Blog Tips Keren

Personal Brand Security: Cara Melindungi Identitas Anda Di Web

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya hubungan dari brand security dengan Anda, jika Anda bukan menjalankan perusahaan atau brand dari sebuah bisnis? Ini adalah kesalahan yang sering dimiliki banyak orang. Berikut kami akan menjelaskan tentang personal brand security.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Personal Brand Security?

Kebanyakan orang berpikir apabila mereka tidak menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis, maka mereka tidak perlu untuk memantau apa yang dikatakan internet tentang mereka. Ada sebuah cerita mengenai seorang CEO. Saat masih muda, dia mengatakan beberapa kata kaustik tentang sebuah brand tetapi dia belum memulai bisnisnya sehingga ketika seorang blogger menaruh informasi online tentang dirinya, dia tidak peduli. Sayangnya, informasi tersebut palsu dan apa yang dia katakan telah disalah artikan oleh para blogger. Beberapa tahun setelah itu, dirinya memulai bisnis sendiri. Akibatnya, orang-orang menjangkau dan memarahinya karena kata-kata yang pernah diucapkan serta mengancam akan meninggalkan bisnisnya. Itu adalah berita negatif yang mulai mempengaruhi bisnisnya. Padahal, di awal dia benar-benar tidak peduli dengan informasi yang disalah artikan tersebut karena dia tidak memiliki rencana untuk membuat bisnis sendiri. Namun, sekarang dia tidak dapat melindungi bisnisnya.

Berdasarkan cerita di atas, maka personal brand security adalah sesuatu yang penting karena dapat mempengaruhi suatu bisnis nantinya. Dahulu, hanya perusahaan dan organisasi saja yang menggunakan brand security untuk kemanan bisnisnya. Namun, sekarang dengan peningkatan akses informasi, semua orang perlu memiliki personal brand security untuk melindungi reputasi onlinenya.

Mengapa Personal Brand Security Begitu Penting?

Jika Anda membangun brand pribadi secara online, Anda harus tetap bekerja untuk melindunginya dan memastikan bahwa itu dapat mengatakan sesuai dengan apa yang Anda ingin katakan. Untuk memastikan bahwa reputasi online Anda tetap otentik dan aman serta tidak menyimpang dari apa yang diinginkan, Anda harus terus-menerus menggunakan personal brand security. Selain itu, personal brand security begitu penting karena tingkat perkembangan informasi kini semakin cepat. Ada banyak cara untuk menyebarkan informasi dan menjadi viral, sekalipun kebenarannya belum 100 persen. Siapa saja dapat menghancurkan reputasi online Anda dengan informasi yang salah. Untuk itu Anda perlu menjaganya dengan baik.

Jadi Bagaimana Anda Melakukan Brand Security?

  1. Klaim Domain Dan Menangani Sosial Media

Orang-orang yang memiliki ide bisnis cenderung membeli nama domain untuk website baru mereka. Tidak ada salahnya untuk mengklaim sebuah nama domain sekalipun Anda belum memulai bisnis di website. Untuk mendapatkan nama domain, Anda harus mencari jasa nama domain yang handal dan penyedia hosting yang tepat. Selain nama domain, Anda juga perlu menangani sosial media sejak awal. Untuk platform sosial media, sangat disarankan menggunakan nama pengguna yang sama di seluruh sosial media. Ini akan membantu membawa homogenitas ke brand pribadi Anda.

  1. Posting Secara Teratur, Strategis, Dan Positif

Jika Anda pengguna dari platform sosial media atau memiliki blog, pastikan untuk memposting konten secara teratur. Buatlah postingan yang positif, menarik, dan relevan dengan banyak orang. Biarkan mereka memiliki kesan bahwa Anda layak untuk diperhatikan. Untuk melakukan hal ini secara optimal, Anda perlu memutuskan siapa orang-orang yang ingin Anda jangkau. Anda juga perlu memastikan bahwa tulisan pada postingan memiliki kualitas yang tinggi.

  1. Google Diri Anda Secara Teratur

Anda perlu waspada untuk memastikan tidak ada yang mengganggu brand pribadi, untuk itu Anda perlu memantau identitas secara online. Google diri Anda untuk melihat apa yang internet katakan tentang Anda. Bahkan, Anda bisa mengatur alert Google sehingga Anda akan diberitahu kapan saja ada berita tentang Anda.