Mengungkap Teka-Teki Bandwidth
Blog Tips Keren Mengungkap Teka-Teki Bandwidth

Mengungkap Teka-Teki Bandwidth

Bandwidth Broadband Connection Data Information Internet Concept

Kita mungkin sering mendengar, “Anda tidak akan pernah memiliki cukup bandwidth”. Namun, berapa banyak kebenaran mengenai hal tersebut? Pola penggunaan internet kita telah berubah drastis sejak akhir 90-an saat Yahoo messenger menjadi saluran komunikasi terpopuler. Sekarang, konsumen semakin berkembang dan mengharapkan pengalaman web multimedia yang kaya seperti streaming video, musik, dan update sosial media. Karena adanya permintaan tersebut dan munculnya Netflic, YouTube, iTunes, Pandora, dan sebagainya maka kebutuhan bandwidth saat ini juga semakin rumit. Pada artikel ini, kami akan menyajikan informasi mengenai bandwidth yang sangat berpengaruh terhadap kehadiran online Anda.

Bagaimana Bandwidth dan Transfer Data Memengaruhi Penjelajahan Internet?

Hampir setiap tindakan yang dilakukan pengguna online melibatkan pengunduhan sejumlah data. Bandwidth dan kecepatan transfer data sangat memengaruhi kecepatan saat kita menjelajah situs web atau mendownload file untuk keperluan pribadi maupun kantor. Misalnya, bandwidth Anda akan secara langsung memengaruhi kecepatan saat Anda mendownload gambar, lagu, video, film, atau mengakses file di Internet. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, semakin cepat file yang dibutuhkan dapat ditransfer melintasi jaringan pada waktu tertentu. Pengguna internet dengan bandwidth lebih banyak juga mendapati bahwa halaman web mereka memuat lebih cepat dan tidak ada lag saat streaming video.

Bagaimana Bandwidth Memengaruhi Situs Anda?

Hal ini juga sangat penting bagi pemilik situs web untuk memahami alokasi bandwidth di akun hosting mereka. Gagal menemukan penawaran bandwidth yang tepat dapat menghasilkan situs web yang berkinerja buruk dan memerlukan biaya tambahan. Situs web dan aplikasi memerlukan bandwidth yang berbeda tergantung pada seberapa rumit desain mereka dan seberapa kaya kontennya. Ketika seseorang tiba di situs Anda, semua tampilan halaman web yang diminta dibrowser akan didownload dari server ke komputer mereka, dan ini membutuhkan bandwidth. Bahkan jika ada yang mendownload atau mengirim email melalui domain yang dihosting, ukuran email tersebut akan dihitung untuk penggunaan bandwidth Anda juga. Misalnya, jika situs web Anda berisi gambar 1MB, yang dikunjungi 3.000 pengunjung, maka ini telah menggunakan bandwidth sebesar 3.000MB (3GB). Untuk itu besarnya bandwidth sangat memengaruhi kinerja situs Anda.

Saat situs Anda mulai menarik lebih banyak pengunjung, traffic antara server web dan komputer lokal memperlambat waktu pemuatan situs untuk pengunjung, terlepas dari kecepatan koneksi internet mereka. Perusahaan hosting Anda akan memberi siklus untuk setiap permintaan pengguna dan mentransfer sebagian kecil data pada satu waktu, karena pengunjung dipaksa untuk berbasis dalam antrian. Dan jika ada dorongan besar pada pengunjung di saat yang bersamaan, mungkin Anda akan mendapati bahwa situs tidak tersedia karena server telah mentransfer data dalam jumlah maksimum dengan bandwidth yang diizinkan.

Bandwidth dan Web Hosting

Saat memilih web hosting untuk menjalankan situs, Anda harus mencari sumber daya server terbaik yang tersedia untuk menjaga agar situs tetap online dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti bandwidth, transfer data, dan ruang disk. Bayangkan Anda memindahkan barang dari gudang ke seberang jalan raya dengan menggunakan truk untuk dikirim ke pelanggan. Bandwidth dapat disamakan dengan jumlah jalur di jalan raya dan volume barang yang dikirim truk melintasi jalan raya itu adalah kecepatan transfer data. Sedangkan ruang disk dapat disamakan dengan ruang barang Anda di gudang. Dengan bandwidth yang tinggi, situs Anda akan mengatasi lebih baik karena lebih banyak orang dapat mengunjungi situs pada saat bersamaan dan menikmati pengalaman web yang optimal.