Mengapa VPS Kalahkan Shared Hosting untuk Startups E-niaga
Blog Tips Keren Mengapa VPS Kalahkan Shared Hosting untuk Startups E-niaga

Mengapa VPS Kalahkan Shared Hosting untuk Startups E-niaga

VPS-Access-Anywhere

Bisnis e-commerce Anda siap ke tingkat berikutnya tetapi Anda tidak yakin apakah Anda harus melanjutkan dengan akun shared hosting Anda atau upgrade ke Virtual Private Server (VPS). Hal ini bukan keputusan mudah karena situs web adalah jantung dari setiap operasi e-niaga. Berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa VPS merupakan pilihan terbaik.

Shared Hosting – Memiliki Kesempatan

Banyak penyedia Shared Hosting mengklaim bahwa Anda akan memiliki sumber daya tak terbatas dan kemampuan untuk menjalankan puluhan program yang bisa diinstal dengan sekali klik menggunakan perangkat lunak seperti Fantastico.

Mereka akan menjanjikan sesuatu yang membawamu naik level. Namun, pastikan untuk membaca baik tentang hasilnya. Tidak ada yang namanya “unlimited”, bandwidth atau penggunaan CPU. Ketika bisnis e-niaga Anda berkembang dan situs web menjalankan beberapa hal untuk menawarkan semua fungsi yang keren kepada pelanggan, hosting Anda akan mengenai sasaran.

Sertifikat SSL- Bukan Keputusan Terbaik

Beberapa penyedia Shared Hosting mengelola untuk menurunkan biaya mereka dan sebagai hasilnya berpengaruh pada harga Anda dengan menawarkan sertifikat SSL. SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol yang menciptakan koneksi aman antara klien dan server. Jadi, bayangkan ketidakpastian yang akan dirasakan pelanggan saat mereka melihat pesan peringatan bahwa sertifikat SSL tidak sesuai dengan nama domain. Kemungkinan hal ini akan membuat pelanggan pergi dari Anda.

Untuk alasan ini, Shared Hosting harus dipertimbangkan untuk situs e-commerce hanya dalam dua situasi yaitu Anda menyiapkan situs prototipe yang berfungsi penuh sebagai pendahulu situs web host yang sebenarnya dan Anda membuat situs niche ke tempat pelanggan yang sudah memiliki hubungan dengan Anda serta tidak menunda dengan kecepatan dan sertifikat SSL.

VPS – Awal yang Baik untuk E-niaga

Tidak ada yang mau menghabiskan banyak uang daripada yang diperlukan tetapi bisnis bisa gagal jika mencoba menjalankannya dengan sumber daya terbatas.

Meskipun pengeluaran awal sedikit lebih besar maka penting untuk memilih server dengan benar saat pertama kali. Pastikan memilih penyedia yang akan mendukung bisnis setidaknya selama satu tahun untuk menghindari beralih ke penyedia hosting yang baru di tengah jalan. Namun bukan berarti Anda harus memilih dedicated hosting (atau colocation) segera. Dedicated hosting cenderung terlalu mahal untuk kebanyakan pemula e-commerce yang mendanai diri sendiri. Kabar baik bahwa VPS hadir sebagai kompromi yang menyenangkan. Biaya awal bisa serendah $ 15- $ 20 per bulan.

Bagaimana VPS Bekerja?

VPS melibatkan server yang “terbagi” menjadi beberapa server virtual dengan menggunakan perangkat lunak virtualisasi. Server ini imajiner (karena hanya ada satu server/bukan beberapa), namun didefinisikan secara ketat dan dikelola perangkat lunak virtualisasi. Berdasarkan konfigurasi perangkat keras yang Anda beli, komputer virtual akan dialokasikan dengan jumlah CPU, RAM, ruang disk dan bandwidth yang ditentukan. Banyak host mengizinkan perluasan otomatis melampaui sumber daya ini, sementara yang lain memberlakukannya secara ketat.

Manfaat VPS

Semua manfaat dari VPS atas Shared Hosting timbul dari kenyataan bahwa sumber daya diisolasi dan pra-alokasi. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

• Isolasi dari Kegiatan Orang Lain pada Hosting yang Sama

Jika pengguna lain di layanan hosting Anda semena-mena, maka akan berdampak kecil terhadap layanan VPS Anda. Jika aktivitas pengguna lain menabrak server mereka, hal itu tidak akan menabrak ponsel Anda. Bahkan, hanya mesin virtual mereka yang mogok, hal ini tidak berdampak pada server fisik tempat mesin virtual dijalankan.

• Kecepatan Terjamin

Tidak masalah apapun yang dilakukan orang lain di VPS lain yang ada di mesin yang sama, Anda akan dijamin kecepatannya. Jika Anda memiliki dua CPU yang dialokasikan untuk Anda, maka Anda akan selalu memiliki dua CPU yang tersedia untuk operasi Anda. Jumlah RAM yang Anda bayar dalam pengaturan VPS akan selalu tersedia untuk operasi Anda, apa pun yang terjadi pada mesin fisik.

Jika Anda telah menggunakan Shared Hosting sebelumnya, Anda tahu bahwa kecepatannya bervariasi berdasarkan waktu dan jumlah traffic di situs pengguna lain. Sumber daya Anda didistribusikan pada basis pertama. Sumber daya Anda didedikasikan untuk situs e-commerce Anda.

• Stabilitas yang Dijamin

Sementara Shared Hosting terkenal karena hambatan, VPS tidak mengalami gangguan seperti itu. Hal ini disebabkan oleh perangkat lunak virtualisasi yang membagi sumber daya dan membuat mesin khusus dengan sumber daya khusus untuk situs e-niaga Anda.

• Ruang yang Dijamin

Banyak penyedia Shared Hosting yang mengklaim menyediakan ruang disk tidak terbatas untuk melindungi diri mereka pada semacam klausa “penggunaan wajar”. Dengan kata lain, sumber daya harus dibagi secara adil antara semua pengguna server tersebut yang berarti keterbatasan ruang disk. Dengan VPS hosting, Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Anda memiliki ruang disk yang disepakati yang dibayar bulanan dan dipesan khusus untuk Anda. Tempat itu ada di sana, digunakan atau tidak digunakan, namun dibayar dan dialokasikan untuk Anda.

• Akses root

Jika secara teknis Anda kuat, Anda mungkin memerlukan akses root untuk menginstal beberapa program. Anda tidak akan pernah mendapatkan akses root di Shared Hosting. Akses root dimulai pada tingkat VPS hosting. Pastikan untuk membaca manual atau berbicara dengan penyedia hosting Anda jika Anda merasa perlu akses root.

VPS adalah cara untuk mencari startup e-commerce yang serius. Shared Hosting adalah lingkungan yang memadai untuk pengujian. Ketika harus mengambil risiko, bagaimanapun Anda harus menganggarkan untuk rencana VPS. Maka, jauh lebih murah dari dedicated hosting dan lebih kuat daripada shared hosting.

Anda bisa  mendapatkan hosting yang berkualitas dengan harga murah di sini ya!