Pengertian dan Fungsi dari HTTP

7 Des 2017
Pengertian dan Fungsi dari HTTP campaign-unlimited

Bagi Anda yang sering berselancar di dunia maya pasti tidak asing lagi dengan istilah HTTP. Ya, istilah tersebut memang tidak asing ditelinga, tapi apakah Anda tahu sebenarnya apa itu HTTP. Nah, untuk menjawab ketidak tahuan Anda mengenai HTTP ini, kali ini kami akan berbagi artikel seputar pengertian HTTP. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai HTTP.

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Hypertext Transfer Protocol atau biasa disebut dengan HTTP adalah sebuah protokol dalam jaringan yang digunakan untuk pengiriman paket data atau dokumen dalam sebuah Internet (WWW atau World Wide Web). HTTP sendiri merupakan sebuah protokol yang digunakan sebagai komunikasi data dalam dunia internet yang mana HTTP digunakan untuk distribusi dan sistem informasi hypermedia. Dalam pengertian tersebut, HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan seperti apa respon dari browser.

Sejarah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol pertama kali digunakan dalam WWW yaitu sekitar tahun 1990. Protokol HTTP yang digunakan pada saat itu adalah versi 0.9 yang merupakan protokol transfer data dengan data mentah yang dikirimkan tanpa melihat tipe dari dokumen itu sendiri. Selanjutnya pada tahun 1996, protokol HTTP mengalami perkembangan sehingga menjadi protokol HTTP versi 1.0. Dan pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi selanjutnya yaitu 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

HTTP adalah protokol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas dasar TCP (Transmission Control Protocol). Sebuah klien HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptakan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server web hosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.

Diantara kedua user agent dan origin server bisa saja ada penghubung, seperti misalnya geteway, tunnel dan proxy. Selanjutnya, sumber yang ingin diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan skema URL http: atau https:.

AA017980

Fungsi dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol berfungsi untuk melakukan format terhadap paket data yang sudah ditentukan dan ditransmisikan menjadi sebuah data atau file dengan format yang bisa direspon oleh browser (google chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, UC Browser, dan sebagainya) sehingga browser-browser tersebut mampu memunculkan data yang sudah dikirim.

Anda semua pasti tahu jika HTTP muncul di awal setiap alamat web. Ya, semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi dari HTTP dimana dalam hal ini, browser menambah lapisan enkripsi. Cara kerja protokol ini yaitu dengan mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap komputer untuk bisa mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai HTTP. Dalam melakukan pengiriman data atau dokumen dengan HTTP, tentu membutuhkan adanya web hosting. Kini, Anda dapat menemukan layanan web hosting yang terpercaya hanya di IDwebhost. Ini adalah layanan web hosting dan domain terbaik di Indonesia dengan lebih dari 60 server di Indonesia dan USA. Selain itu, IDwebhost juga memiliki berbagai fitur dan paket menarik lainnya. Segera daftarkan website bisnis Anda hanya di sini.

Penulis
Member since 2 Jul 2013