Panduan Lengkap Tentang Keamanan Database
Blog Tips Keren

Panduan Lengkap Tentang Keamanan Database

keamanan database

Keamanan database adalah suatu cara untuk melindungi database dari ancaman, baik dalam bentuk kesengajaan atau pun bukan. Ancaman adalah segala situasi atau kejadian baik secara sengaja maupun tidak yang bersifat merugikan dan memengaruhi sistem.Keamanan database tidak hanya berkenaan dengan data yang ada pada database saja, tetapi juga meliputi bagian lain dari sistem database, yang tentunya dapat memengaruhi database tersebut. Hal ini berarti keamanan database mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan data.
Agar memiliki suatu keamanan yang efektif dibutuhkan kontrol yang tepat. Seseorang yang mempunyai hak untuk mengontrol dan mengatur database biasanya disebut Administrator database. Seorang administratorlah yang memegang peranan penting pada suatu sistem database, oleh karena itu administrator harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar dapat mengatur suatu sistem database.

Tujuan Keamanan Database

·         Secrecy/Confidentiality: Informasi tidak boleh diungkapkan kepada pengguna yang tidak sah. Sebagai contoh, Siswa seharusnya tidak diperbolehkan untuk memeriksa nilai siswa lainnya.

·         Integrity: Hanya pengguna berwenang yang diizinkan untuk memodifikasi data. Sebagai contoh, guru mata pelajaran lain mungkin diperbolehkan untuk melihat nilai, namun tidak diperbolehkan (jelas) untuk memodifikasi mereka.

·         Availability: Pengguna yang terdaftar tidak boleh ditolak akses. Sebagai contoh, seorang instruktur yang ingin mengubah kelas harus diizinkan untuk melakukannya

 encryptech-database-security

Kategori Keamanan Database

Secara garis besar keamanan database dikategorikan sebagai berikut:

  1. Keamanan Server

    Perlindungan Server adalah suatu proses pembatasan akses yang sebenarnya pada database dalam server itu sendiri. Menurut Blake Wiedman ini adalah suatu sisi keamanan yang sangat penting dan harus direncanakan secara hati-hati. Ide dasarnya adalah kita tidak dapat mengakses apa yang kita tidak dapat lihat. Database bukanlah suatu web server,koneksi yang tidak dikenali tidak akan diijinkan.

  2. Trusted IP Access

    Setiap server harus dapat mengkonfigurasikan alamat IP yang diperbolehkan mengakses dirinya. Anda tidak boleh mengijinkan semua orang untuk mengakses server. Jika server melayani suatu web server maka hanya alamat web server itu saja yang dapat mengakses server database tersebut. Jika server database melayani jaringan internal maka hanya alamat jaringanlah yang boleh menghubungi server. Sangat perlu diperhatikan bahwa jangan pernah menggabungkan server database web dengan server database informasi internal perusahaan Anda, ini adalah suatu mental yang buruk untuk seorang admin. Trusted IP Access merupakan server database terbatas yang hanya akan memberi respon pada IP yang dikenali saja.

  3. Koneksi Database

    Saat ini semakin banyaknya aplikasi dinamis menjadi sangat menggoda untuk melakukan akses yang cepat bahkan update yang langsung tanpa authentifikasi. Jangan pernah berpikir demikian, ini hanya untuk seorang pemalas. Jika Anda ingin mengijinkan pemakai dapat mengubah database melalui web page, pastikan Anda memvalidasi semua masukan untuk memastikan bahwa inputan benar, terjamin dan aman. Sebagai contoh, pastikan Anda menghilangkan semua code SQL agar tidak dapat dimasukan oleh user. Jika Anda seorang admin yang membutuhkan koneksi ODBC, pastikan koneksi yang digunakan unik.

  4. Kontrol Akses Table

    Kontrol akses table ini adalah salah satu bentuk keamanan database yang sering diabaikan,karena cukup sulit penerapannya. Penggunaan control akses table yang benar dibutuhkan kolaborasi antara sistem administrator dengan pengembang database. Hal inilah yang sulit dilakukan. Pemberian ijin user untuk mengakses informasi dapat membuat informasi terbuka kepada publik.

Itulah beberapa hal mengenai keamanan database yang perlu Anda ketahui.  Menjaga keamanan database yang baik juga bisa dilakukan dengan menggunakan web hosting yang tepat. Idwebhost adalah web hosting yang dapat Anda andalkan karena mereka memiliki berbagai fitur menarik dan berkualitas untuk menjaga database Anda tetap aman. Jadi tunggu apalagi? Segera daftar menggunakan Idwebhost hanya di sini.