5 Layanan Cloud Storage dan Fitur Yang Wajib Diketahui
Blog Tips Keren 5 Layanan Cloud Storage dan Fitur Yang Wajib Diketahui

5 Layanan Cloud Storage dan Fitur Yang Wajib Diketahui

Mungkin Anda pernah mendengar cloud, tapi Anda belum cukup memahaminya. Banyaknya pilihan, sulit untuk menentukan layanan cloud storage terbaik. Cobalah satu persatu, pilih mana yang Anda sukai. Karena banyaknya penyedia cloud gratis dengan tujuan yang beda.  Apakah Anda punya dokumen penting, foto, musik, atau file lainnya? Menggunakan pilihan layanan cloud adalah cara termudah.

Sebelum membahas lebih jauh tentang layanan cloud storage terbaik, apa yang Anda tahu tentang cloud storage?

Cloud storage adalah model penyimpanan data komputer di mana data digital disimpan pada “awan. Penyedia layanan cloud storage bertanggung jawab untuk menjaga agar data tatap terjaga, terlindungi, dan sekaligus mudah diakses.

Layanan penyimpanan awan dapat diakses melalui layanan komputasi awan collocated. Bisa juga diakses menggunakan API, seperti penyimpanan desktop, gateaway penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis web.

Cloud computing dipercaya ditemukan oleh Josep Carl Robnett Licklider pada tahun 1960an, dengan karyanya untuk ARPANET. Komputasi awan digunakan untuk menghubungkan orang dan data dari mana saja, dan kapan saja.

Layanan Cloud Storage Terbaik

Berikut daftar layanan cloud storage terbaik dan terpopuler:

1. Google Drive

Google Drive, memberikan ruang penyimpanan dengan ukuran file kepada pengguna secara bebas. Bukan hanya membuat banyak folder, tapi Anda bisa mengedit, dan berbagi dokumenmu di Google Drive.

Buat Google Docs, Sheet Google, atau Google Slideshow pada account-mu dan Anda akan mengaksesnya ketika telah masuk ke Google Drive. Pengguna Google lain akan mengedit dan mengomentari jika Anda mengizinkannya.

Google Drive menawarkan dua opsi, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, pengguna akan mendapatkan Gratis penyimpanan hingga 15GB. Untuk Anda yang menginginkan kapasitas lebih, Anda dapat menggunakan GSuite.

GSuite sendiri memiliki 3 paket berbayar yang bisa Anda pilih. Yaitu paket Basic dengan harga $6 per bulan dengan penyimpanan hingga 30 GB. Ada juga paket Business seharga $12 per bulan, dan yang terakhir adalah paket Enterprise seharga $25 per bulan. Dengan paket Enterprise, Anda bisa melakukan banyak hal.

Google Drive mendukung banyak platform. Untuk aplikasi desktop, Google Drive support sistem operasi Windows dan Mac. Sedangkan untuk aplikasi mobile, Google Drive mendukung Android dan IOS.

2. Dropbox

Sederhana dan desain intuitif sebuah keunggulan Dropbox dan menjadi pesaing bagi Google Drive dalam layanan cloud yang popular digunkaan pengguna web hari ini. Dengan Dropbox Anda dapat membuat file /untuk mengatur file, berbagi melalui link unik untuk menyalin, dan mengundang temanmu di Facebook untuk berbagi di file Dropbox. Anda dapat memberikan tanda favorite (menekan tombol bintang) di perangkat mobile tanpa koneksi internet.

Akun gratis, dapat memperluas penyimpanan dari 2-16 GB dengan mengajak orang untuk bergabung di Dropbox (500 MB/ referral). Anda juga bisa mendapatkan 3GB hanya dengan mencoba layanan baru di galeri foto Dropbox, Carousel.

Gratis penyimpanan: 2 GB (Dengan “quest” pilihan untuk mendapatkan lebih banyak ruang). Sedangkan harga untuk 3 TB: $16,58/ bulan.

Ukuran file maksimal yang diperbolehkan: 10 GB jika upload melalui Dropbox.com di browser web, meng-upload unlimited melalui desktop atau aplikasi mobile. Perlu diingat, pengguna gratis hanya memiliki 2GB penyimpanan, maka Anda hanya dapat meng-upload file besar sesuai dengan kuota penyimpanan Anda.

