Pilihan Hosting Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Blog Tips Keren Pilihan Hosting Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Pilihan Hosting Terbaik untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Memilih hosting untuk membangun website baru bagi usaha kecil memang terkadang sulit. Hosting yang dipilih memiliki dampak yang signifikan pada kinerja dan skalabilitas sebuah website. Dalam membantu sebuah bisnis memutuskan hosting yang terbaik, kami memberikan informasi mengenai kategori hosting yang tersedia, serta apa kelebihannya dari setiap hosting. Diantaranya :

  1. SaaS

SaaS merupakan Singkatan dari Software as a Service. Layanan ini disediakan dalam bentuk perangkat lunak. Dalam bagian hosting, contoh utamanya adalah WordPress.com dan SquareSpace yang menawarkan sistem CMS (Combination Content Management) dan solusi dalam mengelola website. Layanan hosting SaaS merupakan pilihan bagus jika Anda ingin cepat dalam mengembangkan website tanpa perlu pengetahuan mengenai pengembangan web. Kekurangannya, layanan ini sering terbatas dalam hal flesibilitas. Selain itu, pengguna SaaS juga beresiko mengalami vendor lock-in atau bergantung pada penyedia layanan. Anda dapat menggunakan SaaS untuk website jika kebutuhan Anda terbatas dan tidak membutuhkan fleksibilitas yang tinggi.

  1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah bentuk paling umum dari hosting yang murah. Biasanya, shared hosting memiliki penyimpanan dan alokasi bandwith yang cukup terbatas. Kekurangan dari shared hosting adalah bahwa Anda tidak menjalankan server sendiri. Anda harus berbagi ruang dan sumber daya dengan banyak pengguna lainnya, dan karena hal inilah paket shared hosting lebih murah dari yang lain. melalui shared hosting, tentunya waktu Anda tidak terbuang untuk mengurusi server serta tidak perlu khawatir tentang apapun selain mengelola website Anda. Shared hosting harus dipertimbangkan apabila bisnis yang Anda jalani merupakan bisnis kecil dan tidak mengharapkan lalu lintas web yang besar. Ini cocok digunakan untuk startup yang tidak memiliki banyak dana untuk hosting.

  1. Dedicated Server

Dedicated Server adalah salah satu layanan hosting dimana kita menyewa server secara keseluruhan. Artinya, sebuah komputer server Anda sendiri yang menggunakannya tanpa harus berbagi dengan siapapun. Jika suatu bisnis memiliki lalu lintas web yang tinggi, maka dedicated server bisa menjadi pilihan terbaik. Dedicated server secara signifikan lebih mahal dari VPS.

  1. Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM berupa “Virtual server” yang dapat di install melalui sistem operasi tersendiri. Dari luar, VPS terlihat seperti Dedicated Server biasa. Anda dapat mengubah perangkat lunak dalam VPS untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. VPS juga busa ditingkatkan untuk memberi sumber daya tambahan. VPS merupakan pilihan hosting yang terbaik untuk usaha kecil yang ingin mengontrol penuh sistem hostingnya.

  1. Cluster Server yang Seimbang

Cluster Server adalah kumpulan dari server yang saling terhubung dan memiliki fungsi untuk membackup kinerja server lainnya jika terjadi kegagalan device. Hal ini membuat service/ aplikasi yang ada di dalam server tetap berjalan meskipun salah satu server dalam keadaan mati. Cluster dapat dimulai dengan hanya dua server maupun lebih. Cluster Server harus dipertimbangkan oleh sebuah bisnis yang membutuhkan kecepatan pada website meskipun dengan beban yang berat.