Nama Domain: Mengapa Anda Perlu Memilki Domain?
Blog Tips Keren Nama Domain: Mengapa Anda Perlu Memilki Domain?

Nama Domain: Mengapa Anda Perlu Memilki Domain?

Ketika akan memulai sebuah website, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah pemilihan nama domain yang tepat. Selama bertahun-tahun, para praktisi di bidang SEO berpendapat bahwa nama domain bisa sangat berpengaruh dalam rangking sebuah website di mesin pencari. 

Ya, memang pilihan nama domain yang tepat dapat berpengaruh untuk mengerek peringkat website Anda dalam kompetisi SEO yang memang semakin ketat. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Sahabat IDwebhost semua, mengapa Anda perlu untuk memiliki domain yang tepat. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apakah Pemilihan Nama Domain Memiliki Dampak Pada SEO? 

Bila ada pertanyaan yang demikian, maka jawabannya adalah, ya! Sebagai seorang pemilik website, tentu Anda ingin memancing rasa penasaran pengunjung dengan produk Anda, bukan? 

Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan nama domain dengan pendekatan SEO untuk menarik orang-orang agar tertarik mengunjungi website Anda. Dan juga agar mereka lebih mudah mempelajari produk dan layanan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, nama domain lebih banyak muncul di laman hasil pencarian, akan semakin tinggi kemungkinan untuk diklik. 

Salah satu contoh yang paling mudah diingat tentang bagaimana nama domain begitu berpengaruh, salah satunya bisa dilihat pada website-website spammer. Para spammer ini memilih nama domain dengan menargetkan kata kunci karena hasilnya yang sudah pasti: Jumlah klik yang meningkat dan rangking yang tinggi pada halaman hasil pencarian. 

Baca Juga : Cara Reissue SSL IDwebhost

Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa nama domain memang begitu penting. Pemilihan nama domain yang tepat dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengunjung yang sudah Anda targetkan sebelumnya.

Anda mungkin telah meluangkan waktu untuk mengumpulkan gambar, merancang dan membeli template yang bagus, dan mengisinya dengan konten yang menarik. Dalam sekejap Anda mungkin melihat website Anda telah siap untuk online. Semua mungkin tampak hebat sampai Anda memutuskan untuk menghost situs Anda pada akun hosting dan domain gratis. Ini adalah awal mula kesalahan besarnya.

Setiap website profesional pasti memiliki domain sendiri dan berada di dalam host server mereka sendiri. Begitu pula dengan Anda, jika Anda ingin membangun bisnis online, pertimbangkan untuk memiliki nama domain dan server Anda sendiri. Anda ingin tahu mengapa?, mari kita lihat beberapa alasannya dibawah ini.

Nama domain dapat membangun kepercayaan pengunjung

Salah satu hambatan terbesar dalam bisnis online adalah kurangnya komunikasi face to face. Ketika orang tidak bisa melihat Anda, mereka mungkin lebih sulit untuk mempercayai Anda. Dengan tidak adanya komunikasi face to face, website menjadi sesuatu yang penting untuk berkomunikasi dan membangun kepercayaan pengunjung.

Mendaftarkan nama domain adalah langkah penting untuk membangun kepercayaan pengunjung. Perlu diingat, bahwa dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun kepercayaan, tetapi hanya dibutuhkan waktu sekejap untuk menghancurkannya.

Nama domain adalah portable

Jika Anda menggunakan domain gratis, Anda akan terjebak pada web hosting dari penyedia domain tersebut. Sebaliknya, jika Anda memiliki nama domain sendiri, Anda dapat memindahkannya ke penyedia web hosting yang Anda pilih.

Ketika Anda membangun traffic dengan domain gratis dan perlahan situs Anda naik di daftar pencarian, mengubah nama domain akan berdampak besar pada traffic website Anda. Sebaliknya, jika Anda hanya mengubah host situs Anda, itu tidak akan terlalu berdampak signifikan pada traffic.

Misalnya, jika website Anda tiba-tiba mendapatkan lonjakan traffic, Anda mungkin perlu upgrade web hosting ke yang lebih tinggi. Tapi, jika Anda tidak memiliki nama domain sendiri, Anda mungkin akan kehilangan banyak traffic.

Dari 2 alasan diatas, Anda tahu kan pentingnya nama domain?.  Mulailah memiliki nama domain sendiri, cegahlah kemungkinan beralihnya costumer dikarenakan ketidak tahuan disaat Anda harus berganti nama ke hosting yang lebih tinggi. Nama domain Anda adalah identitas usaha Sahabat IDwebhost.

Metode Untuk Memilih Nama Domain

Terdapat dua metode yang bisa Anda coba dalam memilih nama domain yang tepat untuk SEO. Yaitu memilih nama domain berdasarkan branding dan memilih nama domain berdasarkan kata kunci. Berikut adalah penjelasannya. 

  • Memilih Nama Domain Berdasarkan Branding 

Anda bisa memilih nama domain berdasarkan merek atau branding. Ini tentang bagaimana pengunjung mencari, mengingat dan membagikan apa yang mereka temukan di website Anda. Pada umumnya, seseorang harus menentukan nama domain pada saat ia memilih nama merk atau brand-nya. Dengan kata lain, Anda harus menggunakan merek bisnis sebagai nama domain Anda. 

Mesin pencari Google sangat menyukai brand, karena pengguna memang menyukai brand. Branding yang kuat akan mendorong pengunjung untuk melakukan klik, membaca, membagikan dan menautkannya ke website atau media sosial mereka. 

Semakin banyak orang yang mengingat website Anda, kemungkinan besar mereka akan datang kembali. Dan yang jelas hal ini akan meningkatkan kredibilitas dari website Anda. Hasil akhirnya tentu saja branding yang positif akan meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari. 

Tips memilih nama brand sebagai nama domain: 

  • Nama brand sudah ada dikenal luas. 
  • Sudah pernah melakukan promosi dan membangun brand awareness. 
  • Brand Anda memiliki nama sendiri. 
  • Brand Anda sangat unik. 

Memilih Nama Domain Berdasarkan Kata Kunci 

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah memilih nama domain berdasarkan kata kunci. Nama domain ini membuat kata-kata yang berkaitan dengan bisnis, produk atau layanan milik Anda. Namun, memang ada kecenderungan Google lebih menyukai pemakaian nama brand sebagai nama domain. 

Namun kembali pada poin pertama, Google lebih menyukai pemakaian nama brand sebagai nama domain. 

Domain Branding

Nama domain saja tidak akan memberikan detail yang spesifik tentang produk atau layanan yang Anda jual. Website ini bisa Anda beri nama apapun. 

Namun kelemahan dari penamaan seperti ini adalah, besarnya usaha yang harus Anda keluarkan untuk melakukan promosi dan membangun branding. 

Domain Berdasarkan Lokasi Bisnis 

Pemakaian nama domain ini akan membantu Anda untuk menargetkan calon pelanggan di sekitar wilayah Anda. Nama domain akan membuat calon pelanggan mengetahui bahwa Anda memiliki produk atau layanan berdasarkan dari nama domain dan berada di wilayah tertentu. Namun kelemahan dari pendekatan ini akan membuat Anda kesulitan saat ingin mengembangkan merek karena terhalang lokasi tertarget sebelumnya. 

Penutup

Memilih nama untuk domain yang tepat, bagi sebuah bisnis menjadi sangat penting. Dengan pemilihan nama yang tepat, dapat membantu peningkatan pada brand awareness.

Mau punya website yang aman, cepat dan andal? Tunggu apalagi, ayo langganan domain dan hosting murah hanya di IDwebhost.