Memulai Bisnis Perusahaan Hosting Tanpa Memliki Server
Blog Tips Keren Memulai Bisnis Perusahaan Hosting Tanpa Memliki Server

Memulai Bisnis Perusahaan Hosting Tanpa Memliki Server

Memulai sebuah perusahaan web hosting adalah salah satu cara termudah untuk membuat uang secara online. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu memulai usaha online, untuk memastikan keberhasilan dalam jangka pendek, serta jangka panjang.

Seeorang perlu mengkhawatirkan tentang berbagai hal, jika mereka memutuskan untuk melakukan segala sesuatu sendiri, bukan hanya menghasilkan pelanggan untuk mempertahankan bisnis. Oleh karena itu, disarankan untuk memulai dengan investasi minimal, dan tidak menghabiskan dana pada pembangunan infrastruktur saja seperti paket dedicated hosting atau reseller hosting yang biasanya banyak dilakukan.

Berpikir lebih dari sekedar Shared Hosting

Bila kamu ingin memberikan layanan hosting untuk pelanggan, kamu tidak bisa hanya dengan paket shared hosting atau pilihan hosting gratis.

Tidak seperti memulai blog pribadi, memulai sebuah perusahaan web hosting mengharuskan kamu untuk mengatur infrastruktur yang diperlukan, atau mengandalkan para pemain yang lebih besar, dengan membeli reseller/VPS/dedicated server dari mereka.

Jadi, mari kita membahas tentang masing-masing pilihan untuk memulai sebuah perusahaan web hosting tanpa menghabiskan banyak uang di depan.

Paket Reseller Hosting

Untuk memulai bisnis web hosting, salah satu pilihan yang paling mudah adalah dengan membeli reseller hosting paket yang ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting terkemuka.

Salah satu keuntungan terbesar dari membeli paket reseller hosting adalah kenyataan bahwa kamu tidak perlu menghabiskan pada infrastruktur, dukungan teknis/pelanggan, penagihan, serta biaya pemeliharaan.

Namun, penting untuk memilih host reseller handal sehingga pelanggan tidak kecewa dengan seringnya down-time, dukungan teknis dan pelanggan yang buruk, atau masalah lainnya.

Selain itu, reseller hosting tidak akan mampu mencukupi dengan kebutuhan kamu untuk jangka waktu yang lebih lama. Sebuah VPS atau paket dedicated hosting selalu bisa lebih baik, meskipun kamu mungkin masih memulai dengan reseller hosting karena tidak memiliki cukup dana untuk mencoba paket dedicated hosting.

Memilih Paket VPS

Jika kamu tertarik untuk memulai dengan lebih elegan, dan tidak keberatan membayar harga lebih untuk itu, maka paket VPS adalah pilihan ideal.

Pertama, dengan VPS (virtual private host), kamu memiliki akses tingkat root ke web server, yang memungkinkan untuk menjalankan beberapa aplikasi web yang tidak dapat dieksekusi jika dilakukan di shared hosting.

Kedua, VPS memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, dan tidak ada situs lain yang di-host pada ruang hostingmu, sebagai kebalikan dari konsep shared hosting.

Terakhir, VPS memberikan kontrol dari paket dedicated server, akan tetapi VPS sedikit lebih mahal dari paket shared hosting, meskipun demikian terdapat manajemen yang efisien dan mekanisme monitoring jaringan.

Mengambil Dedicated Server

Bila kamu punya kebutuhan yang luas dan banyak, kamu perlu melihat dedicated server tentunya. Namun, ini mungkin bukan ide yang baik bagi mereka yang memulai sebuah perusahaan web hosting baru dengan anggaran sedikit.

Tapi, jika kamu punya tim pemasaran yang baik, dan yakin mendapatkan banyak pelanggan segera, kamu pasti harus mempertimbangkan menginvestasikan uang pada dedicated server daripada memulai dengan VPS serta melakukan upgrading layanan ketika itu tak terhindarkan lagi.

Terlebih lagi, dengan dedicated host, kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan, maupun kinerja server!

Jadi, saya akan merekomendasikan kamu untuk memulai dengan paket dedicated hosting.

Uji Semuanya Sebelum Memulai

Hal ini sangat penting bahwa kamu menguji segala sesuatu bahkan sebelum berpikir tentang memulai bisnismu, dan mendapatkan pelanggan pertama. Apakah kamu mengambil paket dedicated web hosting, atau mengelola dengan VPS/reseller hosting, kamu harus menguji bagaimana segalanya bekerja dengan mendaftarkan beberapa domain, dan menyiapkan operasi penagihan untuk pelanggan uji coba.

Selain itu, kamu harus mencoba untuk menghubungi tim pendukung teknis dari host tempat kamu berlangganan, untuk memeriksa apakah mereka merespon dengan baik, dan dalam kerangka waktu yang wajar. Setelah kamu yakin bahwa semuanya cukup baik, kamu bisa memulai perusahaan web hosting-mu sendiri, dan menuai keuntungan tanpa benar-benar mengeluarkan sepeser pun pada infrastruktur.