Blog Tips Keren Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Bisnis Kecil

Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Bisnis Kecil

Internet saat ini telah membuka akses ke pasar global dan lokal. Kita hidup di dunia yang sangat terhubung saat ini, dimana orang-orang dapat menemukan merek, produk, dan layanan dengan mencarinya di website. Setiap bisnis perlu memiliki kehadiran online untuk tetap sukses, karena itu Anda perlu memiliki situs web. Menyiapkan situs web memerlukan perencanaa, kreativitas, dan eksekusi yang tepat. Alat yang paling penting dalam membuat situs web adalah layanan web hosting yang benar untuk mempublikasikan situs bisnis secara online.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan server untuk menyimpan serta mengirimkan file audio, video, dokumen, dan file lainnya yang membentuk situs web beserta kontennya sehingga dapat dilihat oleh siapa saja dan dimana saja. Jenis web hosting yang tersedia saat ini diantaranya shared hosting, Virtual Private Server (VPS), dedicated hosting, dan cloud hosting.

Dasar-Dasar Hosting Untuk Bisnis Kecil

Selain mempublikasikan situs web, perusahaan hosting akan juga bertanggung jawab teknis untuk menjalankan dan memperbarui situs web sehingga Anda dapat berfokus pada fungsi penting bisnis. Layanan web hosting yang baik juga akan menyediakan bisnis dengan panel kontrol terpadu untuk pengelolaan situs yang mudah, dukungan terbaik, dan fitur yang lebih bermanfaat seperti nama domain khusus, fungsionalitas email, alat pembuatan situs web, pemasangan satu klik untuk aplikasi, dan dukungan basis data.

Fitur Yang Pasti Anda Perlukan Dari Web Hosting

Sebelum menarik kartu kredit Anda dan mendaftar pada layanan web hosting, penting untuk memahami sumber daya yang Anda perlukan berdasarkan jenis situs web yang akan dijalankan. Meskipun situs yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, berikut beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat mencari web hosting terbaik untuk bisnis kecil.

  1. Keandalan

Penting bagi usaha kecil untuk memiliki mitra web hosting yang andal sehingga situs Anda tidak mengalami downtime sedikitpun. Hal terakhir yang perlu Anda khawatirkan adalah apakah calon pelanggan dapat mengakses halaman web Anda. Sebagian besar perusahaan web hosting akan mengalami downtime sesekali, yang menjadi pembeda sebenarnya adalah kecepatan pemulihannya. Web hosting yang baik harus dapat menangani banyaknya traffic dan menjamin uptime tinggi sehingga dapat menghasilkan laba atas investasi (ROI) yang tinggi pada situs web.

  1. Kecepatan

Kecepatan memuat halaman dan tingkat kinerja sangat penting bagi pengguna online. Jika web hosting memperlambat kecepatan situs web, maka Anda perlu melakukan perubahan. Yang Anda butuhkan adalah hosting yang hebat dan dapat menangani file besar dengan mudah serta memberikan kinerja yang diharapkan pengunjung Anda.

  1. Dukungan Teknis

Bisnis kecil biasanya tidak memiliki tim IT yang profesional. Saat ada yang tidak beres dengan situs, maka Anda memerlukan layanan web hosting untuk memberikan dukungan teknis yang bermanfaat dan ramah. Idealnya, Anda perlu mendapatkan tanggapan langsung dari perusahaan hosting saat Anda membutuhkan bantuan. Penyedia hosting yang baik harus menawarkan dukungan telepon 24/7 dan memiliki opsi untuk bantuan melalui email dan obrolan langsung sehingga Anda dapat menemukan solusi dengan cepat. Pilih web hosting yang memiliki forum pengguna aktif, video tutorial, dan blog untuk mendapatkan dukungan tambahan.

  1. Keamanan

Layanan web hosting harus memiliki server yang sangat aman agar data Anda aman dari penipuan dan penjahat dunia maya. Perusahaan web hosting terbaik akan menawarkan fitur keamanan yang tepat untuk melindungi dari malware atau virus. Perusahaan web hosting yang baik akan memiliki beberapa pusat data, backup data secara teratur, dan memberikan privasi domain gratis.

Pilih perusahaan web hosting dengan fitur paling sesuai dengan tujuan situs web Anda. Dengan menemukan web hosting yang tepat, akan menunjang kemajuan bisnis kecil Anda sehingga menjadikannya bisnis yang lebih besar dan dikenal.