6 Tips Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan: Email dan Strategi Media Sosial
Blog Tips Keren 6 Tips Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan: Email dan Strategi Media Sosial

6 Tips Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan: Email dan Strategi Media Sosial

 

social media

Keterlibatan pelanggan adalah istilah yang memperoleh daya tarik beberapa tahun terakhir. Hal ini telah menjadi kebutuhan untuk personalisasi dan interaksi real-time untuk kemajuan pesat usaha kecil ataupun besar. Namun, mengetahui cara meningkatkan keterlibatan pelanggan adalah sesuatu hal yang berbeda. Saluran layanan pelanggan tradisional adalah langkah pertama yang logis ketika mempertimbangkan keterlibatan pelanggan. Ada banyak cara lain untuk meningkatkan upaya email dan sosial media untuk meningkatkan keterlibatan dan memenangkan loyalitas.

Pertimbangkan enam tips keterlibatan pelanggan tersebut ketika merencanakan email atau kampanye media sosial berikutnya.

Email pemasaran adalah saluran yang banyak digunakan untuk bisnis dari berbagai ukuran. Bagi usaha kecil, email adalah alat keterlibatan sangat efektif. Daftar distribusi yang lebih ringkas membuat email lebih mudah dikelola. Sementara buatlah lebih personalisasi karena banyak karyawan memiliki hubungan dengan klien. Untuk mengambil keterlibatan pelanggan Anda ke tingkat berikutnya dengan pemasaran email, coba tips berikut:

Kirim email selamat datang

Apa hal pertama yang Anda lakukan ketika tamu muncul di pintu Anda? Menyambut mereka ke rumah Anda. Hal yang sama berjalan untuk strategi email Anda. Begitu seseorang sign up untuk newsletter Anda atau melakukan pembelian, kirimkan email selamat datang.

Anda bisa melakukannya lebih baik dengan mengirimkan serangkaian email yang akan diterima. Mengapa Anda ingin mengirim beberapa email untuk diterima? Hal itu untuk menunjukkan nilai bisnis ke pelanggan  Anda dan memperhatikan secara pribadi. Selain itu menjadi dedikasi yang Anda berikan kepada setiap pelanggan. Pendekatan multi-tier ini memberikan pelanggan sebuah cara untuk mengenal bisnis Anda dan menanggapi atau mengajukan pertanyaan.

Manfaat tambahan bagi bisnis Anda adalah penerima lebih rentan untuk terlibat dengan ajakan Anda untuk tindakan (CTA). Dengan memberikan pembaca Anda informasi yang berguna dalam email, mereka cenderung untuk belajar lebih banyak dan mengklik ke situs Web Anda.

Email selamat datang mengatur stage untuk hubungan pelanggan Anda. Dengan menjadi tuan rumah yang baik, Anda membangun fondasi untuk hubungan yang abadi. Buatlah agar diketahui bahwa Anda ingin mendengar pelanggan. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan akun email pribadi di bidang pengirim; bukan “tidak membalas” alamat. Tempatkan nama belakang layanan pelanggan dengan memanusiakan merk Anda sehingga meningkatkan keterlibatan.

Terima kasih pada pelanggan

Dalam nada yang sama seperti menyambut tamu Anda ke rumah Anda, pastikan Anda berterima kasih kepada pelanggan Anda. Berbentuk kecil tetapi bersifat pribadi—berpengaruh dalam membangun loyalitas pelanggan. Sementara, nantinya akan menarik dan mendorong pelanggan untuk terlibat dengan konten Anda. Kirim email terima kasih untuk pembelian baru atau sebagai ucapan atas kesetiaan mereka.

Mengakui bahwa pelanggan memilih melakukan bisnis dengan Anda berarti tercipta asosiasi positif dengan merk Anda. Menggunakan jenis penjangkauan untuk memanusiakan bisnis Anda dan menyampaikan misi serta nilai-nilai melalui nada suara dan citra yang menyertainya. Pelanggan Anda akan menghargai email dan selain merasa dihargai oleh bisnis Anda.

Optimalkan untuk mobile

Orang menggunakan perangkat mobile mereka secara lebih dan lebih. Optimalkan email Anda dari ukuran font untuk rasio gambar piksel karena penting untuk keterlibatan pelanggan. Jika email Anda muncul terdistorsi pada perangkat mobile, maka pembaca akan menutupnya dalam beberapa detik. Namun, ketika email merender tepat, ia akan mengirimkan pesan ke pembaca bahwa Anda memahami kebiasaan email dan ingin membuat komunikasi Anda sebagai mobile-friendly.

