Ini Dia Tips Memilih Nama Domain yang Keren
Blog Tips Keren

Ini Dia Tips Memilih Nama Domain yang Keren

Internet and domain names concept

Membeli nama domain tidak sesederhana kedengarannya. Jika kita membeli nama domain yang tepat, pengunjung dapat menemukan situs kita dengan mudah. Sebaliknya, jika kita membeli nama domain yang salah, pengunjung akan bingung, dan kita akan kehilangan traffic. Tentu saja ini dapat mempengaruhi pertumbuhan atau pendapatan website kita.

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips bagaimana memilih nama domain yang keren. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Ekstensi

Seperti kita tahu, saat ini ada banyak sekali ekstensi nama domain yang tersedia. Spertinya hampir setiap negara kini menjual domain dengan ekstensi sendiri, atau setidaknya telah menjual lisensi untuk ekstensi negara ke perusahaan web yang telah mendirikan toko sebagai registrar.

Secara umum terdapat tiga ekstensi domain yang paling populer, yaitu .com, .net, dan .org. Masing-masing ekstensi ini memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri .

Domain .com merupakan singkatan dari Commersial yang artinya Komersil. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi. Domain .com juga adalah yang paling banyak digunakan, karena orang lebih familiar dan mudah mengingat nama domain dengan akhiran .com dibandingkan .net atau .org.

Domain .net merupakan singkata dari Network/Networking yang artinya Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya. Akan tetapi penggunaan domain ini tidak terbatas hanya pada hal yang berkaitan dengan IT saja, bisa digunakan secara umum karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftaran.

Org merupakan Singkatan dari Organization atau organisasi. Ekstensi ini sangat cocok dan diperuntukan untuk blog/website organisasi (non-profit), lembaga tertentu, forum, atau komunitas.

Selain ketiga ekstensi diatas, masih ada .biz dan .info yang akhir-akhir ini cukup populer di gunakan sebagai alternatif. Jadi, pilihlah ekstensi domain yang sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Jangan menggunakan Hypens (tanda hubung)

Penggunaan Hypens atau tanda hubung dalam nama domain dapat menimbulkan masalah dalam pemasaran vokal (pengucapan) dan hal ini jelas sangat tidak direkomendasikan. Misalnya, coba bandingkan manakah yang lebih baik dalam hal pengucapan (vokal) antara id-webhost.com dan idwebhost.com? Mungkin ini memang bukan masalah besar, tapi itu sangat penting bagaimana orang akan mudah mengingat situs kita.

3. Jangan menggunakan angka

Sama halnya seperti Hypens, penggunan angka pada nama domain juga dapat menimbulkan masalah dalam pengucapan (vokal). Misalnya nama domain kita adalah toko99.com, mungkin orang akan mendengarnya sebagai tokosembilansembilan.com atau tokoninetynine.com. Hal ini jelas dapat menimbulkan makna ganda (ambigu) dan membingungkan. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari penggunaan angka dalam setiap nama domain.

4. Perhatikan ejaan

Jangan pernah bermain-main dengan ejaan ketika memilih nama domain. Ejaan yang tidak pas atau aneh jutsru dapat berakibat buruk pada situs kita. Misalnya, jangan mengganti huruf dengan angka seperti yourname.com menjadi y0urname.com. Itu adalah cara yang sangat buruk. Ejaan nama domain yang tepat akan memastikan orang dapat menemukan website kita dengan mudah.

5. Panjang karakter

Panjang karakter pada sebuah domain sangat mempengaruhi visibilitas situs kita. Nama domain yang terlalu panjang akan membuat kesulitan orang untuk membaca dan mengingatnya. Jadi, pastikan bahwa nama domain kita tetap singkat dan jelas (masuk akal). Panjang nama domain yang direkomendasikan adalah sekitar 8-14 karakter, dan maksimal 22 karakter.

6. Prefix

Ada banyak situs yang menggunakan Prefix pada nama domain utama mereka. Salah satu yang paling populer adalah i dan e, tapi ada juga beberapa yang menggunakan v, z, dan x. Prefix cukup bagus digunakan sebagai imbuhan/awalan pada nama domain. Misalnya, hal yang berhubungan dengan “elektronik” menggunakan Prefix “e”, sedangkan untuk “virtual” menggunakan “v”.

Tapi ini bukanlah aturan baku, dimana kita harus selalu menggunakan Prefix pada setiap nama domain. Jika kita bisa mendapatkan nama domain yang bagus tanpa awalan, itu lebih baik.

7. Jangan menggunakan kata-kata kasar, tidak senonoh

Hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak senonoh pada nama domain, karena itu adalah ide yang sangat buruk! Kata-kata tidak senonoh hanya akan membuat orang terkejut dan tidak akan menghormati kita. Hal ini juga akan membuat reputasi atau citra situs kita menjadi jatuh. Jadi, buang jauh-jauh pikiran tersebut.

8. Legalitas

Ini mungkin adalah faktor yang sangat penting, namun sering diabaikan oleh beberapa orang. Ketika memilih nama domain, kita harus selalu berhati-hati dan memperhatikan tentang trademarks atau merek dagang. Jangan pernah sekali-kali mendaftarkan nama domain yang mengandung merek dagang sebuah perusahaan yang sudah ada, jika tidak ingin berurusan dengan hukum.

9. Cari registrar yang terpercaya

Ada ratusan atau bahkan ribuan registrar di luar sana yang menawarkan berbagai macam penawaran domain dengan harga yang terjangkau, tapi tidak semuanya terpercaya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih registrar yang berkualitas dan terpercaya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali registrar domain yang bagus dan terpercaya. Salah satunya adalah idwebhost penyedia domain murah No 1 di Indonesia. Kami menawarkan harga yang sangat terjangkau dan dengan dukungan layanan pelanggan (teknis dan non-teknis) yang dapat diandalkan.

Registrar mana pun yang akan kita piih, pastikan bahwa mereka terakreditasi oleh ICANN. Jangan sampai tertipu membayar lebih mahal per tahunnya untuk sebuah domain. Selama kita memilih registrar yang tepat dan terpercaya, kita tidak perlu lagi khawatir atau pun cemas.

10. Sumber daya nama domain

Terakhir adalah sumber daya nama domain. Ada banyak sekali situs di internet yang dapat membantu kita untuk menemukan nama domain yang bagus. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • DeletedDomains.com
  • Whois.net
  • Nameboy.com
  • Domainguru.com

Itulah 10 tips bagaimana memilih nama domain yang keren. Semoga bermanfaat.