Mempelajari Cara Kerja Server Web Hosting

5 Des 2017
Mempelajari Cara Kerja Server Web Hosting campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, Dalam dunia web hosting, akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang terjadi dengan server yang menjalankan situs web. Perusahaan web hosting melakukan pekerjaan dengan baik dalam memasarkan fitur dan manfaatnya, namun biasanya mereka tidak menjelaskan dasar-dasarnya.

Server Hosting Hanyalah Sebuah Komputer

Ketika sampai pada server, kita membicarakan sesuatu yang tidak berbeda dari komputer desktop atau laptop pribadi Anda. Server sedikit lebih besar, jauh lebih kuat, dan biasanya tidak memiliki monitor dan keyboard sendiri, tapi intinya mereka sama seperti komputer yang Anda gunakan setiap hari.Selain menjadi jauh lebih hebat, komputer yang digunakan untuk menjalankan website memiliki koneksi yang sangat cepat ke internet, sehingga banyak pengunjung bisa mengakses server secara bersamaan.

Sistem Operasi Server

Sistem operasi adalah antarmuka utama antara aplikasi, pengguna, dan komputer fisik. Anda menggunakan sistem operasi setiap hari, bahkan jika Anda belum pernah memikirkannya. Jika Anda memiliki PC, sistem operasi Anda adalah Windows. Jika Anda menggunakan Mac, Anda memiliki OSX. Ponsel Anda mungkin berjalan baik di Android atau iOS. Sama seperti komputer di rumah atau komputer kantor, server membutuhkan sistem operasi. Sistem operasi yang paling umum untuk server adalah Linux.

Jika Anda tidak terbiasa dengan Linux, atau pernah mendengar tentang kesulitan untuk komputasi personal, jangan khawatir. Meskipun sangat sedikit orang yang menggunakan Linux untuk mesin desktop rumah atau kantor mereka, Linux adalah standar mutlak untuk server. Mudah digunakan juga. Perusahaan web hosting menyediakan panel kontrol, utilitas manajemen, dan alat penginstalan sehingga Anda tidak perlu tahu (atau peduli) tentang Linux sama sekali untuk memiliki pengalaman sukses dengan web hosting.

Beberapa paket hosting menyediakan server yang menjalankan sistem operasi Windows Server. Jangan bingung disini. Bahkan jika Anda menjalankan Windows di komputer Anda sendiri, bukan alasan untuk menggunakan Windows di server juga. Tidak ada manfaat nyata untuk mencocokkan sistem operasi tersebut. Satu-satunya alasan untuk menggunakan Windows untuk server Anda adalah jika Anda memerlukannya untuk menjalankan beberapa perangkat lunak berpemilik yang tidak akan berjalan di Linux, seperti .NET, ASP, atau Microsoft Silverlight.

Web Server

“Server” mengacu pada mesin fisik atau virtual, komputer yang menyimpan file dan database situs web Anda. Sayangnya, bisa jadi ada beberapa kebingungan karena ada juga software yang disebut “web server.” Web server adalah program software yang bertanggung jawab untuk menangani permintaan dari internet. Saat mengetik URL ke bilah alamat browser Anda, itu akan diterjemahkan ke dalam permintaan yang diarahkan ke komputer yang menghosting situs web yang Anda cari. Intinya, Web server akan membaca permintaan, mencari tahu apa aplikasi lain yang perlu dijalankan atau file yang diakses, dan kemudian setelah selesai, ia mengirim tanggapan kembali ke browser. Tanggapan yang dikirim kembali adalah (biasanya) halaman situs web yang ingin Anda lihat. Software web server bertindak sebagai mediator antara internet dan file-file di server.

Proses Dasar Sebuah Situs Web Bekerja.

Web server yang paling umum adalah program Open Source yang disebut Apache. Anda akan menemukannya di kebanyakan web hosting. Ada beberapa alternatif, yang paling umum yang mungkin adalah nginx. Jika Anda kebetulan menjalankan server Windows, Anda mungkin menjalankan IIS. Kecuali Anda memiliki beberapa kebutuhan yang sangat spesifik, maka menggunakan Apache dapat menjadi alternatif yang tepat.

Sistem Manajemen Database

20131107092815710-1014x650

Sebagian besar (tidak semua, tapi kebanyakan) situs web memerlukan sistem manajemen database untuk menyimpan konten dan informasi lainnya. Itu bisa berupa posting blog, halaman, informasi produk, data pelanggan, atau jenis konten lainnya, tergantung pada jenis situs web yang Anda jalankan. Sistem manajemen database yang paling umum adalah MySQL. Ini adalah software Open Source yang sangat kuat untuk menjalankan database relasional yang kompleks. Ini gratis untuk digunakan, dan sudah tersedia di banyak web hosting.

MySQL adalah database pilihan untuk sistem manajemen konten terpopuler, seperti WordPress, Drupal, dan Joomla. Ini juga memberi kekuatan pada sejumlah platform ecommerce, pembangun situs web, sistem papan buletin, dan aplikasi jejaring sosial. Ada beberapa sistem database lain yang digunakan oleh aplikasi tertentu, dan Anda mungkin bisa menjalankannya jika Anda melakukan sesuatu yang unik. Sebagai contoh, PostgreSQL adalah Open Source RDBMS yang fungsinya sangat mirip dengan MySQL, dan ini adalah database default untuk Ruby on Rails. Jadi jika Anda menggunakan kerangka itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menemukan perusahaan hosting yang mendukungnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013