Memilih dan Registrasi Nama Domain
Blog Tips Keren Memilih dan Registrasi Nama Domain

Memilih dan Registrasi Nama Domain

Dalam memilih nama domain harus diperhitungkan sebaik mungkin dan matang. Apakah nanti akan tetap cocok dengan bisnis yang kamu kerjakan., atau apakah sesuai dengan tujuan organisasi yang kamu jalankan.

Pertanyaannya adalah, apakah nama domain harus sesuai dengan nama perusahaan?

Bisa dikatakan, iya. Nama domain yang kamu pilih haruslah nama yang bisa mencerminkan perusahaan kamu atau paling tidak merepresentasikan tujuan dan jasa yang ditawarkan. Nama domain juga penting karena tidak bisa diganti dengan begitu saja jika keesokan harinya kamu tiba-tiba menemukan yang lebih bagus. Mengganti-ganti nama domain beresiko pada bisnis yang kamu kelola, sebab nantinya akan dinilai tidak stabil oleh pelanggan.

Misalnya jika kamu bekerja di Jones & Smith Ltd, maka domain yang kamu pilih bisa seperti “jones-dan-smith .co.uk “, atau “expert-accountants.co.uk”.

Selain merepresentasikan perusahaan, nama domain juag harus sederhana dan mudah ditemukan, juga harus spesifik. Google biasanya akan menyarankan 2 kata saja dalam penggunaan nama domain, sehingga ketika nanti kamu memilih 3 kata, pastinya akan susah untuk ditampilkan di mesin pencari. Dalam spesifikasi, tidak hanya dalam bentuk jasa yang ditawarkan, namun juga bisa daerah atau regional yang ditempati. Misalnya kamu bisa menggunakan “best-plumber-dorset.co.uk” dibandingkan “best-plumber.co.uk”.

Apakah harus menggunakan kata hubung?

Dalam hal ini kata hubung berfungsi untuk memudahkan pengejaan kata. Misalnya, akan lebih baik menggunakan “yellow-widgets.co.uk” daripada “yellowwidgets.co.uk”.

Manakah ekstensi domain yang tepat? – .co.uk .com .net?

Menentukan eksistensi domain sama artinya memberitahu mesin pencari mengenai lokasi prioritas perusahaanmun, karena itu pemilihan eksistensi harus benar-benar diperhatikan. Misalnya situs web yang berakhir di .co.uk, .uk.com, .org.uk dan .me.uk akan dilabeli oleh Google berbasis di Inggris, semantara ekstensi dot com dilabeli dalam skala internasional. Ketika kamu meletakkan spesifik lokasi, maka mesin pencari akan mengkhususkan perusahaanmu di daerah tersebut. Namun jika menggunakan yang berskala internasional, makan mesin pencari akan menampilkan perusahaanmu secara general.

Haruskah mencoba dan membeli semua ekstensi domain?

Biasanya hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga agar domain tersebut tidak dimiliki oleh pihak lain. Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai kamu melakukan hal yang sia-sia, dan malah yang terbeli tadi tidak digunakan pada akhirnya.

Bagaimana mendaftarkan nama domain?

Pendaftaran nama domain dapat dilakukan oleh hosting perusahaanmu, namun tetap bisa dicek secara mandiri di kamu bisa mengunjungi http://www.whois-search.com/whois/ . Nama domain akan bertahan dalam jangka 2 tahun, sebelum akhirnya diperbaharui. Ketika nama domain tersebut kadaluwarsa, maka pendaftaran kembali dapat dilakukan dalam beberapa hari kedepan. Dan sementara itu, situs akan dibekukan dengan memunculkan “situs dalam perbaikan” .

Sudah mempertimbangkan perjalanan bisnis hingga masa mendatang?

Kamu harus mempertimbangkan kemungkinan perkembangan bisnismu. Misalnya untuk tahap pertama kamu memberi kekhususan dengan domain “website-hosting.co.uk”, namun kemudian zaman berkembang dan kamu ingin menambah fitur iklan dan penjualan, maka domain yang kamu pilih akan menjadi tidak relevan. Juga dengan keputusan memasukkan lokasi tertentu, akan menjadi susah ketika nanti kamu memutuskan untuk berpindah tempat, atau memperluas jangkauan, namun tetap dengan bisnis yang sama.

Apakah lebih mudah untuk membeli domain yang telah terpakai?

Ketika melakukan hal ini, biasanya akan dipengarhi oleh faktor ketersediaan nama. Misalnya nama yang dulu kamu inginkan tapi sudah terpakai, saat ini sudah bisa untuk dibeli. Atau bisa juga kamu membeli nama domain yang telah terpakai, nemi mengejar page rank yang sudah didapatkan. Walaupun saat ini Google telah memutuskan untuk me nyetel ulang page rank nama domain tiap kali berpindah tangan.