Tips Memilih dan Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online Anda
Blog Tips Keren Tips Memilih dan Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online Anda

Tips Memilih dan Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online Anda

Internet and domain names concept

Memilih dan membeli nama domain yang tepat merupakan kebutuhan bisnis online yang cukup penting. Oleh karena itu, Anda perlu melakukannya dengan benar. Jika tidak, Anda mungkin akan membahayakan kerja keras yang selama ini dilakukan dan menghilangkan dasar dari bisnis online Anda yang menjanjikan.

Dimana Anda Dapat Membeli Nama Domain?

Pada dasarnya, ada tiga tempat untuk membeli nama domain, yaitu:

–          Langsung dari penyedia web hosting (misalnya GoDaddy.com atau NameCheap.com)

–          Layanan nama domain independen untuk orang-orang yang memiliki server sendiri

–          Membeli nama domain dari yang sudah ada dan akan kadaluarsa melalui proses penawaran lelang atau pihak ketiga

Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Bisnis Online Anda

Berkat layanan WHOIS, setiap penjual nama domain (reseller) harus menampilkan textbox di homepage agar Anda dapat memeriksa ketersedian nama yang diinginkan. Ini juga termasuk dalam memilih ekstensi untuk nama domain. Idealnya, pilih nama domain yang memenuhi dua kriteria utama yaitu:

–          Mengesankan bagi orang-orang, terutama prospek Anda dan pelanggan yang sudah ada

–          Menjadi peringkat di antara sepuluh cantuman pertama (yaitu pada page ke satu) dari hasil mesin pencarian utama

Menjadi kreatif dengan nama domain dapat memberi dampak komersial, terutama jika nama tersebut sangat terkait dengan bisnis offline Anda. Namun, sebagian besar pengusaha online dilayani dengan menggunakan teknik pengoptimalan kata kunci untuk mengakses daftar nama domain yang sesuai. Banyak ISP dan perusahaan web hosting yang menawarkan platform pencarian massal agar dapat menyaring pilihan Anda dengan cepat.

Brainstorming Ketersediaan Nama Domain

Ada kemungkinan nama awal atau pilihan Anda tidak tersedia. Apa yang harus Anda lakukan? Untungnya, sebagian besar penyedia nama domain akan menawarkan alternatif yang mungkin terbukti bagus atau lebih baik untuk tujuan mesin pencari dan profil online Anda. Alternatifnya juga harus mengikuti kriteria penamaan yang ditetapkan yaitu singkat, mengandung paling banyak satu tanda hubung, dan menggunakan kata-kata yang merangkum tentang situs web, produk atau layanan Anda. Anda mungkin juga ingin menggunakan generator nama domain untuk mendapatkan ide baru dan menemukan domain yang tersedia. Melakukan brainstorming adalah cara yang bagus untuk menentukan ketersedian dan mencari nama domain yang tepat.

Memilih Ekstensi Nama Domain Yang Tepat

Meskipun pilihan ekstensi tumbuh secara eksponansial, namun mesin pencari seperti Google masih memilih ekstensi yang nyata dan teruji. Untuk bisnis, itu berarti ekstensi .com adalah ekstensi yang perlu diambil bila memungkinkan. Ekstensi .com tetap menjadi ekstensi yang paling populer, terpercaya, dan ramah bisnis. Orang-orang akan merasa lebih mudah dalam mengingatnya dan Anda mampu melakukan pengenalan nama dengan baik. Ekstensi .org dan .net adalah pilihan kedua yang bisa diambil jika ekstensi .com tidak tersedia.

Mendaftarkan Nama Domain Anda

Setelah Anda memiliki nama domain, maka saatnya untuk mendaftarkannya. Pilih perusahaan registrasi nama domain yang terpercaya untuk menangani pendaftaran domain. Ada juga beberapa alat yang tersedia untuk membantu mengevaluasi perusahaan pendaftaran domain (misalnya dari segi harga dan opsi layanan). Saat melalui proses registrasi nama domain, berikut beberapa istilah yang perlu diketahui:

–          Registran: Nama perusahaan atau perorangan yang memiliki domain

–          Kontak Aministratif: Individu yang berwenang menangani masalah sehari-hari

–          Kontak Teknis: Individu yang ditugaskan untuk menangani rincian teknis yang terkait dengan nama domain

Memilih dan membeli nama domain yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan pemasaran online Anda. Luangkan waktu untuk memahami prosesnya, lakukan penelitian dengan baik, dan pilih nama domain dengan bijak.

https://idwebhost.com/hosting-murah