Panduan Awal Untuk Web Hosting
Blog Tips Keren Panduan Awal Untuk Web Hosting

Panduan Awal Untuk Web Hosting

dgsfgsdgh

Apa itu Web Hosting?

Kebanyakan orang tidak pernah benar-benar memikirkan di mana letak sebuah situs web, atau bahkan apa itu situs web. Anda mungkin sering menyalakan komputer, membuka browser, dan pergi ke Google atau Amazon atau Yahoo. Tapi apa yang Anda lakukan saat “mengunjungi” sebuah situs web? Jika Anda adalah pengunjung, kemana Anda akan pergi? Dan jika itu adalah sebuah “situs”, lalu di mana letaknya? Lewati bab ini jika Anda telah menggunakan web hosting sebelumnya dan memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu situs web dan cara kerjanya.

Apa itu Situs Web? Untuk memahami lokasi situs web, ada baiknya untuk memahami apa itu situs web terlebih dahulu. Secara kasar kita dapat membagi situs menjadi tiga jenis (ada beberapa pro dan kontra dalam hal ini, namun sangat membantu untuk memahami tentang situs web):

Kumpulan dokumen atau halaman – Ini adalah jenis asli dari situs web. Setiap halaman adalah file dalam direktori yang menghadap ke publik. Saat melihat halaman web, komputer Anda secara harfiah mendownload file dan menunjukkannya kepada Anda.

Aplikasi web – Google, penyedia email berbasis web, Facebook, dan game online yang mungkin Anda mainkan adalah semua contoh aplikasi web. Sama seperti aplikasi yang Anda jalankan di ponsel, tablet, atau desktop, file untuk aplikasi harus ada di suatu tempat. Dengan aplikasi web, mereka duduk di web server yang menghadap ke publik dengan cara yang sama seperti dokumen dan file. Browser Anda mendownload beberapa file dan menjalankannya, dan ada komunikasi konstan antara komputer dan server web Anda.

Sistem pengelolaan konten – Ini adalah semacam hibrida, dan merupakan akun sebagian besar situs web yang ada saat ini. Teknologi aplikasi web digunakan untuk mensimulasikan kumpulan dokumen. Jika Anda membaca blog, setiap posting blog mungkin bukan file individual. Sebaliknya, aplikasi menarik konten dari database dan mengirimkannya ke browser Anda seolah-olah itu adalah dokumen, dan browser Anda menunjukkannya kepada Anda tanpa mengetahui perbedaannya. Ada beberapa hal tambahan yang sebenarnya tidak perlu kami bahas di sini, namun yang terpenting adalah saat Anda mengunjungi situs web, ada serangkaian hal yang terjadi yaitu:

1.Browser komputer Anda mengirimkan permintaan ke server situs web untuk sesuatu seperti halaman, dokumen, file untuk menjalankan aplikasi. URL atau alamat yang Anda masukkan ke dalam bar di bagian atas jendela browser adalah bagian utama dari permintaan itu.

2.Server web menerima permintaan dan menarik bersama-sama apa pun yang dibutuhkan untuk menyampaikan kembali apa yang Anda minta. Ini mungkin hanya file yang ada, atau mungkin itu adalah aplikasi web, atau mungkin itu adalah kumpulan dokumen dari sistem manajemen konten.

3.Server web merespons permintaan dengan beberapa jenis konten.

4.Browser menunjukkan konten itu kepada Anda.

Menjalankan Sebuah Situs Web

Jadi, untuk menjalankan situs web, Anda memerlukan komputer yang terhubung ke internet dan mampu menerima permintaan, melakukan tindakan yang tepat, dan merespons. Ketika orang berbicara tentang server untuk situs web mereka, inilah yang mereka bicarakan. Komputer yang menyimpan file yang dibutuhkan untuk menjalankan situs web, bersama dengan perangkat lunak untuk mengirimkan file tersebut kepada siapa saja yang memintanya.

Pertama, Anda harus tahu cara memasangnya dengan benar untuk menjalankan situs web (ini bukan masalah sepele). Anda harus meninggalkannya dan terhubung ke internet sepanjang waktu. Bahkan jika Anda bisa mengaturnya, komputer Anda di rumah hanya dirancang untuk menangani satu pengguna sekaligus. Jika banyak orang mulai mencoba melihat situs web Anda, komputer dan koneksi internet Anda akan mencapai batas dan situs web Anda akan berhenti bekerja.

Daripada menjalankan situs web di komputer desktop pribadi, Anda bisa membeli server. Ini adalah komputer yang lebih besar, lebih cepat, lebih baik. Dengan asumsi Anda bisa membelinya (harganya mahal) dan dengan asumsi Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan benar (ini tidak mudah) dan dengan asumsi Anda bisa mendapatkan koneksi internet yang cukup cepat dengan banyak bandwidth (mahal dan tidak selalu tersedia), Anda bisa menjalankan situs Anda dari server itu.

Perusahaan Web Hosting

Perusahaan web hosting telah memecahkan masalah ini untuk Anda. Mereka telah membeli komputer mahal, mereka telah menyiapkannya untuk bekerja menjalankan sebuah situs web, mereka memastikan untuk memiliki koneksi cepat ke internet. Mereka telah melakukan semua pekerjaan.

Web hosting memungkinkan Anda meletakkan file dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan situs web di tempat yang mudah diakses oleh siapa saja yang ingin melihatnya. Untuk membuat ini lebih mudah bagi Anda, mereka juga menyediakan alat untuk mengelola komputer Anda dan untuk membangun dan menjalankan situs web.

Bila Anda menggunakan perusahaan web hosting untuk situs web, situs web Anda tidak berada dalam cloud di suatu tempat atau mengambang dalam dimensi alternatif. Ini adalah kumpulan file komputer aktual dan nyata yang berada di komputer sebenarnya di suatu tempat, di gedung yang nyata. Dimana bangunan itu atau seperti apa komputer itu tergantung pada perusahaan hosting mana yang Anda gunakan.

Ringkasan

Sebuah situs web adalah kumpulan file yang ada di komputer. Agar situs web bekerja dengan baik, komputer desktop biasa bukanlah pilihan yang tepat. Perusahaan web hosting menyediakan komputer yang cepat dan canggih sehingga siapapun dapat menjalankan situs web tanpa memiliki pengetahuan khusus atau membeli peralatan khusus.