Mengapa Web Hosting Gratis Bukanlah Pilihan Terbaik?
Blog Tips Keren Mengapa Web Hosting Gratis Bukanlah Pilihan Terbaik?

Mengapa Web Hosting Gratis Bukanlah Pilihan Terbaik?

free_web_hosting_620_350

Memulai sebuah website dapat dilakukan dengan mudah dan gratis melalui situs terpercaya seperti WordPress.com dan Blogger. Menghosting website dengan web hosting gratis terlihat seperti pilihan bagus. Namun jika Anda ingin menjadi blogger yang serius, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk tidak menggunakannya. Web hosting gratis hanya cocok untuk website yang tidak mengalami perkembangan dan hanya sekedar untuk hobi. Berikut adalah beberapa perangkap utama dari web hosting gratis.

  1. Ruang Terbatas

Anda mungkin tidak khawatir dengan ukuran situs saat ini, namun jika Anda berencana untuk memposting secara teratur dengan disertai gambar atau video pendukung maka bandwidth adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Server web hosting gratis hanya menyediakan ruang terbatas. Misalnya situs Blogger, hanya memiliki total 1GB penyimpanan gambar dan batas 1MB untuk ukuran halaman. Ada juga batas ukuran 250MB untuk setiap foto yang Anda unggah melalui perangkat seluler.

WordPress.com menyediakan total penyimpanan 3GB untuk file dan gambar. Hal itu mungkin terdengar banyak, namun ketika Anda harus mengupload gambar berkualitas tinggi di setiap postingan, maka ini dapat menghabiskan banyak ruang dengan cukup cepat. Jika Anda melampaui batas ruang, Anda dapat meningkatkan salah satu layanan dengan biaya. Tetapi, jika akhirnya Anda mengeluarkan biaya, mengapa tidak dimulai dengan pilihan investasi yang lebih baik dengan web hosting profesional?

  1. Desain Dan Fungsionalitas Terbatas

Agar menarik audiens dengan cepat, Anda memerlukan desain yang menonjol. Seiring pertumbuhan blog, Anda mungkin ingin menawarkan iklan di situs, menambahkan kontak sosial media, atau bahkan menawarkan manfaat lain seperti melampirkan tautan terkait ke postingan. Blogger, WordPress.com, dan layanan hosting blog lainnya yang gratis akan terbatas pada jumlah desain yang ditawarkan dan plugin serta widget yang digunakan. Selain itu, mungkin ada masalah kompatibilitas dengan plugin yang disetujui. Untuk itu, memilih web hosting berbayar dapat menghilangkan semua masalah ini dan memberikan fleksibilitas untuk tumbuh, berkembang, dan menyesuaikan situs atau blog Anda sesuai keinginan.

  1. Tidak Terlihat Profesional

Entah Anda sedang blogging atau online untuk bisnis baru, Anda tentu ingin mempromosikan situs dan menawarkan produk atau iklan. Situs web hosting gratis akan terlihat tidak profesional dan calon klien atau audiens Anda tidak akan tertarik. Perlu diingat juga bahwa jika Anda mendaftar dengan penyedia hosting gratis, Anda harus memiliki email sendiri tanpa nama hosting sehingga membuat kontak Anda sulit diingat.

  1. Monetisasi Dan Peluang Terbatas

Penyedia web hosting gratis dapat melarang atau membatasi kemampuan Anda untuk menghasilkan uang melalui blog. Sebenarnya, mereka justru bisa menyebabkan Anda kehilangan penghasilan. Misalnya, layanan Blogger tidak mengizinkan Anda memasang iklan di situs yang bukan merupakan iklan Google. Di sisi lain, WordPress.com juga tidak membolehkan Anda menggunakan Google AdSense atau iklan pihak ketiga dengan layanan gratis mereka. Anda juga dilarang untuk menjalankan postingan atau konten yang disponsori atau dibayar.

  1. Resiko Keamanan Dan Downtime

Pada tahun 2011, Blogger.com melakukan update yang secara tidak sengaja mengunci pengguna dari situs mereka dalam semalam. Penyedia hosting gratis tidak mampu memberi Anda keamanan dan jaminan uptime yang Anda butuhkan. Ini merupakan bagian dari alasan mengapa penyedia layanan yang lebih terpercaya membatasi fungsionalitasnya. Jangan menggadaikan situs Anda dengan web hosting gratis dan membahayakan situs dari serangan malware.