Perlukah Tambahan Server VM Host?
Blog Tips Keren

Perlukah Tambahan Server VM Host?

VM host server

Dengan semakin banyaknya bisnis yang memiliki server sendiri untuk hosting, banyak dari mereka bingung dan bertanya-tanya apakah mereka harus memiliki VM host lainnya atau tidak. Nah, hal ini tentunya merupakan keputusan yang sulit. Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa faktor yang menentukan kemampuan sebuah VM host server untuk meningkatkan beban kerja, yang pada akhirnya dapat membantu Anda untuk memutuskan apakah harus membeli peralatan tambahan untuk mesin virtual Anda atau tidak.

Salah satu skenario yang paling umum dari virtualisasi adalah estimasi kapasitas, meskipun untuk setiap kasus bisa berbeda-beda. Faktor utama yang menentukan kemampuan sebuah VM host server untuk meningkatkan beban kerja adalah kapasitas dapat diakses dan kecepatan dari RAM, disk, dan CPU di samping beberapa batasan dari sistem operasi.

Misalnya, VMware ESXi versi 5.1 memiliki batas memori 32 gigabyte. Mari kita berasumsi bahwa sudah ada hardware dan beberapa mesin virtual yang berjalan diatasnya. Pilihan dari sisi hardware tidaklah fleksibel, meskipun dalam hal apa pun Anda bisa melakukan benchmark server Anda.

Benchmarking kinerja

Benchmarking dapat memberitahu kapasitas yang digunakan dan juga memberitahu jika ada ruang yang lebih. Jangan mudah percaya dengan salesman dari luar karena mereka tidak mau tahu mesin virtual apa yang Anda gunakan sampai mencari ke dalamnya sendiri dan bahkan mereka akan memerlukan beberapa waktu untuk membuat estimasi berdasarkan rata-rata dan waktu puncak penggunaan.

Biasanya, akhir bulan adalah waktu puncak dari pemanfaatan server, dan disaat itulah kebutuhan akan sumber daya tambahan meningkat, tetapi hal ini sering tidak berlangsung lama.

Peringatan risiko

Satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan apakah memerlukan tambahan VM host server atau tidak adalah apa yang akan terjadi jika terjadi kemungkinan kegagalan server.

Jika Anda hanya memiliki 2 host fisik, salah satunya mungkin bertanggung jawab untuk menjankan semua VM secara bersamaan. Terlepas dari apakah itu adalah kasus bencana alam atau staff rumah tangga mencabut server untuk membersihkan debu atau hanya patch dan update berkala, Anda bisa menghindari kegagalan server jika menggeser semua VM ke server tunggal. Dalam skenario secara real time, Anda dapat memanfaatkan 50 persen dari sumber daya maksimal puncak dari setiap host untuk menutupi seluruh beban, meskipun Anda bisa mematikan sesuatu yang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan penggunaan sumber daya puncak. Ini lebih penting agar layanan tetap hidup dan berjalan, bahkan jika lebih lambat dari yang diharapkan.

Kesimpulan

Cobalah untuk mempertimbangkan semua aspek, termasuk metode alternatif yang tersedia untuk penambahan hardware. Mengembangkan apa yang Anda butuhkan dan memeriksa cara kerjanya. Meskipun ini bukanlah metode yang dianjurkan, tetapi itu adalah cara tercepat untuk mengetahui apakah menambahkan VM dapat bekerja tanpa sumber daya hardware tambahan.