Blog Tips Keren

Panduan Penting Untuk Linux Web Hosting

Linux adalah sistem operasi dimana sekelompok program mengelola semua aktivitas di komputer. Linux merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer di luar sana. Sebagai sistem operasi, Linux menawarkan daftar fitur yang panjang kepada pengguna. Linux tidak mahal untuk dipasang, mudah dipelihara, dan merupakan alternatif yang hebat untuk sistem operasi Windows. Selain hemat biaya dan mudah dipasang, Linux juga didukung Windows dan dapat menjalankan aplikasi Windows jika diperlukan. Linux web hosting adalah jenis web hosting yang berjalan pada sistem operasi Linux. Ini adalah pilihan populer untuk menjalankan situs web.

Apa Yang Membuat Linux Menjadi Populer?

Linux adalah sistem operasi yang paling populer untuk digunakan oleh penyedia web hosting. Mengapa? Karena Linux menawarkan keragaman pilihan yang menakjubkan, dapat disesuaikan oleh hostingnya, dan bekerja di lebih dari 70% web server di seluruh dunia. Bisnis kecil cenderung menyukai Linux hosting daripada Windows hosting karena harganya terjangkau, lebih bertenaga, dan memiliki beragam aplikasi yang mudah digunakan. Alasan lain mengapa lebih banyak yang memilih Linux hosting adalah:

–          Advanced Security: Linux dikenal dengan fitur keamanan built-in yang kokoh.

–          Rencana Dasar: Menyediakan pengguna dengan berbagai rencana dasar yang mencakup akses FTP, skrip Common Gateway Interface (CGI), layanan MySQL, layanan email dan akses ssh.

–          Sedikit Bug: Linux dikenal karena kerentanannya yang rendah terhadap serangan virus dan malware.

–          Administrasi Sederhana: Menawarkan instalasi software satu klik dengan mudah tanpa menggunakan software lain.

–          Dukungan Teknis: Linux dikenal dengan layanan dukungan teknis yang andal.

Mengapa Linux lebih murah? Linux adalah sistem open source gratis. Ini berarti penyedia layanan web hosting tidak perlu membayar biaya lisensi untuk menggunakan Linux sebagai sistem operasi server hosting mereka. Banyak perusahaan hosting juga mendukung dan berinvestasi di Linux. Investasi ini telah membuat Linux menjadi sistem operasi yang sangat layak dan memberi kesempatan kepada penyedia hosting untuk memfokuskan usaha mereka pada satu platform tersebut.

Linux vs Windows Hosting, Apa Perbedaannya?

Linux dan Windows adalah dua jenis sistem operasi yang berbeda, dan mengetahui perbedaannya adalah hal penting saat memilih rencana web hosting. Linux dan Windows menggunakan script dan bahasa database yang berbeda. Jika Anda tahu sebelumnya Anda memerlukan aplikasi Windows tertentu, paket hosting Windows adalah cara untuk pergi, begitupun sebaliknya. Singkatnya, jenis file dan fungsionalitas yang Anda harapkan untuk digunakan sebagai administrator web akan menentukan apakan Windows atau Linux yang cocok untuk website Anda.

Kedua platform tersebut menggunakan file HTML dan membacanya dengan cara yang sama. Jadi, jika Anda memiliki situs web statis yang terbuat dari HTML dan CSS, Anda dapat menghosting situs di platform Linux maupun Windows. Intinya, layanan hosting mana yang Anda pilih? Jika Anda menggunakan PHP dan MySQL untuk situs web, Linux adalah cara yang tepat untuk dipilih. Jika situs web Anda menggunakan skrip seperti ASP.net, ASP, SQL, atau Acces, maka Windows adalah cara terbaik.

Apakah Hosting Murah Bisa Diandalkan Dengan Linux?

Karena Linux adalah sistem operasi, sebagian besar akan dapat diandalkan bergantung pada hosting yang digunakan. Harga sangat jarang mempengaruhi kemampuan hosting untuk menawarkan dukungan Linux atau kualitasnya dalam hal itu. Namun, harga dapat mempengaruhi fitur lain yang mempengaruhi kinerja dan potensi situs Anda. Perlu diingat saat membandingan antara hosting berbasis Linux dan hosting berbasis non Linux, beberapa aplikasi memerlukan Linux agar berjalan dengan efisien. Penting untuk penyedia hosting dalam memenuhi standar Anda di bidang lain seperti bandwidth, transfer data, penyimpanan, waktu operasional, layanan pelanggan, dan sebagainya. Perbedaan terbesar dari harga rencana hosting biasanya ada pada fitur lain yang mereka tawarkan. Jika Anda mencari fitur bisnis lainnya, Anda mungkin harus membayar sedikit lebih banyak.