Ini yang Perlu Kamu Tahu Soal Page Speed
Blog Tips Keren

Ini yang Perlu Kamu Tahu Soal Page Speed

Page speed merupakan cerminan dari Internet Service Provider dan tidak pernah dianggap sebagai masalah internal. Pada tahun 2010, page speed ditentukan oleh google seperti aspek penting dalam sebuah website, mereka masuk dalam faktor peringkat mereka yang dapat mempengaruhi situs web-mu muncul di SERPs. Hampir semua konsumen internet berharap bahwa sebuah web page bisa di down load dalam waktu 2 detik atau kurang.

Angka-angka ini telah didukung oleh penelitian yang tak terhitung jumlahnya dan menunjukkan bahwa page speed menyebabkan kerugian serius dalam hal transaksi di mana orang menjadi frustasi dan meninggalkan pembelian di keranjang penjualan online.

Itulah sebabnya, Sebagai seorang pemilik website ada baiknya kamu harus melihat page speed dari perspektif bisnis dan memeriksa apakah situs webmu bisa memberi informasi secara cepat dan melakukan perbaikan.

Apa Faktor Penentu Pada Page Speed?

Umumnya, pemilik web mengetahui apa saja yang dapat dicegah ketika page memiliki loading yang kurang efisien. Berikut merupakan beberapa kontribusi pada page speed yang bisa kamu cermati:

  1. Web hostmu

Hostmu akan mencerminkan situsmu. Jika kamu dipaksa dengan tawaran membeli hosting yang murah bisa jadi itu kesalahan pertamamu dalam hal memperlambat page speed. Biasanya yang murah memiliki kecepatan standar

  1. Gambar besar

Ada perbedaan besar antara resolusi yang diperlukan untuk cetak dan layar. Sebagian besar jatuh pada angka 1000 pixel untuk memenuhi kebutuhanmu.Ukuran gambar yang besar juga akan memperlambat webmu.

  1. Media eksternal

Menyematkan video youtube dan konten lainnya merupakan ide yang bagus, tapi pastikan itu hanya yang kamu butuhkan, karena banyaknya media juga mempengaruhi page speed.

  1. Un-optimasi untuk browser dan perangkat

Perilaku websitmu akan berbeda pada browser web dan perangkat/ device. Meskipun bukan masalah besar, tapi jika websitemu bekerja dengan baik di google chrome tetapi formatnya tidak benar maka peringkatmu akan terkena penalty.

  1. Terlalu banyak iklan

Terlalu banyak iklan dapat menarik kecepatan, jadi  gunakan atau sisipkan iklan hanya jika hal tersebut berharga

  1. Tema-mu

Jika kamu mengoperasikan wordpress atau site builder, mungkin temamu memiliki coding yang komplek dan membuatmu kehabisan waktu.

  1. Widget

Widget yang memiliki code yang padat membutuhkan proses yang signifikan.peerhatikan hal tersebut agar tidak mengganggu performa kecepatan web mu.

  1. Code/ Kode

True back-end yang terjadi di setiap website akan kembali ke coding. Jika HTML atau CSS terlalu berat maka akan menurunkan page speedmu.

Cara Menentukan Apakah Websitmu Loading Lambat

Untungnya, ada beberapa alat web yang terakreditasi untuk membantumu dalam mencari titik lemah yang terjadi pada webmu.Kami merekomendasikan page speed insight dari google untuk membantu melihat performa kecepatan webmu.Selamat mencoba!.