-apa. Tetap amankan nama pengguna dan buat tweet pribadi Anda. Setidaknya dengan cara ini, Anda memiki username yang dapat digunakan jika dibutuhkan di masa depan.

LinkedIn

Mendapatkan URL LinkedIn.com/in/DepanBelakang Anda sebenarnya lebih untuk kenyamanan daripada kebutuhan. Tetapi, kami tetap merekomendasikannya karena itu akan tampak lebih profesional. Anda juga dapat membuat sebuah halaman perusahaan LinkedIn.com/Company/DepanBelakang, hanya jika Anda memutuskan untuk menggunakannya di masa depan.

Instagram

Jika Anda berada dalam bisnis yang cukup visual dan kreatif, Anda harus terhubung di Instagram. Klaim Instagram.com/DepanBelakang Anda dengan mendaftarkan sebuah akun dan menggunakan nama pengguna tersebut.