Aplikasi desktop yang didukung oleh Dropbox adalah Windows, Mac dan Linux. Sedangkan untuk aplikasi di smartphone, Dropbox mendukung Android dan IOS.

3. Apple iCloud

Anda punya perangkat Apple, maka Anda akan diminta untuk membuat iCloud, sama halnya dengan Google Drive yang terintegrasi dengan Google. Apple iCloud juga terintegrasi dengan fitur dan fungsi iOS. iCloud menawarkan berbagai fitur yang kuat dan berguna untuk diakses di semua perangkat Apple Anda, termasuk perpustakaan foto, kontak, kalender, file dokumen, dan bookmark, dll.

Anda juga dapat berbagi di iTunes Store, App Store, dan iBooks. Pembelian dilakukan dengan account Anda melalui iCloud. iCloud akan menawarkan dengan secara lengkap. Anda bisa memilih untuk mendapatkan iTunes Match yang memungkinkan Anda menyimpan non-iTunes musik di iCloud, seperti CD. Biaya iTunes Match adalah 24,99$/ tahun.

iCloud menyediakan gratis penyimpanan hingga 5 GB. Sedangkan harga untuk 50 GB $0.99/ bulan. Dan harga yang harus dibayarkan untuk 1 T adalah $9,99/ bulan. Harga tambahan: Harga bervariasi sedikit tergantung tempat tinggal Anda.Ukuran file maksimal yang diperbolehkan: 15 GB

Untuk perangkat yang kompatibel dengan iCloud, tentu hanya mendukung semua perangkat buatan Apple.

4. Microsoft OneDrive (Sebelumnya SkyDrive)

Sama seperti iCloud untuk Apple, Onedrive untuk Microsoft. Onedrive akan menjadi alternatef penyimpanan cloud yang ideal jika Anda menggunakan Windows PC, Tablet Window, atau Windows Phone meskipun Anda menggunakan OS Windows terbaru.

Onedrive memberikan akses file jarak jauh dan memungkinkan Anda untuk membuat Ms. Word, Power Point, Excel, dan OneNote notebook langsung di Cloud. Pengguna Microsoft Office dengan teratur maka disebut no-brainer.

Anda juga bisa berbagi file secara terbuka, Anda bisa mengedit dan meng-upload foto secara otomatis setiap kali Anda screen shoot dengan ponsel Anda. Selain itu Anda dapat mengkolaborasikan dokumen dengan orang lain.

One Drive menawarkan gratis penyimpanan hingga 15 GB. Sedangkan untuk versi berbayarnya sendiri memiliki banyak variasi. Untuk kapasitas penyimpanan 100 GB misalnya, dibanderol dengan harga $1,99/ bulan.

Ada juga paket tambahan Office 365 berkapasitas 1TB dengan harga untuk 1 TB:6,99$/ bulan. Ukuran file maksimal yang diperbolehkan: 10 GB. Aplikasi desktop yang didukung oleh One Drive adalah sistem operasi berbasis Windows. Sedangkan untuk aplikasi smartphone yang didukung adalah  iOS dan Android.

5. Box

Terakhir adalah Box! Meskipun cukup intuitif untuk digunakan, Box tidak banyak digunakan oleh perusahaan tetapi lebih pada penyimpanan Cloud pibadi. Penyimpanan file yang lebih besar dan biaya yang besar sering dibandingkan dengan layanan lain. Box unggul pada bidang kolaborasi pada fitur manajemen, ruang kerja online, manajemen tugas, pengendalian privas, built-in sistem, dll.

Pekerjaan tim perlu menyediakan penyimpanan Cloud, dan ini sulit dikalahkan. Perusahaan popular seperti Salesforce, Netsuite, dan Microsoft Office dapat diintegrasikan untuk menyimpan dan mengedit dalam Box.

Untuk versi gratis, Box menyediakan limit hingga 10GB. Anda bisa melihatnya di bagian paket individu. Untuk versi berbayar, pada paket personal pro dengan banderol $10 per bulan kapasitas 100GB. Ukuran file maksimal yang diperbolehkan: 250 MB untuk pengguna bebas, 5 GB untuk pengguna Pro Pribadi, dan 100 GB penyimpanan.

Kesimpulan

Itulah tadi kumpulan layanan cloud storage terbaik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pun begitu dengan harga paket yang bervariasi.

Dapatkan layanan cloud VPS hosting murah terbaik IDwebhost. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.