Blog Tips Keren Jangan Membeli Nama Domain Jika Anda Tidak Memiliki Tips Ini

Jangan Membeli Nama Domain Jika Anda Tidak Memiliki Tips Ini

Baik bagi pemilik usaha kecil, webmaster, maupun dari sudut pandang SEO, ada beberapa pertimbangan penting yang harus Anda lihat sebelum membeli atau mendaftarkan nama domain. Berikut adalah beberapa tips yang akan memandu Anda dalam membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda:

  1. Carilah Pendaftar Online Terbaik

Banyak penyedia layanan yang tersedia untuk membantu Anda selama pendaftaran domain. Anda harus berhati-hati karena banyak dari penyedia layanan yang sebenarnya tidak disetujui oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Hal ini berlaku untuk paket hosting dan domain. Kegagalan dalam memilih penyedia layanan atau pendaftar online terbaik akan membuat kesulitan saat Anda ingin memindahkan domain atau mengubah penyedia hosting.

  1. Daftarkan Nama Domain Anda Untuk Jangka Waktu Yang Lama

Jika Anda bertekad untuk memulai bisnis, maka Anda sebaiknya mendaftarkan nama domain setidaknya dalam jangka waktu 3-5 tahun ke depan. Pendaftaran untuk jangka waktu yang panjang akan menghemat uang Anda dan menghilangkan kesulitan tahunan untuk memperbarui nama domain. Selain itu, mendaftarkan nama domain dalam waktu yang panjang juga menghindari Anda dari kelupaan memperbarui, sehingga nama domain Anda tetap aman dan tidak kadaluarsa maupun dilelang.

  1. Menggunakan Perlindungan Privasi Untuk Nama Domain

Jika Anda mendaftarkan nama domain, informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, nama dan email Anda akan ditampilkan secara umum melalui default. Informasi pribadi Anda tidak akan bisa diakses secara umum jika Anda membayar biaya tambahan untuk perlindungan privasi. Hal ini dapat menghindari Anda untuk mendapat panggilan telepon, email spam, maupun scammer atau penipuan yang dapat mengganggu bisnis Anda. Perlindungan privasi sangat berguna untuk mempertahankan domain Anda agar tetap aman.

  1. Anda Harus Menggunakan Nama Domain Non WWW

Anda harus mengatur nama domain agar tidak menggunakan www. Kebanyakan tutorial online lebih menyarankan Anda untuk mengatur nama domain dengan menggunakan www. Namun pilihan terbaik adalah membuat nama domain tanpa menyertakan www di depannya misalnya http://example.com. Menyiapkan sebuah situs web tanpa www akan menurunkan waktu untuk membuka halaman pada traffic (lalu lintas) langsung dan mengurangi pengalihan. Hal ini membuat situs Anda lebih cepat dan lebih mudah diakses oleh pengunjung sehingga dapat meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung. Dengan begitu, pengunjung akan lebih sering melihat website Anda dari pada website pesaing.

  1. Memiliki Password Yang Aman

Sekarang ini, banyak orang yang melakukan pencurian dan membajak domain untuk meminta tebusan. Hal ini akan menjadi proses yang melelahkan saat website Anda dibajak. Anda dapat menghindarinya dengan menggunakan password yang aman dan tidak mudah diingat oleh orang lain. Selain itu, Anda juga tidak boleh sembarangan memberi tahu kepada orang lain mengenai password tersebut. Bahkan jangan pernah membicarakannya melalui media sosial apapun sekalipun itu dalam percakapan pribadi karena hal tersebut tetap bisa terlacak.

  1. Memiliki Nama Domain Yang Deskriptif Dan Catchy

Pilih domain yang menarik, mampu mendeskripsikan produk Anda, pendek, dan mudah diingat oleh pengunjung. Anda perlu mengetahui bahwa nama domain yang dipilih adalah wajah dari bisnis Anda. Dengan memiliki nama domain yang deskriptif dan catchy, maka akan menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi website Anda.

Beberapa tips di atas dapat membantu Anda agar tidak salah dalam memilih nama domain. Sebuah nama domain dapat berarti besar dalam bisnis yang Anda jalani. Pikirkan dengan matang nama domain Anda dan segera daftarkan.