Mengoptimalkan untuk suara ponsel lebih berteknologi untuk terlibat. Coba gunakan desain responsif secara otomatis yang menyesuaikan dengan layar yang berbeda. Ini berarti email Anda akan terlihat terbaik pada desktop, smartphone, dan tablet karena desain melayani perangkat apapun yang pembaca gunakan. Menjaga pembaca Anda bahagia dan terlibat dengan mengadopsi pendekatan pertama mobile melalui email.

Menyampaikan nilai dalam baris subjek

Inbox orang-orang banyak dibanjiri pesan setiap hari. Upaya stand out dan memiliki orang-orang yang benar-benar membaca email Anda, maka gunakanlah baris subjek persuasif. Baris subjek menarik perhatian dan membantu orang menilai apa yang layak. Dengan mengkomunikasikan nilai email dalam baris subjek Anda maka akan memberitahukan pembaca apa yang di dalamnya. Untuk menguasai lini subjek Anda, salurkan apa yang bergema dengan audiens Anda dan buatlah kreatif ke baris subjek Anda.

Sebelum Anda melakukan apapun, nilailah apa yang akan beresonansi dengan audiens Anda dan terlihat kreati bagi baris subjek Anda. Apakah email Anda semua tentang tips untuk mengatur urusanr Anda? Atau bebas berbentuk resep kue? Apapun itu, pastikan mereka terkoneksi dengan poin yang berada di baris subjek. Ketika orang melihat nilai, mereka lebih cenderung untuk membuka, membaca, dan klik melalui email Anda.

Sementara banyak dari email tersebut berlaku untuk media sosial. Ada dua cara tambahan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan tanpa menambahkan secara signifikan terhadap beban kerja Anda.

Memperhatikan tiap postingan

Media sosial  efektif jika Anda tiap memposting selaras dengan aktivitas platform audiens Anda. Banyak kutipan terkenal seperti, “Jika pohon jatuh di hutan dan tidak ada orang mendengarnya, apakah itu termasuk suara?” Jadi pergilah ke postingan media sosial.

Jika tidak ada orang melihat postingan Anda, apakah memposting memberikan dampak? Mungkin, tapi Anda pasti meninggalkan banyak keterlibatan dan interaksi yang dicari-cari.

Gunakan analisis platform spesifik dan alat wawasan untuk memantau audiens Anda yang paling aktif dan menyesuaikan jadwal tiap postingan Anda. Jika konten baru diterbitkan ketika pengikut Anda berada di platform, mereka mungkin lebih terlibat, komentar, menyukai, atau berbagi dari pada saat mereka melihatnya sudah lewat dari waktunya. Mengintegrasikan waktu tertentu dalam kalender editorial dan alat pemasaran media sosial Anda untuk mengembangkan postingan konsistensi.

Update real-time yang lebih menarik bagi pengikut karena mereka ingin menjadi yang pertama “menyukai” atau komentar atau menjadi yang pertama untuk berbagi update dalam jaringan mereka. Waktu adalah segalanya untuk media sosial dan perhatikan setiap aktivitas akan meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda.

Berusaha untuk membangkitkan reaksi atau rasa ingin tahu kekesalan pelanggan

Anda mungkin berpikir, “Saya sudah melakukan itu.” Namun, ada penambahan kecil atau tweak yang dapat membuat postingan Anda akan memicu keterlibatan. Beberapa ide untuk mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan umpan balik dari audiens Anda. Orang yang suka untuk berpartisipasi dalam kontes atau berpendapat, bahkan ingin memberikan wawasan atau keinginan daftar merk yang mereka pedulikan.

Di luar mengajukan pertanyaan, bermain dengan emoji dan bawalah mereka ke dalam postingan media sosial Anda. Ketika digunakan dengan benar, orang merespon dengan baik emoji dan menghasilkan lebih banyak interaksi atau dialog dari pada teks saja.

Emoji digunakan antara teman-teman dengan menambahkan mereka ke dalam strategi sosial Anda. Komunikasi Anda datang dengan hangat, ramah, dan otentik yang merupakan resep sempurna untuk keterlibatan pelanggan. Pastikan Anda tahu apa emoji yang digunakan sebelum memasukkannya ke postingan sehingga Anda mengirim pesan yang tepat untuk pengikut Anda.

Ingat, keterlibatan pelanggan adalah semua tentang komunikasi dan menunjukkan pada klien bahwa Anda peduli terhadap mereka, waktu, dan kepentingan mereka. Gunakan merk Anda untuk menarik dan mempertahankan perhatian, sementara gambar yang beredar, teks kreatif, dan emoji membawa bisnis Anda untuk hidup serta membangun loyalitas jangka panjang.